pengalaman telat bayar kredivo

Pengalaman Telat Bayar Kredivo Lengkap Dengan Solusi Mengatasinya

Pengalaman telat bayar Kredivo menjadi salah satu ketakutan para nasabah pinjaman online. Kredivo akan menangguhkan atau memblokir akun nasabah dan akan memberikan peringatan kepada nasabah yang telat membayar. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut jawaban beserta beberapa hal lain terkait kredit Kredivo.

Apa Itu Kredivo?

Dilansir dari Kredivo Corporation, Kredivo merupakan layanan teknologi keuangan untuk membeli produk secara kredit di ritel. Kredivo menyediakan layanan kredit instan atau pinjaman online yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan pembelian produk secara online atau offline dan membayar nanti dengan fasilitas pembayaran yang fleksibel.

Kredivo banyak diminati karena syarat pengajuan yang mudah, untuk mengajukan pinjaman, nasabah hanya harus berstatus WNI dan berdomisili di Indonesia, berusia 18 sampai 60 tahun, dan berpenghasilan minimal Rp3.000.000/bulan.

Kredivo juga menawarkan pinjaman dengan bunga yang relatif rendah, untuk beli sekarang dan bayar nanti dalam tenor 1-3 bulan, maka tidak dikenakan bunga sama sekali (0%), sedangkan untuk tenor 6 bulan serta kelipatannya hingga 24 bulan, hanya dikenakan bunga sebesar 2.6%. Oleh sebab itu Kredivo banyak diminati untuk memudahkan dalam pembelian kredit.

Baca juga : Ingin Mendapat Lowongan Kerja Langsung Diterima? Simak Tipsnya

Konsekuensi Telat Bayar dalam Aplikasi Kredivo

Sama dengan sistem pinjaman lainnya, telat bayar Kredivo juga memiliki konsekuensi tersendiri, apabila nasabah tidak membayarkan tagihan pada tanggal jatuh tempo, Kredivo akan memblokir akun nasabah tersebut, hingga pelunasan dibayarkan.

Kredivo juga akan memberikan peringatan secara terus menerus sebelum tagihan dibayarkan, jika nasabah tidak membayar tagihan maka pihak Kredivo akan menempuh jalur hukum berdasarkan surat perjanjian. Kredivo juga akan melaporkan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga kedepannya akan menyulitkan nasabah apabila ingin mengajukan pinjaman.

Kredivo juga menerapkan sistem denda tambahan bunga sebesar 4% transaksi tenor cicilan atau 4% transaksi tenor 1 bulan, dan denda keterlambatan sebesar 6% dari jumlah tagihan.

Solusi Telat Bayar di Kredivo

Jika Anda sudah terlanjur telat dalam membayar tagihan di Kredivo berikut beberapa solusi untuk mengatasi telat bayar:

1. Konsultasikan pembayaran

Saat Anda merasa kesulitan untuk membayar tagihan hubungi pihak Kredivo, buat negosiasi atas keterlambatan pembayaran dan diskusikan masalah yang ada. Kemudian tanyakan apakah mereka bisa membuat pembayaran menjadi sedikit fleksibel.



2. Evaluasi keuanganmu

Setelah mendapatkan sedikit kelonggaran dari pihak Kredivo, cari tahu masalah keuangan Anda.  Apa penyebab keterlambatan pembayaran, perhatikan pendapatan dan pengeluaran, jangan sampai pengeluaran lebih besar dari pendapatan per bulannya.

3. Prioritaskan pelunasan

Setelah mengetahui sumber masalah pada keuanganmu, prioritaskan pelunasan terlebih dahulu, hindari berlaku konsumtif, agar tidak lupa membayar tagihan tiap bulannya. 

Cara Menghindari Denda di Kredivo

Cara menghindari denda di Kredivo yang paling ampuh adalah membayar tagihan secara rutin sebelum jatuh tempo. Tidak ada cara lain untuk menghindari denda selain membayar tepat waktu, saat telat membayar sesuai dengan peraturan dan perjanjian maka akan dikenakan denda.

Baca juga: Cara transfer pulsa telkomsel

Apakah Kredivo Menggunakan Debt Collector ?

Apabila nasabah dinilai berpotensi gagal melunasi tagihannya, maka Kredivo akan menunjuk seorang debt collector untuk menagih secara langsung.

Debt collector adalah orang yang bertugas untuk melakukan penagihan kepada nasabah yang berpotensi gagal melunasi tagihan, selain bertugas menagih hutang, seorang debt collector juga bertugas untuk melakukan negosiasi, membantu nasabah untuk melakukan pembayaran yang lebih fleksibel, seperti menentukan jumlah dan waktu pembayaran.

Kapan Penagihan Kredivo oleh Debt Collector?

Mengutip pada laman perjanjian Kredivo, pihak Kredivo akan melibatkan pihak ketiga atau debt collector, saat nasabah tidak dapat membayar tagihan dalam waktu dua bulan atau 60 hari setelah jatuh tempo, nasabah juga bertanggung jawab terhadap seluruh biaya yang timbul berdasarkan ganti rugi.



Area Penagihan Debt Collector Kredivo

Meskipun menggunakan debt collector namun Kredivo tidak menagih semua nasabah yang telat membayar tagihan. Debt collector hanya akan menagih nasabah dengan tunggakan terbesar dan lama belum melakukan pembayaran.

Area penagihan debt collector Kredivo meliputi Sukabumi, Batam, Bandung, Karawang, Cirebon, Cikarang, Jabodetabek, Surabaya, Kudus, Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Balikpapan, dan Medan.

Itulah pengalaman telat bayar Kredivo dan bagaimana cara mengatasinya, pinjaman online seperti Kredivo hadir untuk memudahkan dalam memenuhi kebutuhan dengan cara kredit, tapi jangan sampai karena kemudahannya menjadikan Anda lalai dan mengabaikan kewajiban untuk membayar tagihan.

Baca juga : Pengalaman Telat Bayar Kredit Pintar Lengkap Dengan Solusi Menghadapinya


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.