cara menggabungkan foto menjadi pdf

4 Cara Menggabungkan Foto Menjadi PDF Sangat Mudah

Cara menggabungkan foto menjadi pdf sangat mudah dilakukan baik menggunakan aplikasi atau melalui website. Pada beberapa keadaan seseorang biasanya diminta menggabungkan beberapa gambar menjadi satu.

Misalnya ketika mendaftar sebuah pekerjaan atau hal lainnya, biasanya dokumen dalam bentuk gambar diminta untuk disatukan menjadi format pdf.

Selain itu menjadi hal yang akan mempermudah dalam pengiriman berkas melalui email agar lebih simpel. Jika ukuran pdf cukup besar, maka bisa juga dikecilkan ukurannya.

Berbagai Cara Menggabungkan Foto Menjadi PDF

Cara menggabungkan beberapa foto ke pdf bisa dilakukan baik pakai aplikasi atau tanpa aplikasi. Jika Anda ingin tau caranya simak penjelasan berikut.

1. Melalui Microsoft Word

Apakah Anda tahu cara mengonversi banyak file gambar atau foto menjadi satu file PDF? Caranya tentu saja sederhana, tinggal meletakkan semua gambar di halaman Word dan mengatur ukuran gambar.

Langkah pertama silahkan copy gambar dan paste ke halaman Word. Atur juga ukuran halaman word dengan kertas A4 atau lainnya kemudian atur margin sesuai dengan keinginan.

Setelah itu atur ukuran pada gambar dan urutan gambarnya. Setelah semuanya siap, simpan file Word dan pilih jenis lainnya atau Anda dapat mengonversi menggunakan situs web dan lainnya.

Baca juga: Cara Menggabungkan 2 Foto Menjadi 1 Tanpa Aplikasi

2. Dengan Aplikasi Nitro PDF

Cara menggabungkan foto menjadi pdf berikutnya dengan memakai aplikasi. Aplikasi yang bisa digunakan adalah Nitro PDF atau khusus file format PDF.

Apliasi ini merupakan salah satu aplikasi paling serbaguna yang dapat sesorang gunakan untuk mengonversi Word, PPT, Excel, dan JPG ke PDF dengan aplikasi tersebut.

Oleh karena itu, aplikasi satu ini memungkinkan Anda mengonversi banyak gambar menjadi satu file. Sebagai langkah awal silahkan install terlebih dahulu aplikasinya.

Setelah itu buka aplikasi Nitro PDF, ada menu Combine di menu HOME, silahkan klik menu tersebut. Atau dapat menekan tombol kombinasi yaitu CTRL + M pada keyboard.

Cara menggabungkan foto menjadi pdf selanjutnya klik Add Files >> Cari folder file gambar akan digabung menjadi satu. Harap pilih semua file gambar yang ingin gabungkan.

Pengguna dapat menggunakan CTRL+A atau klik salah satu file gambar teratas, lalu klik dan tahan SHIFT pada keyboard kemudian pilih gambar paling bawah, maka semua gambar akan terpilih.

Setelah itu klik Open dan pastikan urutan gambar sudah benar. Jika tidak, ubah urutan dengan mengklik dan menahannya atau menyeretnya ke urutan yang benar.

Setelah semua urutan sudah benar, silahkan tekan CREATE, tunggu proses penggabungan file gambar ke PDF selesai. Periksa folder tempat foto berada untuk file PDF yang dikonversi.

3. Melalui Situs Web

Cara menggabungkan foto menjadi pdf adalah menggunakan situs web menawarkan layanan konversi gambar. Ada banyak situs web dapat digunakan guna mengonversi banyak file JPG menjadi satu PDF.

Sebagai langkah awal silahkan kunjungi https://www.ilovepdf.com/id/jpg-ke-pdf lalu tekan Pilih Gambar JPG. Temukan semua file gambar yang ingin dikonversi.

Blok semua file gambar lalu tekan OPEN. Silahkan atur seperti portrait atau landscape, ukuran kertas A4 atau lainnya, tanpa border, dengan border dan lain-lain.

Dalam hal ini, klik Convert to PDF dan tunggu sampai proses konversi selesai. Tunggu file diunduh secara otomatis atau langsung klik UNDUH PDF.



4. Menggunakan Aplikasi JPG to PDF

Cara menggabungkan foto menjadi pdf ini harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Silakan langsung ke Playstore dan unduh APK, itu akan diinstal secara otomatis di ponsel Android.

Jika sudah berhasil diinstal, langsung saja buka aplikasinya. Pertama kali digunakan, ia akan meminta izin untuk mengakses penyimpanan, cukup klik Izinkan untuk mengizinkan aplikasi membaca file di penyimpanan.

Selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih file ingin Anda ubah formatnya. Untuk melakukan ini, ketuk opsi File untuk mencari filenya.

Jika telah mengumpulkan file dalam folder, Anda juga dapat mengetuk opsi Folder. Setelah itu tinggal pilih gambar ingin digabungkan menjadi satu PDF.

Baca juga: 6 Cara Ubah Foto Jadi HD dengan Cepat

Cara menggabungkan foto menjadi pdf selanjutnya adalah centang beberapa gambar yang sesuai kebutuhan. Setelah selesai, maka dapat langsung mengklik opsi DONE di bagian kanan atas.

Pengguna juga dapat menyesuaikan pengaturan untuk file keluaran tersebut yang akan dibuat. Pilih apakah orientasinya potret (vertikal) atau lanskap (horizontal).

Pengguna juga dapat menentukan kata sandi untuk file sebagai keamanan. Saat semuanya sudah siap, silahkan mengetuk Konversi ke PDF untuk memulai proses.

Setelah itu ketuk menu di pojok kiri atas. Cara menggabungkan foto menjadi pdf ini kemudian pilih Buka Folder, maka file akan terlihat di sana secara otomatis.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!