cara mengecilkan ukuran foto menjadi 200 kb

5 Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 Kb dengan Mudah

Dalam Aktivitas sehari-hari seperti di kampus, sekolah maupun pekerjaan kerap diminta melakukan unggahan foto menggunakan ukuran tertentu. Oleh karena itu di dalam artikel ini kami akan mengulas cara melakukan kompres atau mengecilkan foto hingga 200kb secara online. Anda tidak perlu repot melakukannya karena caranya cukup mudah dan praktis. Yuk Simak!!!

Baca juga: Cara Mengganti Background Foto Gratis Tanpa Aplikasi, Ini 10 Tipsnya Untuk Anda!

Keuntungan Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 Kb 

Dilansir dari TechTarget,mengecilkan ukuran foto lebih banyak gambar dapat disimpan dalam ruang memori. Berikut ini beberapa keuntungan mengecilkan ukuran foto menjadi 200 Kb yaitu :

1. Menghemat Ruang Penyimpanan

Gambar-gambar dengan ukuran file yang besar dapat mengambil banyak ruang penyimpanan di perangkat Anda, terutama jika Anda memiliki banyak foto. Dengan mengompresi gambar-gambar tersebut, Anda dapat menghemat ruang penyimpanan yang berharga.

2. Pemrosesan Lebih Cepat

 Gambar dengan ukuran file yang lebih kecil akan memuat lebih cepat, baik saat Anda membagikannya online atau memuatnya di situs web. Ini meningkatkan pengalaman pengguna dan mengurangi waktu pemuatan.

3. Pengiriman Lebih Efisien

 Ketika Anda perlu mengirim gambar melalui email, pesan teks, atau platform berbagi file, ukuran file yang lebih kecil akan membuat pengiriman menjadi lebih efisien. Ini dapat menghemat waktu dan bandwidth.



4. Kesesuaian dengan Batasan Platform

Beberapa platform online atau aplikasi memiliki batasan pada ukuran file yang dapat Anda unggah. Dengan mengompresi gambar hingga ukuran file yang sesuai, Anda memastikan bahwa gambar tersebut dapat diunggah tanpa masalah.

5. Peningkatan Kinerja Situs Web

Jika Anda memiliki situs web, mengkompres gambar-gambar yang Anda unggah ke situs tersebut akan membantu mengurangi beban server dan mempercepat waktu pemuatan halaman. Ini juga dapat mempengaruhi peringkat SEO situs Anda.

Baca juga: 4 Cara Menggabungkan Foto Menjadi PDF Sangat Mudah

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 Kb 

1. Melakukan Format Ukuran Foto via Aplikasi Photo Compress 2.0

Cara mengecilkan ukuran foto menjadi 200 Kb pertama yaitu Anda dapat memakai aplikasi bernama Photo Compress 2.0. Developer. Adapun memiliki tampilan yang cukup simpel. Format foto lewat aplikasi ini sangat bagus kualitasnya. Adapun nilai kalau Anda memakai aplikasi yang satu ini yakni And akan bebas dari segala iklan yang cukup mengganggu.

  • Hal pertama Anda dapat mengunduh aplikasi Photo Compress 2.0 lebih dulu. Setelah aplikasi terpasang pada HP, Anda dapat menjalankan aplikasi lalu menemukan tiga menu utama yang adalah keunggulan Photo Compress 2.0 tersebut.
  • Tiga menu itu yakni Galeri, Kamera serta kompres Ukuran Foto. Jika foto yang akan Anda atur ukurannya telah ada di dalam galeri, maka Anda dapat menekan tap menu Galeri. Akan tetapi kalau foto yang ingin diganti belum ada, maka dapat mengetuk Kamera.
  • Sesudah memilih foto sesuai keinginan, selanjutnya akan tampak beberapa ukuran foto yang mau dikompres di bagian atas.
  • Cukup dengan mengetuk opsi COMPRESS. Cocokkan tingkat ukuran yang Anda inginkan. Anda dapat menggeser slider yang tampak.
  • Ketika slider yang digeser semakin tinggi, akan membuat kualitas foto menjadi berkurang. Oleh karena itu sebaiknya gunakan sampai di atas 60 persen agar dapat menjaga kualitas.

