perbedaan tahun lulus dan tanggal ijazah

Apa Perbedaan Tahun Lulus dan Tanggal Ijazah? Begini Ceknya!

Perbedaan tahun lulus dan tahun ijazah memang sedikit membingungkan, tahun lulus artinya tahun dimana seseorang telah menyelesaikan pendidikannya, sedangkan tahun ijazah berarti tahun dimana ijazah tersebut diterbitkan.

Mengutip dari KBBI, ijazah adalah surat tanda tamat belajar, di dalam ijazah tercantum dua tanggal penting yaitu tahun lulus dan tahun ijazah, keduanya sangat penting saat digunakan untuk melanjutkan jenjang pendidikan atau untuk melamar pekerjaan.

Baca juga: Contoh CV Lamaran Kerja

Cara Mengetahui Perbedaan Tahun Lulus dan Tahun Ijazah

Ijazah berarti bukti kelulusan seseorang dalam menempuh pendidikan di suatu instansi, ijazah berisi biodata, tanggal lulus serta tanggal ijazah.

Kedua tanggal ini sangat penting untuk mengisi data diri saat ijazah akan digunakan untuk keperluan pendidikan atau kerja, tahun lulus berarti tahun seseorang dinyatakan telah menyelesaikan pendidikan sedangkan tahun ijazah adalah tahun suatu instansi menerbitkan ijazah.

Tahun lulus terletak pada bagian tengah ijazah bersama dengan nama dan biodata, sedangkan tahun ijazah terletak di atas tanda tangan kepala dari satuan pendidikan bersangkutan, dan terletak di sudut kanan bawah ijazah, hal ini merujuk pada Peraturan Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ristek Nomor 1 Tahun 2022.

1. Tahun Lulus dan Tanggal Ijazah Tingkat SMP

Setelah menempuh pendidikan dasar selama 6 tahun, jenjang pendidikan berikutnya adalah Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pada jenjang ini sekolah mengajarkan dan memperdalam ilmu pengetahuan seperti Matematika, IPA, IPS, Bahasa dan Sosial. Tahun lulus ijazah SMP dihitung dari periode masuk sekolah hingga tiga tahun setelah melakukan Ujian Akhir Sekolah, sedangkan tahun ijazah tergantung pada sekolah saat menerbitkan.

Nomor dokumen kelulusan biasanya diawali dengan “DN” untuk dalam negeri dan “LN” luar negeri. Sebagai contohnya, “DN-21 DI 0022720” merupakan nomor dokumen kelulusan yang biasa ditemukan. Angka “21” setelah kode DN merupakan kode provinsi dari sekolah Anda. Sedangkan “DI” adalah kode untuk jenjang Pendidikan SMP. Kode-kode tersebut diikuti dengan nomor seri dokumen penyelesaian studi Anda.

Untuk hari dokumen kelulusan, biasanya merujuk pada hari penandatanganan dokumen kelulusan oleh petugas berwenang. Penulisannya biasa didahului dengan Kabupaten/Kota serta diikuti dengan tanggal diterbitkannya dokumen kelulusan tersebut.

Berikut ini merupakan salah satu contoh ijazah SMP Negeri 11 Waisisi beserta penjelasan letak tahun lulus dan tanggal, hingga nomor ijazahnya.

contoh ijazah SMP Negeri 11 Waisisi

2. Tahun Lulus dan Tanggal Ijazah Tingkat SMA

Tahun lulus ijazah SMA dihitung setelah tiga tahun seorang murid menempuh pendidikan di sekolah. SMA mengajarkan keterampilan untuk bekal masa depan, sesuai dengan minat dan keinginan seorang murid Tahun ijazah SMA kebanyakan sama dengan tahun lulus, karena ijazah SMA adalah ijazah yang terakhir pada jenjang pendidikan wajib selama dua belas tahun.

Selanjutnya, ada beberapa versi dalam penulisan hari dokumen kelulusan pada tingkat SMA. Beberapa berada di bagian paling bawah ijazah. Ada juga yang terletak pada bagian paling atas. Kode ini biasanya diawali dengan “DN” serta diikuti dengan kode tingkat SMA, yaitu “MA”.

Berikut ini merupakan salah satu contoh ijazah SMA Negeri Padang beserta penjelasan letak tahun lulus dan tanggal, hingga nomor ijazahnya.

3. Tahun Lulus dan Tanggal Ijazah D3

D3 ditempuh selama 2-3 tahun, lebih singkat daripada program sarjana, letak tahun lulus dan tahun ijazah tidak berbeda dengan ijazah S1, tahun lulus terletak di tengah ijazah, dan tahun ijazah terletak pada bagian kanan bawah di atas tanda tangan rektor.

Sementara untuk tanggal ijazah, Anda bisa melihat di bagian paling bawah sebelum penandatanganan oleh Rektor. Biasanya diawali dengan Kabupaten/Kota dimana universitas Anda berada. Lalu, diikuti dengan tanggal penerbitan ijazahnya.

Sedangkan tahun lulus, ada beberapa format yang tidak mencantumkan tahun kelulusan pada ijazah D3. Jika hal ini terjadi pada Anda, maka Anda bisa mengecek dokumen pendukung lain dari Universitas.

Berikut ini merupakan salah satu contoh ijazah tingkat D3 dari Universitas Jenderal Soedirman beserta penjelasan letak tahun lulus dan tanggal, hingga nomor ijazahnya.

contoh ijazah tingkat D3 dari Universitas Jenderal Soedirman


4. Tahun Lulus dan Tanggal Ijazah Tingkat S1

Beberapa universitas meletakkan tanggal lulus S1 di tengah ijazah, ditulis “Dinyatakan lulus pada tanggal….”, ada pula yang ditulis “Tanggal lulus :…..”,

Sedangkan untuk tahun kelulusan, informasi ini bersifat variatif. Ada yang mencantumkan dan ada juga yang tidak mencantumkan. Pada dasarnya, tanggal kelulusan merupakan tanggal dimana Anda menjalani ujian skripsi dan dinyatakan lulus. 

Berikut ini merupakan salah satu contoh ijazah tingkat S1 dari Universitas Pendidikan Indonesia beserta penjelasan letak tahun lulus dan tanggal, hingga nomor ijazahnya.

contoh ijazah tingkat S1 dari Universitas Pendidikan Indonesia

Dari beberapa informasi di atas, pastinya Anda sudah bisa membedakan antara tanggal lulus serta tanggal dokumen kelulusan. Dengan demikian, tidak ada lagi kesalahan input informasi dalam melamar sebuah pekerjaan. Dari perbedaan tahun lulus dan tanggal ijazah, Anda juga bisa menghitung lamanya studi yang ditempuh.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.