contoh kalimat deklaratif

15 Contoh Kalimat Deklaratif, Sebagai Penjelas Komunikasi!

Contoh kalimat deklaratif akan mempermudah Anda dalam mempelajari bahasa Indonesia dengan benar. Biasanya mudah ditemui pada mata pelajaran bahasa Indonesia, namun masih ada yang belum memahaminya.

Terkhusus untuk para pelajar memang harus memahaminya karena umumnya muncul pada pembelajaran di sekolah. Tidak hanya digunakan dalam pembelajaran di sekolah saja, namun juga, namun juga berkomunikasi dengan orang lain. Berikut ini merupakan artikel yang membahas terkait kalimat deklaratif.

Pengertian Kalimat Deklaratif

Menurut Grammarly, Setiap kali Anda menyatakan fakta, opini, pengamatan, atau penjelasan secara jelas Anda menggunakan kalimat deklaratif. Dalam kalimat deklaratif, tujuan utama adalah memberikan informasi atau menyampaikan suatu gagasan. Kalimat ini adalah yang paling umum dalam percakapan sehari-hari dan dalam penulisan formal karena digunakan untuk mengkomunikasikan fakta-fakta, pernyataan, atau pemikiran.

Kalimat deklaratif adalah jenis kalimat yang digunakan untuk menyatakan fakta, informasi, pernyataan, atau pendapat. Tujuan utama kalimat deklaratif adalah untuk memberikan informasi atau mengungkapkan sesuatu dengan jelas dan tegas. Kalimat deklaratif biasanya berisi subjek dan predikat, dan mereka menghasilkan pernyataan yang bisa benar atau salah. Di samping itu, intonasi atau tanda baca yang umumnya digunakan pada kalimat deklaratif adalah titik (.) di akhir kalimat.

Baca Juga : Contoh Kalimat Sapaan dengan Baik dan Benar dalam Bahasa Indonesia

Fungsi Kalimat Deklaratif

1. Memberikan Informasi

Fungsi utama dari kalimat deklaratif adalah memberikan informasi atau fakta. Kalimat ini digunakan untuk menjelaskan sesuatu, menyampaikan data, atau memberikan penjelasan tentang suatu subjek.

2. Mengungkapkan Pernyataan

Kalimat deklaratif digunakan untuk mengungkapkan pernyataan atau pendapat. Mereka digunakan untuk menyatakan gagasan, pandangan, atau keyakinan seseorang tentang sesuatu.



3. Mengkomunikasikan Pengetahuan

Kalimat deklaratif adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan pengetahuan atau hasil penelitian. Mereka membantu dalam berbagi informasi dan pembelajaran antara individu atau kelompok.

4. Menggambarkan Keadaan

Kalimat deklaratif digunakan untuk menggambarkan keadaan atau situasi. Mereka dapat memberikan deskripsi tentang sesuatu, seperti tempat, orang, objek, atau peristiwa.

5. Mengklarifikasi atau Memperjelas

Kalimat deklaratif dapat digunakan untuk mengklarifikasi atau memperjelas sesuatu. Mereka membantu dalam menjelaskan makna atau memberikan penjelasan lebih lanjut tentang suatu topik.

6. Mengomunikasikan Emosi

Terkadang, kalimat deklaratif juga dapat digunakan untuk mengungkapkan emosi atau perasaan seseorang. Meskipun fungsi utamanya adalah memberikan informasi, kalimat deklaratif dapat digunakan untuk mengekspresikan kebahagiaan, kesedihan, kejutan, dan emosi lainnya tergantung pada konteksnya.

7. Mengakhiri Dialog

Dalam percakapan atau tulisan, kalimat deklaratif sering digunakan untuk mengakhiri pernyataan atau mengakhiri dialog. Mereka memberikan penutup yang jelas untuk pembicaraan.



8. Menggiring Pemikiran

Kalimat deklaratif dapat digunakan untuk mengarahkan pemikiran pembaca atau pendengar dalam suatu arah tertentu. Mereka dapat membantu dalam menyampaikan argumen atau memandu pembaca untuk memahami suatu konsep.

9. Menginformasikan Keputusan

Dalam konteks bisnis atau administratif, kalimat deklaratif digunakan untuk menginformasikan keputusan atau tindakan yang telah diambil atau akan diambil.

Baca juga: Tujuan menyusun skala prioritas

Ciri-Ciri Kalimat Deklaratif

1. Menyatakan Fakta atau Informasi

Kalimat deklaratif digunakan untuk menyampaikan fakta, informasi, atau pernyataan. Mereka berfungsi untuk memberikan penjelasan atau menjelaskan sesuatu.

2. Biasanya Berbentuk Pernyataan Positif

 Kalimat deklaratif biasanya berbentuk pernyataan positif yang menjelaskan suatu keadaan atau situasi. Contohnya, “Dia datang ke pesta.”

3. Subjek dan Predikat

Kalimat deklaratif umumnya memiliki dua komponen utama: subjek (yang menjadi pusat pernyataan) dan predikat (yang berisi tindakan atau deskripsi mengenai subjek).

4. Intonasi Akhir yang Lurus

Dalam pengucapannya, kalimat deklaratif sering diakhiri dengan intonasi yang lurus atau menurun. Ini berbeda dari jenis kalimat lain seperti kalimat interogatif yang biasanya diakhiri dengan intonasi naik.

5. Diakhiri dengan Titik (.)

Kalimat deklaratif biasanya diakhiri dengan tanda baca titik (.), menandakan akhir dari pernyataan tersebut.

6. Tidak Mengandung Kata Tanya

Kalimat deklaratif tidak mengandung kata-kata tanya seperti “apa,” “bagaimana,” “kapan,” atau “siapa.” Sebagai gantinya, mereka fokus pada memberikan informasi atau menyatakan sesuatu.

7. Menggunakan Kosa Kata Deskriptif

Kalimat deklaratif sering menggunakan kosa kata yang bersifat deskriptif untuk memberikan gambaran yang jelas tentang subjek atau pernyataan yang dibuat.

8. Tujuan Utama adalah Memberikan Informasi

 Fungsi utama dari kalimat deklaratif adalah memberikan informasi, meskipun dalam beberapa kasus, mereka juga dapat digunakan untuk menyatakan pendapat atau gagasan.

Baca Juga : Kenali Contoh Kalimat Ajakan Beserta Ciri-cirinya

Contoh Kalimat Deklaratif

1. Contoh 1

Kami akan menghadiri pesta pernikahan teman kami akhir pekan ini.

2. Contoh 2

Mobilnya berwarna biru tua dan terawat dengan baik.

3. Contoh 3

Sekolah baru ini memiliki fasilitas yang lengkap.

4. Contoh 4

Saya berencana pergi liburan ke pantai bulan depan.

5. Contoh 5

Film yang kami tonton tadi malam sangat menghibur.

6. Contoh 6

Cuaca hari ini terlihat cerah dan panas.

7. Contoh 7

Lukisan itu adalah karya seniman terkenal.

8. Contoh 8

Kelas kita akan mengadakan ujian besok.

9. Contoh 9

Ayahku bekerja sebagai dokter di rumah sakit.

10. Contoh 10

Taman ini sangat indah pada musim semi.

11. Contoh 11

Hari ini adalah hari ulang tahun temanku.

12. Contoh 12

Buku itu berisi cerita-cerita yang menarik.

13. Contoh 13

Anjingku suka bermain di taman.

14. Contoh 14

Jakarta adalah ibu kota Indonesia.

15. Contoh 15

Ibu memasak makan malam di dapur.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!