Cari Kerja dan Cari Cuan untuk Bahagiakan Keluarga

Contoh kalimat ajakan

Kenali Contoh Kalimat Ajakan Beserta Ciri-cirinya 

Contoh kalimat ajakan biasanya akan dijumpai setiap berbicara dengan teman atau keluarga. Contoh dari kalimat ajakan ini, ketika lawan bicara Anda menggunakan kata “ayo” atau “ayo”. 

Kalimat ajakan ini memang sering digunakan oleh seseorang dalam berkomunikasi. Bahkan, banyak orang tidak menyadarinya, bahwa seseorang tersebut telah berbicara dengan kalimat ajakan. 

Mengenal Apa Itu Contoh Kalimat Ajakan

Kalimat ajakan merupakan sebuah kalimat yang berkaitan dengan membujuk atau mengajak orang lain untuk melakukan seseorang bersama orang lain. Kalimat ini dikenal juga sebagai media yang biasanya digunakan manusia untuk berkomunikasi. 

Terdapat unsur bahasa lainnya yang seringkali dianggap penting saat digunakan. Misalnya saja seperti kata, frase, maupun lainnya.

Kata merupakan unsur bahasa lisan atau tulisan yang akan mengungkapkan kesatuan perasaan serta pikiran biasanya digunakan dalam bahasa Indonesia. Kalimat merupakan gabungan antara dua kata atau lebih dan bukan predikatif.

Contoh kalimat ajakan seperti “gunung tinggi” dikenal sebagai kalimat karena merupakan konstruksi nonpredikatif. Kalimat merupakan satuan kata yang sebenarnya memiliki intonasi tertentu, relatif berdiri sendiri, serta secara aktual atau potensial terdiri dari klausa. 

Adapun jenis kalimat dibagi dalam berbagai bahasa, seperti kalimat aktif, kalimat bebas, kalimat majemuk, kalimat ajakan, kalimat tanya, dan lainnya. Salah satu kalimat yang biasanya digunakan adalah ungkapan ajakan. 

Contoh kalimat ajakan juga dikenal sebagai kalimat yang mengharapkan tanggapan dari orang lain atau orang yang dituju. Kalimat ini sebenarnya akan ditandai dengan tanda seru.

Ciri-ciri Kalimat Ajakan dan Contohnya 

Kalimat ajakan juga termasuk ke dalam tipe kalimat perintah. Hal ini tentunya karena kalimat ajakan sudah berisi beberapa elemen perintah. 

Jadi siapa saja yang mengucapkan kalimat ajakan pasti akan memberi perintah untuk melakukan sesuatu. Selain itu, kalimat ajakan ini juga bisa berupa promosi penjualan atau keluhan. 

Contoh kalimat ajakan juga dikenal sebagai kalimat persuasif. Oleh karena itu, kalimat ajakan ini akan sering digunakan dalam iklan penjualan.

Tujuan dari kalimat ajakan ini untuk mengajak seseorang atau sekelompok orang dalam membeli suatu produk. Namun, kalimat ajakan ini juga digunakan dalam konteks yang berarti seseorang ingin menggunakan layanan tertentu.

1. Ciri-ciri Kalimat Ajakan 

Ada beberapa penjelasan yang berkaitan dengan ciri-ciri kalimat ajakan. Berikut ini sudah ada ciri-ciri dari kalimat ajakan, antara lain:

  • Contoh kalimat ajakan biasanya akan diawali dengan “ayo, yuk, mari” dan seterusnya.
  • Sebagian besar kegiatan diharapkan diajak oleh seseorang.
  • Menggunakan kata ganti “kami” atau “kita” ketika seseorang mengajak temannya untuk melakukan sesuatu secara bersama.
  • Jika dijakan lebih dari satu orang, biasanya menggunakan kata ganti jamak, misalnya: teman-teman
  • Biasanya, akan ditandai dengan tanda seru (!) di akhir kalimat sebagai ucapan terima kasih.
  • Kalimat ajakan disebut juga persuasif karena mengajak seseorang.
  • Kalimat ini seringkali digunakan dalam penawaran, iklan, slogan atau himbauan serta nasehat lainnya. 

Baca juga: Contoh kalimat larangan

2. Contoh dari Kalimat Ajakan 

Apabila Anda sudah mengetahui beberapa ciri dari kalimat ajakan, maka selanjutnya akan dijelaskan tentang Contoh kalimat ajakan. Berikut ini sudah ada beberapa contoh dari kalimat ajakan dari kata mari dan ayo, antara lain:

  • “Mari Belanja bersama di Supermarket terdekat!”
  • “Teman besok pergi undangan ke rumah Tina? Ayo berangkat bersama!”
  • “Mari gunakan masker ketika keluar rumah!”
  • “Marilah menanam pohon hijau sebanyak-banyaknya di depan rumah, agar udara semakin bersih!'”
  • “Praktikum hari ini belum selesai, ayo kerjakan bersama!”
  • “Ayo selalu menjaga kebersihan dimanapun berada!”
  • “Ayo cepat selesaikan seluruh pekerjaan yang ada di rumah kamu agar bisa pergi bersama!”
  • “Mari, kita selesaikan misi ini dengan benar!
  • “Teman-teman, Ayo kita langsung kerjakan tugas kelompok untuk besok, jangan lupa ya agar tidak dihukum!”
  • “Jangan menyerah, kita pasti bisa ayo lebih semangat!”
  • “Ayo, beli hadiah untuk Mita!”
  • “Ayo minum vitamin C ini agar tubuh lebih kuat dan sehat!”

Sebenarnya, masih banyak contoh dari kalimat ajakan yang bisa Anda gunakan sehari-hari. Namun, beberapa kalimat ajakan yang ada di atas bisa dijadikan referensi yang menarik.

Apabila Anda ingin mengajak teman atau keluarga, pastikan kalimat tersebut sopan. Jangan memaksa jika mereka tidak ingin melakukannya, karena itu bukan Contoh kalimat ajakan.

Bagikan Artikel:

About The Author