2. Melakukan Format Ukuran Foto via Photoshop

Cara mengecilkan ukuran foto menjadi 200 Kb selanjutnya melalui aplikasi Photoshop yang sangat terkenal ini. Software ini tidak hanya diperuntukkan untuk mengedit foto ataupun gambar saja, namun bisa dipakai ukuran foto berdasarkan pada kebutuhan Anda. Adapun cara pemakaiannya tidaklah sulit yakni seperti berikut:

  • Masuk ke Photoshop yang ada di laptop Anda. Kalau belum ada, Anda dapat mengunduh dan menjalankannya lebih dahulu.
  • Sesudah selesai, Anda dapat tap opsi Open agar memilih foto dengan ukuran sesuai keinginan atau 200 kb.
  • Langkah berikutnya buka file dan pilih opsi save for web. Lalu akan tampil pop-up window.
  • Saat memakai Photoshop Anda cukup mengenal tiga hal ini saja yaitu Quality, Preset serta Image Size.
  • Anda dapat memastikan jika kualitas penyimpanan foto yaitu JPG Medium.
  • Lalu Anda dapat mengatur ukuran foto misalnya 700 x 465 pixels.
  • Tahap terakhir yakni dengan menyimpan langsung dengan klik Save


3. Melakukan Format Ukuran Foto via Ms Office Picture Manager

Kemudian cara mengecilkan ukuran foto menjadi 200 Kb bisa melalui Microsoft Office Picture Manager yang telah Ada di laptop Anda. Maka tidak perlu lagi repot mengunduh aplikasi ataupun mengganti ukuran foto yang Anda inginkan. Adapun cara yang bisa dilakukan seperti berikut ini:

  • Masuk ke Microsoft Office Picture Manager di laptop kemudian arahkan kursor di sebelah kanan.
  • Ketuk Open With dan dan dapat langsung pilih Microsoft Office Picture Manager agar mengganti ukuran foto.
  • Tap Pilih dan klik Edit Picture.
  • Sesudah itu Klik Compress Picture.
  • Anda dapat melihat perbandingan hasil file sebelumnya ke file yang baru berdasarkan pada folder penyimpanan.
  • Kalau sudah cocok dengan keinginan, pilih OK dan proses selesai.

4. Melakukan Format Ukuran Foto via Imgonline

Cara mengecilkan ukuran foto menjadi 200 Kb selanjutnya memakai Imgonline. Imgonline merupakan web yang bisa mengecilkan ukuran foto. Web kompres cukup populer sudah dipakai banyak orang untuk melakukan kompres foto. Adapun caranya tidaklah sulit, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini:

  • Masuk ke browser di laptop dan akses imgonline.com.ua/eng.
  • Akan muncul beberapa fitur seperti Resize, Compress Convert sampai Effect.
  • Kalau Anda mau mengganti ukuran foto maka maka dapat pilik menu Compress.
  • Ada dapat langsung memilih opsi Choose File agar memilih file foto yang mau diedit ukurannya.
  • Setelah itu kamu akan melihat jendela baru di mana kamu bisa mencari foto/gambar yang ingin diubah ukurannya.
  • Klik Size reducing in megapixels pada 20 maupun 30 persen. Kalau Anda mau ukuran yang lebih kecil dapat memilih 60 persen.
  • Sesuda mengatur ukuran kompres fotonya, Anda klik OK agar memulai proses pengecilan foto.
  • Sesudah itu pada layar akan tampil halaman baru yang berisi ukuran dari file yang Anda kompres tadi. Klik ‘Download processed image’ untuk menyelesaikannya.

5. Melakukan Format Ukuran Foto via TinyJPG

  1. Buka peramban web Anda dan kunjungi situs web TinyJPG di https://tinyjpg.com/.
  2. Klik atau seret dan lepaskan file gambar yang ingin Anda kompresi ke area yang tersedia di situs web TinyJPG. Anda juga dapat mengunggah beberapa gambar sekaligus dengan mengeklik “Tambahkan lebih banyak file.”
  3. TinyJPG akan secara otomatis mengompresi gambar-gambar yang Anda unggah. Anda akan melihat indikator kemajuan yang menunjukkan proses kompresi. Tunggu sampai proses selesai.
  4. Setelah selesai dikompresi, TinyJPG akan menampilkan gambar-gambar yang telah diubah dengan ukuran yang lebih kecil. Klik “Unduh semua” atau unduh satu per satu dengan mengklik ikon tanda panah di samping setiap gambar. Gambar yang telah dikompresi akan memiliki ekstensi .jpg.
  5. Setelah mengunduh gambar-gambar yang telah dikompresi, periksa ukuran file mereka. Pastikan bahwa ukuran file setiap gambar tidak melebihi 200 KB. Jika masih terlalu besar, Anda mungkin perlu mengkompresinya lebih lanjut atau memilih gambar dengan resolusi yang lebih rendah.

Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!