Contoh kalimat pujian

Mengenal Apa Itu Contoh Kalimat Pujian dan Cirinya

biasanya diungkapkan sebagai bentuk apresiasi terhadap sesuatu yang dikagumi. Kalimat Contoh kalimat pujian ungkapan dalam bahasa Indonesia merupakan salah satu jenis kalimat yang diekspresikan untuk menilai suatu objek.

Contoh dari kalimat pujian biasanya diberikan ketika ada sesuatu yang mengejutkan Anda. Jika Anda melakukan sesuatu yang baik untuk diri sendiri, maka bisa mendapatkan banyak manfaat.

Mengenal Apa Itu Contoh Kalimat Pujian

Secara umum, memberikan pujian dapat meningkatkan rasa percaya diri, kebanggaan serta motivasi. Selain itu, pujian juga dapat mempererat hubungan interaksi antar sesama manusia.

Pengertian dari kalimat pujian merupakan sebuah ungkapan yang dapat disampaikan sebagai bentuk kekaguman dan penghargaan terhadap sesuatu yang baik. Secara etimologis, kalimat pujian terdiri dari dua kata yaitu kalimat dan pujian.

Jika dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kalimat sendiri berarti satuan kata yang biasanya menyatakan sebuah konsep pikiran dan perasaan. Selain itu, pujian ini sudah memiliki arti tersendiri. 

Kalimat pujian berasal dari kata statement yaitu rasa pengakuan dan penghargaan yang tulus terhadap sesuatu. Dari sini bisa dikatakan Contoh Kalimat pujian adalah ungkapan pengakuan dan penghargaan yang tulus atas kebaikan.

Ciri-ciri Kalimat Pujian dan Contohnya 

Salah satu ciri dari kalimat pujian adalah menyampaikan perasaan senang dan gembira baik kepada pemberi pujian maupun penerima pujian. Kalimat pujian ini sudah memiliki beberapa karakteristik tertentu yang akan memudahkan untuk mengidentifikasi. 

Berikut ini sudah ada ciri-ciri kalimat pujian yang perlu diketahui, antara lain:

1. Makna positif

Ungkapan pujian pada umumnya sudah memiliki makna positif. Misalnya saja kalimat sanjungan, apresiasi, serta penghargaan terhadap objek.

2. Berbicara dengan tulus dan jujur

Memberi Contoh kalimat pujian kepada orang lain merupakan hal yang baik. Namun, hal ini sebenarnya harus disampaikan atau diungkapkan apa adanya dengan perasaan yang tulus dan jujur.



3. Terkadang menggunakan idiom

Sebagian besar kalimat pujian menunjukkan pola bahasa yang berbeda. Kegunaan kalimat ini untuk memberikan pujian yang baik dan tulus kepada orang yang memang dianggap baik. 

4. Alasan dan saran 

Kalimat yang biasanya akan diberikan harus benar dan saran untuk pengembangan. Jadi objek pujian juga akan termotivasi dan berkembang menjadi lebih baik.

Baca juga: Contoh kalimat ajakan

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

5. Berdasarkan fakta

Kalimat terima kasih biasanya akan bersifat subjektif. Namun, kalimat yang baik merupakan kalimat berdasarkan fakta dari penglihatan dan dialami seseorang.

6. Memotivasi 

Contoh kalimat pujian ini biasanya memberi orang yang dipuji rasa bangga dan motivasi setelah menerima pujian atau pengakuan dari orang lain.

7. Tentang kesenangan

Kalimat pujian ini biasanya digunakan untuk menyampaikan perasaan bahagia dan gembira baik bagi pemberi pujian maupun penerima pujian.

Selain beberapa ciri yang ada di atas, Anda juga harus tahu beberapa Contoh kalimat pujian. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait contoh dari kalimat pujian, antara lain:

  • Pak Hakim saat ini menjadi salah satu guru favoritku. Beliau merupakan orang yang, pintar, bijaksana, suka membantu, serta rendah hati.
  • Aku menyukai Rahman sejak pertama kali bertemu. Selain hatinya baik, beliau juga terlihat sopan, pintar serta menghormati orang tua.
  • Pemandangan Danau Toba ini sangat indah. Aku ingin sekali Camping dan tinggal lama disini.
  • Nina, bajunya sangat bagus dan cocok. Aku harap bisa memiliki baju secantik itu.
  • Intan, suaranya sangat merdu dan bagus. Minggu depan ada lomba menyanyi bisa coba ikuti.
  • Gaun itu dijahit sangat rapi. Aku sangat suka dan ingin segera memakainya.
  • Aku sangat suka kopi gula aren ini. Perpaduan antara rasa manis, gurih dan pahitnya sudah pas.
  • Lukisan itu sangat indah meski dilihat dari jauh. Bahkan, lukisannya tampak seperti nyata.
  • Masakan  Mama hari ini memang sangat lezat. Besok Masak lagi ya, Ma!
  • Hari ini Nana pintar sekali mengerjakan semua tugas yang diberikan guru. Aku harap Nana bisa mengajariku lain waktu.

Beberapa Contoh kalimat pujian yang sudah dijelaskan di atas bisa dijadikan sebagai referensi Anda. Sebenarnya, masih ada banyak sekali kalimat pujian yang tidak Anda sadari.

Bahkan, kemungkinan besar kalimat pujian ini sudah Anda gunakan sehari-hari. Jadi bisa dikatakan Contoh kalimat pujian memang sudah biasa digunakan orang lain.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!