10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara melamar kerja tanpa ijazah

Cara Melamar Kerja Tanpa Ijazah, Apakah Mungkin Dilakukan?

Cara melamar kerja tanpa ijazah, apakah mungkin bisa dilakukan? Terdapat banyak alasan seseorang tidak mempunyai sertifikasi dari kelulusan sekolah. Mungkin karena punya namun hilang atau bahkan tidak menempuh pendidikan formal. 

Padahal, surat keterangan ini menjadi salah satu persyaratan umum dalam perekrutan karyawan baru. Seseorang perlu membuktikan bahwa dirinya pernah menempuh pendidikan relevan sesuai kebutuhan perusahaan. 

Baca juga: Daftar Perusahaan Penipuan Berkedok Lowongan Kerja

Inilah Cara Melamar Kerja Tanpa Ijazah

Namun jangan berkecil hati terlebih dahulu, memang ijazah menjadi salah satu dokumen wajib, bahkan bisa memudahkan nantinya. Mendapatkan pekerjaan impian bukanlah hal yang sulit dengan melakukan tips berikut ini.

1. Membekali Diri dengan Koneksi Luas 

Koneksi adalah hal terpenting dalam karir profesional. Jika mengenal dan dipercaya oleh recruiter, Anda bisa mendapatkan pekerjaan, tidak perlu ijazah. Secara kasar, itu adalah kekuatan orang dalam.

Jika Anda adalah orang yang tertutup, cobalah untuk membuka pikiran. Jadilah orang yang berpikiran terbuka. Anda bisa berteman dengan siapa saja tanpa membedakan suku, agama, ras, atau latar belakang pendidikan. 

Bisa bergabung komunitas mana saja. Mungkin komunitas motor, komunitas pecinta alam, dan sebagainya. Pada suatu komunitas biasanya terdiri dari berbagai latar belakang, sehingga dapat memperluas jaringan.

Selain itu, jangan menggunakan media sosial untuk narsisme atau pamer. Pastikan terhubung ke orang yang tepat. Sesekali tanyakan tentang pekerjaan yang sedang dilakukan seseorang, maka Anda dapat menemukannya melalui obrolan.

Jangan ragu untuk bertanya kepada kenalan jika ada lowongan. Kenalan dapat menghubungkan ke orang-orang yang sangat membutuhkan karyawan. Sebaliknya, bantulah mereka yang membutuhkan sesering mungkin. 

Anda pasti punya banyak teman lama dari kecil hingga sekarang. Cobalah untuk menjaga hubungan baik dengan mereka. Cara melamar kerja tanpa ijazah lebih mudah melalui media sosial seperti sekarang, bukan?

2. Meningkatkan Skill di Bidang Tertentu 

Jika mencoba mencari pekerjaan tanpa gelar, Anda mungkin sedang menganggur saat ini. Cobalah untuk mengasah keterampilan, tambahkan kegiatan baru, serta isi waktu luang menggunakan hal-hal bermanfaat.

Melalui Internet, seseorang dapat belajar sendiri fotografi, menulis, videografi, dan lainnya. Atau mengikuti berbagai kursus bersertifikasi. Dapatkan keterampilan baru, pada bersamaan juga meningkatkan daya tarik Anda di masyarakat.

Selain itu, ada banyak cara melamar kerja tanpa ijazah, misalnya masuk start up. Tapi tentunya kandidat harus menguasai keterampilan beragam. Jika ingin mempersiapkan diri untuk bekerja di start up, ikuti pelatihan bersertifikat. 

3. Rajin Mencari Informasi secara Berkala 

Salah satu cara untuk bekerja di negara sendiri tanpa gelar adalah dengan mencari pekerjaan di portal online. Dari sana seseorang bisa menemukan pekerjaan sesuai dengan kualifikasi.

Beberapa portal pekerjaan online yang sangat berguna adalah LinkedIn, Jobstreet, Jobs.i, serta Glints, banyak digunakan saat ini. Melalui portal online ini, temukan berbagai jenis profesi, dengan atau tidak menggunakan ijazah. 

4. Beradaptasi serta Mengetahui Budaya Kerja Lokal 

Cara melamar kerja tanpa ijazah yaitu mengetahui budaya kerja dan gaya hidup setempat. Jika ingin mendapatkan pekerjaan dengan mudah, pastikan sudah mengenal jam kerja, hari libur dan kehadiran.

Dengan demikian, budaya kerja tidak lagi mengejutkan mengingat jam kerja yang cukup panjang. Bahkan sebagian orang menghabiskan sebagian besar hari mereka di tempat kerja, namun tidak semuanya seperti itu. 

5. Melalui Bantuan Agen Profesional 

Cara melamar kerja tanpa ijazah adalah dengan melamar pekerjaan melalui agen perekrutan profesional. Sebagai aturan umum, perekrutan pekerja dalam hal ini seringkali memiliki lebih banyak lowongan daripada portal online.

Selain itu, beberapa agen akan membantu Anda menemukan pekerjaan. Tetapi pertama-tama, pastikan telah memilih perekrut tenaga kerja andal. Hal ini dilakukan agar menjamin masa depan. 

6. Memastikan Kualifikasi Diri Sendiri 

Cara bekerja tanpa gelar adalah dengan mencari profesional sesuai dengan keahlian. Juga, ketika melamar profesi dengan kualifikasi khusus, Anda harus mengikuti tes bakat dan lulus semua prosedur seleksi.

Saat melamar pekerjaan, pastikan untuk membaca semua deskripsi pekerjaan dan daftar kualifikasi atau keterampilan yang diharapkan untuk posisi itu. Jangan sampai salah memahami sebuah informasi, karena berakibat fatal. Saat mempekerjakan tenaga kerja tanpa gelar, preferensi diberikan kepada mereka yang sudah memiliki kualifikasi. Jadi sesuaikan cara melamar kerja tanpa ijazah dengan diri Anda sendiri, apakah cocok atau tidak.

Bagikan Artikel: