10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

women shopping in a clothing store

7 Skill Dasar yang Harus Dimiliki untuk Bekerja di Retail

Apakah kamu sedang berencana untuk pindah sektor industri dan ingin bekerja di dunia retail? Atau justru kamu seorang lulusan SMA/SMK yang sedang mencari-cari kerja dan tertarik untuk mencari pengalaman di bidang retail?

Nggak perlu pusing, yuk cari tahu 7 skill dasar yang harus dimiliki untuk bekerja di retail bersama Pintarnya!

Pengetahuan produk

Tentunya jika ingin bekerja di dunia retail, kamu bekerja dalam penyediaan barang dari perusahaan/bisnis ke konsumen. Untuk dapat memberikan layanan yang terbaik ke konsumen, tentu kamu perlu memahami dulu tentang produk apa yang kamu jual.

Baik itu produk fashion, kebutuhan rumah tangga, elektronik, gadget, hingga furnitur, kamu harus tahu dulu produk yang kamu jual dari A-Z. Dari jenis-jenisnya, spesifikasinya, kualitas dan range harganya.

Pemahaman konsumen

Nah, jika kamu sudah memahami produk yang kamu jual, saatnya untuk mulai memahami konsumen yang membeli produk kamu. Observasi terlebih dahulu, siapa sajakah target pasar barang kamu. Bagaimana kebiasaan mereka, cara mereka berdiskusi, apakah mereka lebih suka dibantu langsung atau lebih suka melihat-lihat terlebih dahulu baru lalu bertanya.

Komunikasi

Skill yang satu ini merupakan salah satu skill utama yang wajib kamu asah jika ingin bekerja di dunia retail. Komunikasi yang baik dapat membantu kinerja dan juga produktivitas kamu sehari-hari.

Pelajarilah komunikasi yang baik ke tim kamu, ke atasan kamu, dan juga ke konsumen kamu. Ketiganya membutuhkan cara komunikasi yang berbeda.

Manajemen waktu

Dalam dunia retail, waktu juga berperan penting dalam harimu. Jika kamu tidak bisa mengatur waktu dengan baik, performa kamu juga dapat menurun, terlebih jika kamu memakan waktu yang lama dalam melayani konsumen. Mulailah belajar teliti dan manfaatkan waktu kamu sebaik mungkin.

Percaya diri

Seseorang yang bekerja di dunia retail harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Hal ini membantu kamu dalam memberikan kesan yang baik ke konsumen dan juga ke atasan kamu.

Kemampuan bekerja sama

Di dunia retail, kemungkinan besar kamu tidak akan bekerja seorang diri. Pasti kamu akan bekerja dengan tim, baik itu sales, front office, back office, atau inventory. Jangan lupa untuk menjalin hubungan yang baik dengan sesama tim kamu dan saling membantu, agar keberlangsungan bisnis dapat terus berjalan lancar.

Problem Solving

Skill problem solving atau memecahkan masalah ini sebenarnya penting untuk di setiap sektor industri. Kemampuan untuk tetap tenang saat menghadapi masalah, dan mencari solusi terdekat, tercepat, dan terbaik dalam waktu singkat merupakan kemampuan yang bernilai tinggi, terlebih di dunia retail di mana kamu akan berhadapan dengan konsumen dengan sifat yang berbeda-beda setiap harinya.

Sudah siap untuk bekerja di dunia retail? Yuk cari dan lamar pekerjaan di sektor retail bareng Pintarnya!

Bagikan Artikel: