cara menawarkan produk ke pelanggan dengan efektif

Cara Menawarkan Produk ke Pelanggan dengan Efektif

Belakangan banyak orang yang menanyakan cara menawarkan produk ke pelanggan dengan efektif. Tidak bisa dipungkiri, porsi signifikan dari pengembangan bisnis secara keseluruhan adalah penjualan. Penjualan berfungsi sebagai tolak ukur keberhasilan perusahaan.

Untuk memastikan penjualan berhasil, Anda harus memiliki teknik yang efektif. Oleh karena itu, sangat penting bagi  untuk memahami cara menawarkan sesuatu, terutama jika ingin mengembangkan perusahaan agar lebih besar.

Mampu mengemas hal-hal umum dengan cara yang menarik bagi konsumen atau calon pelanggan adalah ide yang bagus. Ini adalah komponen dari rencana pemasaran. Hasilnya, produk tersebut dapat berhasil dijual di pasar, yang secara alami meningkatkan profitabilitasnya.

Penawaran adalah komponen strategi pemasaran, yang merupakan fondasi bisnis. Jadi, pelajari cara menyediakan produk yang berkualitas sehingga penjualan bisa meningkat.

Cara Menawarkan Produk ke Pelanggan dengan Efektif

Berikut ini adalah 10 strategi ampuh untuk mempromosikan produk dan meningkatkan penjualan:

  1. Lakukan Pendekatan Dengan Konsumen

Cara menawarkan produk ke pelanggan dengan efektif adalah melakukan pendekatan yang baik. Dapatkan informasi sebanyak mungkin mengenai informasi pribadi calon pelanggan agar lebih mudah menawarkan sesuatu daripada mempertanyakannya.

Buat koneksi asli dengan pelanggan; hindari paksaan, dan selalu berusaha untuk bersikap ramah ketika memulai percakapan. Kemungkinan untuk menawarkan barang muncul setelah konsumen membuka diri.

  1. Kenali Selera Konsumen

Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan bisa membantu memahami preferensi mereka sehingga Anda dapat menciptakan produk yang sesuai dengan selera.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam menawarkan barang, terutama jika sesuai dengan preferensi pembeli.

Contohnya Anda bisa memperkenalkan lipstik matte pada wanita pecinta lipstik cair. Dalam hal ini, ada dua pendekatan: mencoba meyakinkan pelanggan bahwa lipstik yang diberikan adalah lipstik terbaik, atau mengenali preferensi pelanggan dan meluncurkan barang yang mencerminkan preferensi tersebut.

Baca juga: Cara mendapatkan feedback dari customer

  1. Pahami Kebutuhan Konsumen

Cara menawarkan produk ke pelanggan dengan efektif selanjutnya adalah memahami kebutuhan mereka. Tawarkan hal-hal yang relatif mudah dan sesuai keinginan konsumen. Hal ini akan membuat pelanggan merasa dimengerti.

Misalnya mempertimbangkan keinginan konsumen akan lipstik dengan sifat pelembab yang juga bisa berfungsi sebagai lip balm. Sehingga pelanggan akan merasa seolah-olah kebutuhan mereka terpenuhi.

  1. Sebutkan Keunggulan Produk

Usahakan juga selalu menonjolkan keunggulan produk ketika melakukan penawaran. Dengan menekankan keunggulan produk, Anda bisa menentukan preferensi konsumen. Kalau sudah begitu, pelanggan akan membelinya untuk menambah koleksi mereka sendiri.

Contohnya adalah menonjolkan keunggulan lipstik matte ketika mempromosikan produk tersebut. Dengan cara ini, pelanggan bisa yakin untuk membelinya baik untuk mencoba hal baru atau menambah koleksi pribadinya.

  1. Yakinkan Konsumen bahwa Produk yang Ditawarkan Merupakan yang Terbaik 

Cara menawarkan produk ke pelanggan dengan efektif selanjutnya adalah meyakinkan konsumen terkait produk yang ditawarkan. Juga, tonjolkan manfaat produk untuk menarik perhatian konsumen dan mendorong pembelian.

Seperti contoh menawarkan jenis lipstik matte diatas. Usahakan untuk selalu menonjolkan keunggulan produk yang dipasok dari lipstik tersebut, seperti lebih tahan lama, warnanya lebih kuat, tahan air, dll. 

Dengan begitu, kami yakin konsumen akan tertarik dengan produk yang Anda tawarkan sehingga tertarik untuk membelinya.

Baca juga: Tips memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan

  1. Jangan Menjelekkan Produk Kompetitor

Usahakan untuk selalu mengunggulkan kualitas produk yang ditawarkan tanpa sesekali menjelekkan produk competitor.

Selain karena terkesan keterpaksaan, maka akan mengurangi nilai attitude di mata konsumen. Nilai barang di mata konsumen juga bisa berkurang jika Anda melakukan hal ini.

Sehubungan dengan hal ini, hindari upaya untuk meremehkan barang-barang perusahaan saingan karena hal itu akan merugikan diri sendiri.

Selain itu, mungkin pelanggan yang dihadapinya adalah marketing dari competitor terkait, sehingga akan menjadi bumerang bagi perusahaan.

  1. Tawarkan Produk yang Sesuai Dengan Kebutuhan Konsumen

Cara menawarkan produk ke pelanggan dengan efektif adalah menyentuh sisi lain dari kebutuhan pelanggan untuk menghasilkan produk yang bagus dan sukses.

Selain itu, pelanggan akan merasakan bahwa keinginan dan persyaratan mereka terpenuhi. Untuk menjual barang-barang ini, tarik hati pelanggan.

Misalnya, berusahalah untuk memahami permintaan pelanggan sebelum memilih istilah yang tampaknya memenuhi kebutuhan tersebut. Misalnya, Anda harus memakai lipstik kaya vitamin E jika bibir terasa kering.

  1. Perhatikan Ekspresi Wajah

Mempertahankan sikap yang baik akan membantumu menjual produk yang baik karena pelanggan yang senang akan lebih nyaman untuk mengobrol. Dari sana, ada peluang lebih lanjut untuk menawarkan sesuatu.

Ketika berurusan dengan orang yang ramah, semua orang pasti akan merasa nyaman. Alhasil, memiliki sikap yang baik dan ceria akan membuat pelanggan senang dan meningkatkan kemungkinan mereka untuk membeli barang yang yang ditawarkan.

Agar produk bisa terjual laris dan semakin dikenal masyarakat luas, Anda harus cara menawarkan produk ke pelanggan dengan efektif.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!