Cara menggabungkan file word dengan mudah

Cara Menggabungkan File Word dengan Mudah!

Apakah Anda sedang membutuhkan cara menggabungkan file Word dengan mudah? Maka tulisan ini Kami harapkan dapat menjadi solusi terbaik untuk permasalahan tersebut.

Sebelum membahas lebih jauh seputar penggabungan, sebagai pengguna dari Microsoft Word mungkin Anda perlu mengetahui pengertian perangkat lunak itu sendiri sedikit lebih rinci.

Microsoft Word adalah sebuah program yang menjadi bagian dari paket intalasi Microsoft Office pada PC atau laptop, bahkan HP. Tugas dari sistemnya meliputi, mengedit, membuat, serta memformat berbagai dokumen yang ada.

Dan tugas utamanya merupakan pengolahan data atau biasa disebut word processing. Dari sinilah Anda bisa menghasilkan banyak hasil ketikan dengan berbagai jenis format, surat, berkas kerja, brosur, buku, jurnal, kartu nama, serta data lainnya.

Lalu bagaimana cara menggabungkan file Word dengan mudah? Simak penjelasan berikut ini!

Baca juga: Cara menghilangkan garis merah di word

Cara Menggabungkan File Word dengan Mudah!

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Microsoft Word sangat berguna untuk mengolah data pada sebuah dokumen, demi bisa menghasilkan satu lembar hingga berlembar-lembar informasi secara digital dan dapat dicetak.

Bisa dikatakan juga jika Microsoft Word sudah menjadi kebutuhan primer untuk masyarakat dunia. Mulai dari berbagai kalangan, usia bahkan bidang pekerjaan dan aktivitas menggunakan perangkat lunak tersebut.

Fiturnya yang lengkap dengan banyak cara pemanfaatannya, sangat menunjang pengguna untuk bisa merasa nyaman, efisien waktu dan bekerja secara produktif. 

Untuk cara menggabungkan file Word dengan mudah ini juga, Anda tidak harus meng-copy dan paste file secara satu per satu, dan hanya perlu mengikuti langkah berikut :

  1. Pertama, tentu saja hal yang harus Anda lakukan adalah membuka dokumen dari Microsoft Word, dapat melalui PC atau laptop.
  2. Carilah titik menggunakan kursor, untuk meletakan halaman dokumen lain akan digabungkan.
  3. cara menggabungkan file Word dengan mudah tahap ketiga, mengklik ‘Insert’, setelahnya ‘Object’ lalu ‘Text From File’. Maka akan muncul opsi baru yaitu, ‘Insert File’.
  4. Setelah menekan opsi tersebut, pilihlah file yang akan Anda gabungkan, lalu ‘Insert’.
  5. Pada tahap ini, dokumen kedua sudah secara otomatis digabungan ke dokumen kedua.

Sebagai tambahan penjelasan, Anda bukan hanya bisa menggabungkan dua file saja, tetapi dari beberapa dokumen. Caranya hampir sama dengan tahapan tersebut, namun ketika muncul ‘Insert File’, pilihlah semua file yang ingin dimasukan.

Lebih tepatnya, memilih sambil menekan tombol CTRL, setelahnya jangan lupa klik, ‘Insert’.

Baca juga: Cara membuat powerpoint di hp

Cara Melihat Perbandingan File Penggabungannya

Cara menggabungkan file Word dengan mudah sudah Anda ketahui, kini hanya tinggal memeriksa ada tidaknya kesalahan ketika proses tersebut. Sebab itu, perlu melakukan perbandingan dengan file sebelumnya.

Cara ini berasal langsung dari website resmi Microsoft Word dan Kami mudahkan dari segi penjelasannya, sepeti berikut :

  1. Setelah mengikuti cara menggabungkan file Word dengan mudah sebelumnya, Anda bisa mengklik ‘Review,’ lalu ‘Compare’ dan terakhir ‘Combine’.
  2. Lalu akan muncul dokumen asli serta dokumen yang mungkin akan direvisi.
  3. Klik panah bawah pada bagian dokumen asli, dan memilih dokumen yang akan ditinjau. Apabila Anda memerlukan pencarian lokasi file, klik ikon folder. Dan perlu diingatkan dokumen tersebut merupakan file asli tanpa modifikasi.
  4. Pada bagian bawah dokumen yang akan direvisi, pilihlah file yang ingin digabungkan.
  5. Sesaat kotak label perubahan muncul, berilah nama sehingga Anda tahu file mana yang menyarankan perubahan.
  6. Setelahnya, klik opsi lainnya agar bisa menggabungkan dokumen.
  7. Jika sudah muncul, ‘Perlihatkan Perbuahan Dalam’ maka klik, dan dilanjutkan dengan memilih ‘Dokumen Baru’, lalu ‘OK’.

Ketika Anda selesai melakukan beberapa tahapan ini, secara otomatis Microsoft Word akan memperlihatkan dokumen baru yang sudah digabungkan dengan dokumen asli. Serta salinan yang diinginkan.

Visual pada layar Anda nantinya akan terbagi menjadi tiga, satu untuk memperlihatkan dokumen revisi, tengah file gabungan, dan bagian ketiga terbagi lagi menjadi dua yaitu, dokumen asli dan dokumen telah direvisi.

Jika setelah tampilan layar terbuka semua dan Anda justru pusing karena mengganggu pandangan, maka bisa melakukan pengaturan pada informasi layar. Silahkan klik ‘Bandingkan Dokumen’, setelahnya, ‘Perlihatkan Dokumen’, terakhir, ‘Sembunyikan Dokumen’.

Masih ada banyak lagi fitur penting pada Microsot Word yang mungkin bisa Anda gunakan ke depannya. Dan cara menggabungkan file Word dengan mudah ini diharapkan mampu memperlancar pekerjaan Anda.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!