perbedaan tahun lulus dan tanggal ijazah

Begini Cara Cek Perbedaan Tahun Lulus dan Tanggal Ijazah untuk Keperluan Administrasi

Masih banyak orang yang bingung menemukan perbedaan tahun lulus dan tanggal ijazah. Hal ini juga sering terlihat di beberapa pendaftaran kerja seperti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan lainnya. 

Padahal keduanya memiliki fungsi yang berbeda serta perlu diketahui perbedaannya. Jangan sampai kesalahan pencantuman tahun dan/atau hari lulus berakibat fatal pada track record Pendidikan yang Anda miliki.

Jika masih belum mengetahui perbedaan keduanya, sudah saatnya kini Anda mempelajari dan mengetahui penempatan periode lulus serta tanggal dokumen penyelesaian studi pada setiap jenjang Pendidikan. Apa saja perbedaannya? Dan bagaimana cara membedakannya? Berikut ulasan singkatnya.

Cara Mengetahui Perbedaan Tahun Lulus dan Tanggal Ijazah

Secara umum, tahun lulus adalah tahun di mana Anda menyelesaikan Pendidikan Anda. Sementara hari dokumen kelulusan adalah hari diterbitkannya dokumen penyelesaian studi. Keduanya bisa saja berbeda atau sama, namun secara umum keduanya sangat berbeda.

Berdasarkan Persesjen Kemendikbudristek Nomor 1 Tahun 2022, tanggal ijazah terletak tepat di atas tanda tangan kepala sekolah/kepala SBM/ketua PKBM dari satuan pendidikan bersangkutan. Letaknya tepat di sudut kanan bawah ijazah.

1. Tahun Lulus dan Tanggal Ijazah Tingkat SMP

Pada dokumen penyelesaian studi tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sangat mudah ditemukan perbedaan periode lulus dan hari dokumen kelulusan. Periode lulus bisa Anda temukan pada bagian keputusan “LULUS” di ijazah. Setelah kata tersebut, Anda bisa menemukan pernyataan keputusan kelulusan.

Sedangkan untuk di tanggal dokumen kelulusan, Anda bisa melihatnya pada bagian paling bawah dokumen kelulusan. Setelah tanda tangan dari petugas berwenang, akan ada nomor khusus yang merupakan nomor serta periode dokumen kelulusan. Nomor dokumen kelulusan biasanya diawali dengan “DN” untuk dalam negeri dan “LN” luar negeri.

Sebagai contohnya, “DN-21 DI 0022720” merupakan nomor dokumen kelulusan yang biasa ditemukan. Angka “21” setelah kode DN merupakan kode provinsi dari sekolah Anda. Sedangkan “DI” adalah kode untuk jenjang Pendidikan SMP. Kode-kode tersebut diikuti dengan nomor seri dokumen penyelesaian studi Anda.

Untuk hari dokumen kelulusan, biasanya merujuk pada hari penandatanganan dokumen kelulusan oleh petugas berwenang. Penulisannya biasa didahului dengan Kabupaten/Kota serta diikuti dengan tanggal diterbitkannya dokumen kelulusan tersebut.

Berikut ini merupakan salah satu contoh ijazah SMP Negeri 11 Waisisi beserta penjelasan letak tahun lulus dan tanggal, hingga nomor ijazahnya.

contoh ijazah SMP Negeri 11 Waisisi

2. Tahun Lulus dan Tanggal Ijazah Tingkat SMA

Tidak jauh berbeda dengan ijazah SMP, ijazah pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) juga memiliki perbedaan tahun lulus dan tanggal ijazah. Pada ijazah SMA, Anda bisa menemukan periode kelulusan sebelum tanda tangan dari petugas berwenang.

Selanjutnya, ada beberapa versi dalam penulisan hari dokumen kelulusan pada tingkat SMA. Beberapa berada di bagian paling bawah ijazah. Ada juga yang terletak pada bagian paling atas. Kode ini biasanya diawali dengan “DN” serta diikuti dengan kode tingkat SMA, yaitu “MA”.

Berikut ini merupakan salah satu contoh ijazah SMA Negeri Padang beserta penjelasan letak tahun lulus dan tanggal, hingga nomor ijazahnya.

3. Tahun Lulus dan Tanggal Ijazah D3

Untuk mengetahui periode lulus dan tanggal ijazah pada tingkat diploma lebih mudah. Hal ini dikarenakan format ijazah tinggat D3 lebih sederhana dibandingkan dengan ijazah tingkat SD, SMP, serta SMA.

Perbedaan tahun lulus dan tanggal ijazah bisa Anda temukan dengan mudah. Dimulai dengan nomor ijazah, Anda bisa mengecek pada bagian paling atas. Nomor tersebut biasanya terdiri dari kode serta beberapa digit angka. 

Sementara untuk tanggal ijazah, Anda bisa melihat di bagian paling bawah sebelum penandatanganan oleh Rektor. Biasanya diawali dengan Kabupaten/Kota dimana universitas Anda berada. Lalu, diikuti dengan tanggal penerbitan ijazahnya.

Sedangkan tahun lulus, ada beberapa format yang tidak mencantumkan tahun kelulusan pada ijazah D3. Jika hal ini terjadi pada Anda, maka Anda bisa mengecek dokumen pendukung lain dari Universitas.

Berikut ini merupakan salah satu contoh ijazah tingkat D3 dari Universitas Jenderal Soedirman beserta penjelasan letak tahun lulus dan tanggal, hingga nomor ijazahnya.

contoh ijazah tingkat D3 dari Universitas Jenderal Soedirman



4. Tahun Lulus dan Tanggal Ijazah Tingkat S1

Tidak jauh berbeda dengan D3, perbedaan tahun lulus dan tanggal ijazah juga bisa terlihat jelas pada ijazah Strata 1. Biasanya terdapat nomor dokumen kelulusan pada bagian atas dengan tanggal dokumen kelulusan disematkan pada bagian bawah.

Sedangkan untuk tahun kelulusan, informasi ini bersifat variatif. Ada yang mencantumkan dan ada juga yang tidak mencantumkan. Pada dasarnya, tanggal kelulusan merupakan tanggal dimana Anda menjalani ujian skripsi dan dinyatakan lulus. 

Berikut ini merupakan salah satu contoh ijazah tingkat S1 dari Universitas Pendidikan Indonesia beserta penjelasan letak tahun lulus dan tanggal, hingga nomor ijazahnya.

contoh ijazah tingkat S1 dari Universitas Pendidikan Indonesia

Dari beberapa informasi di atas, pastinya Anda sudah bisa membedakan antara tanggal lulus serta tanggal dokumen kelulusan. Dengan demikian, tidak ada lagi kesalahan input informasi dalam melamar sebuah pekerjaan. Dari perbedaan tahun lulus dan tanggal ijazah, Anda juga bisa menghitung lamanya studi yang ditempuh.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.