cara spelling abjad dalam bahasa Inggris

Cara Spelling Abjad dalam Bahasa Inggris

Cara spelling abjad dalam bahasa Inggris memang cukup sulit karena pengucapannya sendiri jauh berbeda dengan bahasa Indonesia. Sekarang ini bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang sangat penting untuk dipelajari mengingat bahasa Inggris adalah bahasa internasional.

Terkadang pembicaraan menggunakan sambungan telepon ini terdengar kurang jelas sehingga harus diajak untuk membuat audience bisa menerima kata-kata yang diucapkan dengan jelas. Spelling atau pengejaan kata ini sering digunakan oleh orang-orang militer atau call center.

Untuk penggunaannya sendiri biasanya digunakan untuk mengeja kata-kata yang bersifat sangat penting atau tidak boleh ada kesalahan penulisan. Spelling juga umum digunakan untuk mengonfirmasi apakah data yang diberikan sudah sesuai atau belum. Berikut ini merpakan cara spelling abjad dalam bahasa inggris yang dapat membantu Anda.

Apa yang Itu Alphabet?

Dilansir dari Britannica, alphabet merupakan sekumpulan grafik atau karakter yang digunakan untuk mewakili struktur fonemik suatu bahasa. Alphabet adalah istilah yang merujuk kepada urutan huruf-huruf yang digunakan dalam suatu alfabet atau aksara tertentu. Alfabet adalah sistem penulisan yang terdiri dari kumpulan huruf yang digunakan untuk mengeja kata-kata dalam suatu bahasa. Setiap huruf dalam alfabet mewakili bunyi atau fonem dalam bahasa tersebut.

Alphabet memiliki peran yang sangat penting dalam komunikasi manusia dan dalam perkembangan peradaban. Jadi, alphabet adalah dasar dari komunikasi tertulis, pendidikan, dan perkembangan peradaban manusia. Tanpanya, pertukaran informasi dan perkembangan ilmu pengetahuan, budaya, dan teknologi seperti yang kita kenal hari ini akan sangat terbatas.

Baca Juga : Cara Menjadi Penulis Lepas, Berikut Tips dan Triknya

Cara Spelling Abjad dalam Bahasa Inggris

1. Spelling Abjad Fonetik NATO

Ini merupakan salah satu spelling yang menjadi standar internasional sehingga cukup banyak digunakan oleh para profesional dari mulai militer, call center, pihak kepolisian, dan beberapa lainnya.

Tujuan utama dari fonetik NATO sudah sangat jelas yaitu supaya setiap huruf yang diucapkan bisa diterima dengan jelas. Harapannya nantinya tidak ada kesalahan penulisan atau data yang diberikan.

Biasanya spelling abjad fonetik NATO ini sering digunakan ketika melakukan pembicaraan dengan sambungan telepon. Berikut cara spelling abjad dalam bahasa Inggris menggunakan fonetik NATO. 

AlphabetCode Word
AAlfa/Alpha
BBravo
CCharlie
DDelta
EEcho
FFoxtrot
GGolf
HHotel
IIndia
JJuliett
KKilo
LLima
MMike
NNovember
OOscar
PPapa
QQuebec
RRomeo
SSierra
TTango
UUniform
VVictor
WWhiskey
XX-ray
YYankee
ZZulu

2. Spelling Abjad dalam Bahasa Inggris Standar

Cara spelling abjad dalam bahasa Inggris selanjutnya yaitu dengan mengeja Huruf satu persatu. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa cara membaca huruf dari a sampai z dalam bahasa Inggris itu berbeda dengan bahasa Indonesia.

Cara pengucapannya atau aksennya juga cukup rumit, oleh karena itu Anda harus mempelajarinya dengan baik. Apalagi ketika sedang berbicara dengan orang asing, tentu saja spelling harus dibaca dengan cara yang tepat supaya bisa dipahami dengan baik.

