cara membatalkan email yang sudah terkirim lebih dari 1 jam

Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim Lebih dari 1 Jam, Mudah Banget!

Cara membatalkan email yang sudah terkirim lebih dari 1 jam ternyata cukup banyak dicari karena ada beberapa orang yang sering salah kirim email. Namun ternyata untuk bisa membatalkan email yang sudah terkirim ini hanya tersedia untuk layanan email dari Outlook.

Sementara saat mengirim email menggunakan layanan Gmail anda tidak akan bisa menarik kembali atau menghapus email yang sudah terkirim selama lebih dari 1 jam. Namun anda tidak perlu khawatir karena jika mengirim email menggunakan layanan Gmail masih bisa ditarik dengan batas waktu yang berbeda.

Selain itu ada juga alternatif lain yang bisa anda lakukan saat ingin membatalkan email yang dikirim ketika menggunakan aplikasi Gmail. Namun cara ini hanya tersedia jika pengguna mengaktifkan fitur tersebut di awal sebelum mengirim pesan dan hanya tersedia dalam waktu singkat.

Apa Itu Email?

Menurut Cloudflare, email merupakan singkatan dari elektonic mail adalah metode komunikasi yang menggunakan perangkat elektronik untuk menyampaikan pesan melalui jaringan komputer.

Email adalah sistem komunikasi elektronik yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima pesan, berkas, atau informasi lainnya melalui internet. Email telah menjadi salah satu bentuk komunikasi yang paling umum dan penting dalam dunia digital dan bisnis saat ini.

Baca juga : Contoh Body Email Lamaran Kerja 

Cara Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim Lebih dari 1 Jam Pada Gmail

1. Masuk Pada Menu Setelan Gmail

Cara pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membuka menu setting atau pengaturan pada aplikasi Gmail dengan klik pada ikon dengan bentuk roda gigi. Kemudian anda klik saja pada tombol lihat semua setelan dan pilih sub menu umum yang biasanya terdapat pada bagian paling kiri.

2. Pilih Opsi Urungkan Pengiriman

Pada bagian sub menu tersebut anda akan menemukan bagian urungkan pengiriman yang biasanya harus scroll terlebih dahulu ke bagian bawah. Anda akan menemukan cara membatalkan email yang sudah terkirim lebih dari 1 jam dengan beberapa pilihan waktu mulai dari 5 sampai 30 detik.

Perlu diperhatikan khusus untuk layanan Gmail ini memang hanya tersedia pilihan 5, 10, 20 sampai 30 detik saja tidak akan bisa menghapus pesan jika sudah terkirim lebih dari 1 jam. Selain itu jika sudah yakin dengan pengaturan yang disiapkan maka anda harus menekan tombol simpan perubahan untuk mengaktifkan pengaturan tersebut.



3. Batalkan Email Terkirim

Jika sudah mengaktifkan periode pengiriman batal kirim maka anda sudah bisa mengirim email dengan opsi pembatalan selama periode waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Namun cara ini hanya bisa dilakukan bagi anda yang sebelum mengirim pesan dan tidak bisa setelah mengirim pesan.

Artinya pesan yang sudah terkirim tidak akan bisa dihapus jika menggunakan layanan pengiriman email menggunakan Google mail. Namun pilihan pengaturan atau fitur ini bisa dibilang mempunyai fungsi yang sama dengan pesan sementara dan bisa digunakan sebagai alternatif.

Baca juga: Lupa Kata Sandi Email? Begini Cara Mudah Mengatasinya

Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim Lebih dari 1 Jam Menggunakan Outlook

Berbeda dengan layanan Gmail, aplikasi pengiriman pesan menggunakan Outlook mempunyai fitur untuk menghapus email yang sudah terkirim lebih dari 1 jam. Simak berikut ini beberapa langkah cara membatalkan email yang sudah terkirim lebih dari 1 jam pada aplikasi Outlook.

  • Pertama anda bisa membuka pengaturan outlook yang mempunyai icon berbentuk roda gigi dan biasa terletak di bagian kanan atas
  • Kemudian anda klik saja pada semua pengaturan outlook untuk menampilkan semua pilihan opsi pengaturan yang bisa anda lakukan
  • Pada bagian menu paling kiri anda bisa pilih email kemudian pilih opsi tulis dan balas
  • Lalu scroll ke bawah sampai anda menemukan bagian batalkan pengiriman
  • Pilih berapa durasi waktu yang anda inginkan untuk menarik pesan dan di sini maksimalnya adalah 10 detik kemudian klik simpan

Setelah menyimpan peraturan tersebut akan muncul tombol pembatalan pengiriman email yang sudah dikirim sebelumnya dan anda bisa melakukan editing atau menghapus email tersebut. Kelebihan dari aplikasi ini anda juga bisa mendapatkan fitur Recall Messages untuk menghapus email yang sudah masuk di inbox penerima.

