Cara menjadi penulis lepas

Cara Menjadi Penulis Lepas, Berikut Tips dan Triknya

Belakangan profesi menjadi seorang penulis lepas memang sangat diminati banyak kalangan, namun meski demikian tahukah kalian bagaimana cara menjadi penulis lepas? Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut, lantas berikut beberapa pengetahun yang perlu kalian ketahui.

Penulis seperti diketahui memang bertugas menulis apa saja informasi yang nantinya akan dibagikan kepada para pembaca. Dengan tugas di atas, maka dapat disimpulkan jika tugas dasar penulis adalah membuat pembaca paham mengenai apa yang Anda sampaikan.

Untuk bisa mencapai tujuan tersebut, tentunya dibutuhkan tips dan trik dasar yang wajib penulis miliki. Apa saja tips dan trik tersebut tentunya akan kita bahas dalam kesempatan ini. 

Cara Menjadi Penulis Lepas dengan Cepat

Secara umum, setiap orang dapat menjadi seorang penulis. Namun meski demikian, tidak semua orang dapat memiliki kemampuan dan kualitas yang baik bagi seorang penulis. Untuk bisa menjadi seorang penulis berkualitas, maka berikut beberapa cara yang bisa dilakukan. 

1. Ikut kursus online

Cara menjadi penulis lepas yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengikuti kursus online mengenai dunia kepenulisan. Pada era modern seperti sekarang, sudah ada banyak kursus online yang menyajikan berbagai ilmu-ilmu mengenai kepenulisan. 

Untuk masalah biaya, Anda juga tidak perlu cemas karena biasanya kursus-kursus online tersebut tidak memerlukan biaya yang cukup besar. Dengan banyaknya kursus online yang kalian ambil, maka Anda akan mendapatkan banyak wawasan mengenai dunia kepenulisan. 

2. Menulis di blog

Cobalah untuk mulai memanfatkan banyaknya platform di internet di mana dapat mengasah kemampuan menulis yang kalian miliki. Penting untuk diingat, salah satu cara menjadi penulis lepas adalah membuat portofolio.

Portofolio yang kalian nantinya buat juga bisa disajikan ke dalam blog. Lewat cara tersebut, tidak sedikit agensi atau perusahaan yang akan tertarik dengan tulisan yang kalian muat di blog. 

Baca juga: Cara menjadi reporter dan apa saja tugasnya?

3. Membaca secara konsisten

Cara menjadi penulis lepas yang harus dilakukan adalah memiliki kebiasan untuk membaca. Seorang penulis akan mahir jika dirinya sering membaca bahan bacaan, baik itu yang dimuat di media online maupun offline. 

Lewat kebiasaan membaca tersebut, nantinya kalian akan mendapatkan kosakata baru yang bisa diaplikasikan ke dalam tulisan. Semakin banyak kosakata yang diketahui, maka secara otomatis juga akan semakin bervariasi juga hasil tulisan yang dibuat. 



4. Tergabung dalam komunitas penulis lepas

Jaringan merupakan salah satu kunci untuk bisa menjadi seorang penulis lepas. Oleh sebab itu, cobalah untuk mulai bergabung ke dalam komuniktas penulis lepas, baik itu online maupun offline. 

5. Siapkan Portofolio

Setelah di atas dibahas mengenai beberapa cara untuk bisa menjadi penulis lepas, maka selanjutnya penting juga bagi kalian untuk mulai menyiapkan portofolio tulisan. Tahapan ini tentu sangat penting karena setiap perusahaan biasanya akan meminta portofolio.

Dalam hal ini, portofolio yang diminta juga harus berupa dokumen di mana isinya akan memperlihatkan skill dan fleksibilitasmu sebaga seorang penulis. Oleh sebab itu, jangan pernah ragu untuk mencantumkan karya-karya terbaik yang pernah Anda buat. 

Ingat juga, untuk menyertakan tulisan dengan topik yang berbeda satu sama lainnya. Harapannya, perusahaan akan melihat kalian sebagai kandidat yang memiliki pengetahuan cukup luas. 

6. Asah Skill Manajemen Waktu

Terakhir, kalian juga harus mulai melatih skill dalam manajemen waktu. Bicara soal cara menjadi penulis lepas tentu akan selalu berkaitan dengan deadline. Pasalnya, setiap klien memiliki batas waktu penerbitan yang berbeda satu sama lainnya. 

Kalian bisa coba mengembangkan skill manajemen waktu secara perjalan. Contohnya, Anda bisa mulai memperkirakan beban kerja yang diterima dengan waktu penyelesainnya. Gunakan waktu terbaik sehingga Anda tidak perlu membuang-buang waktu. 

Secara umum, cara menjadi penulis lepas memang dibutuhkan waktu yang cukup panjang. Cobala untuk jalani setiap proses dan semua langkah di atas dengan sabar. Apabila berhasil melewati semua prosesnya, maka kalian sudah siap untuk menjadi penulis.

Demikian beberapa tips dan trik bagaimana untuk menjadi seorang penulis lepas. Lewat informasi cara menjadi penulis lepas di atas, Anda akan memiliki modal besar untuk bisa menjadi seorang penulis hebat. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!