website untuk merangkum

10 Website Untuk Merangkum Online yang Perlu Anda Ketahui

Membaca adalah pintu gerbang untuk memperoleh pengetahuan, menarik wawasan, dan tetap terinformasi. Mulai dari buku-buku tradisional hingga dunia luas sumber daya online, membaca telah berevolusi dengan teknologi, menawarkan beragam sumber untuk dijelajahi. Namun, konten yang panjang dan padat seringkali membuat banyak orang enggan untuk menyelami sumber-sumber ini.

Menurut Study, merangkum digunakan untuk memberikan gambaran umum tentang apa yang terjadi dalam tulisan dan mengulas suatu tema utama.

Baca juga: Rekomendasi website untuk parafrase

Rekomendasi Website Untuk Merangkum Online Terbaik

1. Resoomer: Mengatasi Batasan Bahasa dalam Ringkasan

Resoomer menonjol dengan pilihan multibahasa, melayani beragam audiens. Tidak terbatas hanya pada bahasa Indonesia; pengguna dapat memilih dari berbagai bahasa untuk ringkasan mereka. Baik itu artikel dalam bahasa Inggris atau bahasa lain, Resoomer siap membantu Anda.

2. Prepostseo: Ringkasan Akurat dengan Keragaman Bahasa

Serupa dengan Resoomer, Prepostseo menawarkan berbagai pilihan bahasa. Akurasinya yang tinggi dalam merangkum memastikan bahwa pembaca disajikan dengan ringkasan yang koheren dan singkat, menghilangkan kebingungan dan menghemat waktu.

3. Editpad: Ringkasan Mudah untuk Bahasa Indonesia dan Lainnya

Editpad melayani berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Dengan Editpad, Anda bisa dengan percaya diri merangkum artikel dalam berbagai bahasa tanpa kerumitan.



4. Paraphraser: Lebih dari Sekadar Ringkasan – Pengecekan Plagiarisme dan Tata Bahasa

Paraphraser tidak hanya merangkum teks, tetapi juga memberikan pemeriksaan plagiarisme dan tata bahasa. Dengan menyelesaikan CAPTCHA sederhana, pengguna bisa menikmati manfaat alat ini untuk meningkatkan konten secara komprehensif.

5. Smodin: Kesederhanaan yang Terbaik

Smodin memiliki antarmuka yang sederhana, menawarkan ringkasan yang mudah dipahami. Pengalaman pengguna yang ramah memastikan bahwa pembaca mengerti inti konten tanpa kesulitan.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

6. Summarizer: Sederhana Namun Akurat

Desain Summarizer yang tidak rumit sesuai dengan ringkasannya yang tepat. Alat ini mempertahankan akurasi teks asli, dan verifikasi CAPTCHA cepat sudah cukup untuk menghasilkan ringkasan yang rapi.

7. Ringkasin: Ringkasan Disesuaikan untuk Bahasa Inggris dan Indonesia

Ringkasin, dengan antarmuka minimalisnya, memungkinkan pengguna untuk memilih persentase ringkasan yang diinginkan. Mendukung bahasa Inggris dan Indonesia, situs web ini adalah alat serbaguna untuk merangkum konten dalam dua bahasa utama.

8. Citelighter: Identifikasi Poin Penting

Citelighter adalah alat yang membantu mengidentifikasi poin-poin penting dalam teks dan membuat ringkasan berdasarkan poin-poin tersebut. Ini berguna untuk membantu siswa dalam membuat catatan atau memahami teks.



9. CliffsNotes: Analisis Ringkasan Online

CliffsNotes adalah sumber daya online yang terkenal untuk merangkum dan menganalisis karya sastra dan literatur. Ini sangat berguna bagi siswa atau siapa pun yang ingin memahami isi buku dengan cepat.

10. Google Docs

Google Docs memiliki alat “Outline” yang dapat membantu Anda membuat struktur dan ringkasan dokumen dengan mudah.

Tips Merangkum Online

1. Pahami Tujuan Merangkum

Tentukan tujuan Anda merangkum. Apakah Anda ingin mendapatkan gambaran umum, mengidentifikasi poin-poin utama, atau mendapatkan detail penting?

2. Baca Secara Cermat

Baca teks atau artikel secara cermat untuk memahami konteks dan informasi utama yang disampaikan. Jangan terburu-buru merangkum sebelum memahami secara keseluruhan.

3. Identifikasi Poin-Poin Utama

Cari poin-poin utama atau ide sentral dalam teks. Fokus pada paragraf pembuka, paragraf penutup, dan subjudul untuk mengidentifikasi inti dari masing-masing bagian.

4. Gunakan Gaya Bahasa Anda Sendiri

Tuliskan rangkuman dengan menggunakan gaya bahasa Anda sendiri. Ini akan membantu Anda memahami dan mengingat informasi dengan lebih baik.

5. Singkat dan Padat

Saat merangkum, usahakan untuk mengurangi teks menjadi bentuk yang lebih singkat dan padat. Hilangkan detail yang kurang penting.

6. Jangan Hilangkan Konteks

Meskipun Anda ingin membuat ringkasan yang lebih singkat, pastikan tetap menjaga konteks dan informasi penting. Jangan sampai ringkasan Anda menjadi tidak jelas atau tidak bermakna.

7. Jangan Plagiarisme

Saat merangkum, pastikan Anda mengutip atau memberikan kredit kepada sumber asli jika Anda mengambil kata-kata atau ide dari sana.

8. Gunakan Poin-Poin dan Garis Besar

Gunakan poin-poin dan garis besar untuk membantu mengatur informasi dengan jelas. Ini dapat membantu Anda melihat struktur dan urutan poin dengan lebih baik.

9. Baca Ulang dan Koreksi

Setelah merangkum, baca ulang rangkuman Anda dan perbaiki kesalahan tata bahasa atau kesalahan lainnya. Pastikan rangkuman masih akurat dan bermakna.

10. Praktek Terus-Menerus

Semakin Anda berlatih, semakin terampil Anda dalam merangkum. Cobalah merangkum berbagai jenis teks, dari artikel berita hingga bahan studi.

11. Manfaatkan Alat Online

Gunakan alat-alat online seperti yang telah disebutkan sebelumnya, seperti SMMRY atau Resoomer, untuk membantu Anda merangkum dengan lebih efisien.

12. Fokus pada Ide Utama

Ingatlah bahwa tujuan merangkum adalah untuk menyampaikan ide-ide utama secara singkat. Hindari terjebak dalam detail yang tidak relevan.

Di era digital, membaca tidak perlu lagi membuat kewalahan. Situs web ringkasan online dapat menyederhanakan proses tersebut, memungkinkan Anda menyerap informasi tanpa tenggelam dalam teks panjang. Baik Anda pecinta bahasa, mahasiswa, atau profesional, alat-alat ini dapat signifikan meningkatkan pengalaman konsumsi informasi Anda. Coba dan mulailah perjalanan membaca yang efisien dan efektif.

Baca juga: Pengalaman telat bayar kredivo


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!