cara mendapatkan feedback dari customer

Mudah, Ini Dia Cara Mendapatkan Feedback dari Customer

Belakangan banyak orang yang menanyakan cara mendapatkan feedback dari customer. Tidak bisa dipungkiri, pelanggan memainkan peran penting dalam pertumbuhan perusahaan apapun.

Karenanya, akan lebih mudah bagi Anda untuk memperluas perusahaan, jika lebih banyak pelanggan yang senang atas penawaran terkait. Di sisi lain, jika pelanggan Anda hanya sedikit dan banyak yang tidak repeat, bisa jadi karena layanan yang ditawarkan di bawah standar.

Itu artinya, cara untuk mendapatkan feedback dari customer memang penting. Salah satunya dengan meminta pendapat mereka mengenai produk dan layanan Anda.

Cara Mendapatkan Feedback dari Customer

Berikut lima cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan feedback dari pelanggan. Diantaranya adalah:

  1. Survey

Cara mendapatkan feedback dari customer ini merupakan pendekatan yang sering digunakan. Buat daftar pertanyaan yang memungkinkan perusahaan mendapatkan umpan balik yang jujur ​​dari klien. 

Terlepas dari hal itu, buat kueri yang harus memiliki potensi dan dapat memperoleh respons yang diinginkan dari pengguna. Jadi, selain soal-soal yang meminta jawaban berupa pilihan, juga berisi soal-soal yang meminta esai.

Baca juga: Tips memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan

  1. Live Chat

Melalui aplikasi obrolan langsung, Anda dapat memulai obrolan ketika pelanggan masuk ke situs web tersebut. Dari sini, Anda bisa berbicara dengan pelanggan secara mendalam dan menerima feedback secara langsung.

Juga, cara ini dapat membantumu menjalin hubungan yang lebih kuat dengan klien, memberinya kesan bahwa ada individu yang bekerja di belakang layar dan peduli terhadap feedback tersebut.

  1. Email

Ketika mereka berlangganan layanan atau produk Anda, pastikan customer memasukkan informasi pribadi mereka, termasuk alamat email. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan alamat email ini untuk meminta masukan dari mereka.

Cara mendapatkan feedback dari customer ini, cukup kirim secara teratur, umumnya setiap dua bulan, untuk memeriksa kepuasan mereka terhadap produk terkait dan mempelajari apa yang dapat dilakukan untuk memberikan layanan yang lebih baik lagi.

Oleh karena itu, memberi tahu mereka mengenai produk baru melalui email juga harus mencakup feedback pelanggan.

  1. Media Sosial

Selain situs web untuk menjual barang, Anda perlu membangun profil media sosial, bukan? Pada kenyataannya, media sosial berfungsi sebagai wadah bagi pelanggan untuk mendiskusikan pengalaman mereka atas barang dan jasa serta alat untuk promosi online.

Dengan begitu, Anda bisa membaca komentar dari banyak konsumen yang terhubung satu sama lain di media sosial untuk mengetahui pendapat mereka mengenai produk terkait.

Bagaimana produk Anda dapat memberikan manfaat, atau justru malah merugikan. Oleh karena itu, feedback yang diterima biasanya cukup valid.

Baca juga: Cara membangun hubungan baik dengan pelanggan untuk costumer service

  1. Kotak Komentar

Cara mendapatkan feedback dari customer selanjutnya bisa melalui kotak komentar. Itu artinya, pelanggan selalu dapat mengungkapkan pendapat mereka di bagian komentar.

Terlepas dari hal itu, letakkan kotak komentar di lokasi-lokasi utama sehingga customer dapat menggulir tanpa menutup mata dari hal-hal yang akan mereka beli dan langsung pelajari.

  1. Memberikan Penghargaan Kepada Customer

Pemberian insentif atau penghargaan merupakan cara selanjutnya untuk mengumpulkan feedback konsumen. Ya, Anda bisa melakukan ini sebagai imbalan atas kesediaan mereka dalam memberikan feedback.. Juga, ini menunjukkan bahwa perusahaan peduli dengan klien mereka.

Nantinya klien akan termotivasi dan senang untuk menyelesaikan bagian review. Mengenai insentif yang dapat diberikan, beberapa di antaranya berupa pengurangan ongkos kirim atau penjualan barang tertentu.

Anda juga bisa memberikan insentif dalam bentuk sampel gratis produk terkait. Tentunya dengan menawarkan sampel, ini dapat meningkatkan awareness Anda terhadap produk yang ingin dibuat.

  1. Membuat Angket Untuk Customer

Cara mendapatkan feedback dari customer selanjutnya bisa melalui angket khusus. Disini Anda bisa mencoba membuat kuesioner yang kemudian dapat dibagikan kepada mereka.

Pelanggan dan konsumen dapat ditanyai mengenai berbagai topik dan diminta untuk mengisi kuesioner yang telah dibuat sebelumnya. Jangan lupa untuk membagikan pemikiran Anda mengenai barang terlaris dan yang tidak disukai mayoritas pembeli.

  1. Menjaga Hubungan yang Baik Dengan Customer

Anda mungkin sering bertemu dengan beberapa klien yang menjengkelkan. Tapi, bagi penjual, konsumen adalah raja. Itu artinya, Anda harus memperlakukan mereka dengan sangat hormat, terutama ketika berbicara mengenai produk terkait.

Jangan takut untuk sekedar mendengarkan permintaan, keluhan, komentar, dan gagasan dari mereka. Bahkan jika mereka mengatakan hal-hal yang membuat Anda kesal, mereka tetap akan merekomendasikan produk terkait bukan?

Itu dia caranya dengan mudah. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui keuntungan dan kerugian layanan dari perspektif customer terkait. Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan layanan yang ada untuk mengembangkan perusahaan agar lebih besar menggunakan cara mendapatkan feedback dari customer.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!