cara mengecilkan ukuran file pdf

5 Cara Mengecilkan Ukuran File PDF dengan Mudah dan Praktis

Cara mengecilkan ukuran file PDF bagi sebagian orang mungkin akan sedikit sulit. Seperti yang diketahui, file PDF kerap mempunyai ukuran yang besar sehingga maka mau tidak mau Anda wajib melakukan file PDF agar lebih kecill. 

Adapun keunggulan File PDF yakni tidak dapat berubah ke aslinya. Ini juga yang membuat ukuran file PDF dapat jadi besar sebab beberapa file media. Misalnya ketika mengupload dokumen daftar kuliah, kerja dan lainnya maka website membatasi ukuran dari file PDF yang diunggah.

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Secara Praktis

Tidak sedikit cara mengecilkan file PDF yang dapat Anda lakukan. Baik itu secara langsung lewat PC, smartphone, laptop, online lewat situs maupun offline dengan memakai aplikasi.

Baca juga: 4 Cara Mengubah Video Menjadi File, Anti Ribet!

1. WorkinTool PDF Converter

Cara mengecilkan ukuran file PDF dapat menggunakan WorkinTool PDF Converter. WorkinTool dapat Anda pakai untuk mengecilkan ukuran PDF pada laptop dengan cukup mudah. Kemudian terdapat beberapa fungsi lain yang dapat dicoba, seperti:

Untuk langkah-langkah cara kompress PDF offline melalui WorkinTool dapat mengikuti tutorial berikut:

  • Download Software WorkinTool PDF Converter lebih dahulu, kemudian install hingga selesai.
  • Kemudian, silahkan masuk ke aplikasinya. Lalu pilih opsi “Compress File“, dan “Upload file PDF”. Masuk ke aplikasi WorkinTool
  • Lalu di bagian “Select Compress“, terdapat dua pilihan Normal Compression dan juga Extreme Compressin. Adan bisa memilih “Normal Compression“. Klik normal dan Convert
  • Kemudian klik tombol “Convert” lalu tunggu hingga prosesnya selesai dilakukan.

2. Microsoft Word

Mungkin sebagian akan berpikir bahwa aplikasi Microsoft Word cuma untuk membuat file dokumen saja. Akan tetapi aplikasi Microsoft Word juga bisa dipakai sebagai cara mengecilkan ukuran file PDF di laptop yang dapat Anda pakai dengan cara offline.

Akan tetapi, cara ini cuma berlaku untuk pengguna jenis Ms Word 2013 ke atas. Microsoft Word mempunyai fitur yang bisa mengecilkan ukuran file PDF. Adapun langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

Masuk ke aplikasi Microsoft Word. Klik menu “File”, lalu “Open” dan klik file PDF yang mau Anda kecilkan. File PDF dengan otomatis akan terkonversi pada bentuk word. Pilih “Ok” agar melanjutkan.

Klik menu “Save As” dan ganti file menjadi bentuk PDF lagi dengan cara memilih opsi “Save As Type : PDF”. Agar mengecilkan ukuran filenya, klik “Optimize for : Minimum Size” kemudian pilih “Save”.

Baca juga: 10 Contoh Surat Lamaran Kerja PDF Yang Baik Dan Benar

3. SmallPDF

Cara mengecilkan ukuran file PDF kali ini dapat dilakukan dengan tanpa aplikasi, yakni lewat situs SmallPDF. Dari namanya juga Anda telah tahu bagaimana menjelaskan fungsinya, yaitu mengecilkan ukuran file PDF.:

  • Langkah pertama masuk ke situs SmallPDF
  • Tap “pilih file”, lalu drop file PDF yang mau dikecilkan lewat smartphone Anda
  • File lalu akan terkompres secara otomatis. Tunggu hingga prosesnya selesai hingga 100%
  • Sesudah proses kompres selesai, klik “Unduh File Sekarang”. Maka ukuran file akan berkurang dengan tidak bisa mengubah isi di dalamnya.


4. PDF Compressor

Cara mengecilkan ukuran file PDF selanjutnya yakni melalui PDF Compressor yang kerap dipakai untuk kompress PDF online. Adapun tools ini yang paling banyak dipakai dari SmallPDF. Keunggulan situs ini yaitu hasilnya yang tidak mengurangi kualitas isi file yang dikompres.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

  • Masuk ke situs PDFCompressor
  • Lalu “Upload File” maka akan tampil banyak file Anda. Carilah file PDF yang mau Anda kompres. Tunggu beberapa waktu sampai proses kompres berhasil dilakukan.
  • Pilih “Unduh” file yang telah dikompres, lalu Anda akan memperoleh file PDF menggunakan ukuran yang lebih kecil.

5. SodaPDF

Kemudian terdapat SodaPDF, Situs ini adalah cara kompres PDF offline berdasarkan kebutuhan yang tidak terdapat di situs yang lainnya. Untuk yang sedang tidak online, maka SodaPDF juga menawarkan bentuk offline yakni aplikasi yang dapat Anda pakai kapan saja dengan install.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Upload file yang mau dikompres melalui klik “Choose File”
  • Lalu pilih kualitas, yakni low quality, good quality hingga high quality. Sesudah selesai, pilih “Compress PDF Files” lalu tunggu hingga beberapa saat.
  • Pilih “Unduh File” untuk mendownloadnya. Selesai.

Baca juga: Cara Menggabungkan File Word dengan Mudah!

Melalui cara ini, Anda tidak perlu repot menghapus file lama untuk menyimpan data yang baru, seluruh data menjadi aman terkendali. Adapun cara mengecilkan ukuran file PDF di atas cukup mudah dilakukan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!