AlphabetCara Pengucapan
Aei [eɪ]
Bbi [biː]
Csi [siː]
Ddi [diː]
Ei [iː]
Fef [ɛf]
Gji [dʒiː]
Heic [eɪtʃ]
Iai [aɪ]
Jjei [dʒeɪ]
Kkei [keɪ]
Lel [ɛl]
Mem [ɛm]
Nen [ɛn]
Oou [oʊ]
Ppi [piː]
Qkiu [kjuː]
Rar [ɑr]
Ses [ɛs]
Tti [tiː]
Uyu [juː]
Vvi [viː]
Wdabel yu [ˈdʌbəl juː]
Xeks [ɛks]
Ywai [waɪ]
Zzed [zɛd] in British English, zi [ziː] in American English

Ini merupakan cara spelling abjad dalam bahasa Inggris yang paling umum digunakan. Kunci utama supaya sukses menggunakan spelling seperti ini yaitu mengucapkan atau membaca setiap huruf dengan jelas dan lugas.



3. Spelling Abjad dalam Bahasa Inggris Menggunakan Kata-Kata

Cara ketika ini juga cukup umum digunakan yaitu spelling abjad atau alfabet dalam bahasa Inggris dengan menggunakan kata-kata yang mengandung huruf tertentu.

Sebagai contoh saja ingin mengucapkan huruf “C”, bisa diucapkan dengan menyebut “Cat” atau misalnya ingin mengucapkan huruf “H” diganti dengan menyebut “Horse”.

Cara seperti ini dianggap menjadi salah satu cara yang cukup efektif jika dibandingkan dengan hanya mengajak huruf satu persatu dalam bahasa Inggris. Karena ketika mengeja huruf satu persatu dalam bahasa Inggris mungkin saja akan terdengar kurang jelas.

Baca Juga : 10 Website Untuk Merangkum Online yang Perlu Anda Ketahui

Tips Spelling Abjad dalam Bahasa Inggris

1. Pahami Alfabet

Pastikan Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang alfabet dalam Bahasa Inggris. Ingat setiap huruf dan urutannya.

2. Pelajari Aturan Ejaan Dasar

Kenali aturan-aturan dasar ejaan seperti penggunaan huruf kapital, pemisahan konsonan dan vokal, penggabungan huruf, dan lainnya.

3. Pentingnya Fonem

Bahasa Inggris memiliki banyak kata yang dieja tidak sesuai dengan pengucapannya. Oleh karena itu, penting untuk memahami fonem-fonem (suara-suaranya) dalam Bahasa Inggris.



4. Pola Umum

 Pelajari pola-pola umum dalam ejaan, seperti penggunaan “i” sebelum “e” kecuali setelah “c” dalam kata-kata seperti “receive” atau “believe.”

5. Kata Inggris Asing

 Perhatikan kata-kata asing yang digunakan dalam Bahasa Inggris dan pelajari cara mengejanya. Contohnya, kata “rendezvous” berasal dari bahasa Prancis dan memiliki ejaan yang tidak sesuai dengan pengucapannya.

6. Kamus dan Sumber Referensi

Gunakan kamus atau sumber referensi ejaan yang dapat membantu Anda mengeja kata-kata yang sulit atau tidak biasa.

7. Periksa Ejaan Secara Berkala

 Ketika Anda menulis atau mengetik, selalu periksa ejaan kata-kata yang diragukan atau sulit. Anda bisa menggunakan fitur pengecekan ejaan dalam aplikasi pengolah kata atau browser.

8. Latihan

Latihan adalah kunci untuk memperbaiki kemampuan ejaan. Cobalah berlatih mengeja kata-kata dengan kata-kata dalam bahasa Inggris sehari-hari. Anda juga bisa mencoba bermain permainan ejaan online atau offline.

9. Baca Banyak

Membaca banyak teks dalam Bahasa Inggris, seperti buku, artikel, dan berita, akan membantu Anda terbiasa dengan ejaan yang benar.

10. Dengarkan dan Berbicara

Mendengarkan dan berbicara dalam Bahasa Inggris secara aktif akan membantu Anda memahami pengucapan kata-kata dan meningkatkan kemampuan ejaan Anda.

11. Konsultasikan dengan Orang yang Lebih Mahir

 Jika Anda merasa bingung tentang ejaan kata tertentu, jangan ragu untuk bertanya atau berkonsultasi dengan orang yang lebih mahir dalam Bahasa Inggris.

12. Pantau Kebiasaan Ejaan Anda

Jika Anda sering salah mengeja kata-kata tertentu, buat catatan tentang kesalahan tersebut dan berusaha untuk memperbaikinya.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.