Namun fitur tersebut hanya tersedia untuk pengguna server microsoft exchange yang sama atau untuk satu perusahaan bisa juga dengan pengguna microsoft 356. Sementara jika anda mengirimkan email dari Outlook ke Gmail maka tidak akan bisa melakukan cara membatalkan email yang sudah terkirim lebih dari 1 jam.

Baca juga: Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus Gratis

Cara Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim Lebih dari 1 Jam di HP Android

1. Buka Aplikasi Gmail

Buka aplikasi Gmail di perangkat Android Anda. Pastikan Anda masuk ke akun yang Anda gunakan untuk mengirim email yang ingin Anda batalkan.

2. Buka “Pesan Terkirim”

Di layar utama Gmail, ketuk ikon tiga garis horisontal di bagian kiri atas untuk membuka menu navigasi. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Pesan Terkirim”. Ketuk opsi ini untuk melihat daftar email yang telah Anda kirim.



3. Pilih Email yang Ingin Dibatalkan

Di dalam folder “Pesan Terkirim”, temukan dan pilih email yang ingin Anda batalkan. Ketuk email tersebut untuk membukanya dalam tampilan penuh.

4. Ketuk “Batalkan Pengiriman”

Setelah email terbuka, Anda akan melihat beberapa opsi di bagian bawah layar. Cari dan ketuk opsi “Batalkan Pengiriman”. Jika Anda tidak melihat opsi ini, kemungkinan lebih dari 1 jam telah berlalu sejak pengiriman email, dan Anda tidak dapat membatalkannya lagi.

5. Konfirmasi Pembatalan

Setelah Anda mengetuk “Batalkan Pengiriman”, Anda akan melihat kotak dialog konfirmasi. Kotak dialog ini akan memberi tahu Anda apakah email berhasil dibatalkan atau tidak. Jika Anda berhasil, akan ada pemberitahuan yang menyatakan bahwa email telah dibatalkan.

6. Periksa Status Email

Setelah membatalkan pengiriman email, tidak ada jaminan bahwa email tersebut tidak akan diterima oleh penerima. Namun, Gmail akan berusaha untuk membatalkan pengiriman secepat mungkin. Untuk memastikan email tidak dikirim, Anda dapat kembali ke folder “Pesan Terkirim” dan memeriksa status email tersebut. Jika email berhasil dibatalkan, akan ada tanda “Dibatalkan” di bawah judul email.

Penting untuk diingat bahwa fitur pembatalan email hanya berlaku dalam jangka waktu yang terbatas, khususnya dalam waktu kurang dari 1 jam sejak pengiriman. Jika lebih dari 1 jam telah berlalu, Anda tidak akan dapat membatalkan pengiriman email menggunakan fitur ini.

Dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat membatalkan email yang sudah terkirim lebih dari 1 jam pada Gmail di perangkat Android Anda. Fitur ini dapat membantu mengatasi kesalahan pengiriman email dan memberikan Anda kesempatan untuk mengoreksi kesalahan dengan mudah.

Baca juga: Kapan Waktu Paling Tepat Mengirimkan Lamaran Kerja Lewat Email

Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim Lebih dari 1 Jam di iPhone

1. Buka Aplikasi Gmail

Buka Aplikasi Gmail di iPhone Anda Untuk memulai proses pembatalan email, buka aplikasi Gmail di iPhone Anda. Pastikan Anda telah masuk ke akun Gmail yang digunakan untuk mengirim email yang ingin dibatalkan.

2. Buka Menu Sent

Buka Menu ‘Sent’ (Terkirim) Di bagian bawah aplikasi Gmail, ketuk opsi ‘Sent’ (Terkirim) untuk membuka daftar email yang telah Anda kirim.

3. Pilih Email

Pilih Email yang Ingin Dibatalkan Cari email yang ingin Anda batalkan dari daftar yang ditampilkan. Ketuk email tersebut untuk membukanya.

4. Pilih Menu

Ketuk Ikon ‘Menu’ Di sudut kanan atas layar, Anda akan melihat ikon ‘Menu’ (tiga titik vertikal). Ketuk ikon ini untuk membuka opsi tambahan.

5. Pilih Undo Send

Pilih ‘Undo Send’ (Batal Kirim) Setelah membuka menu tambahan, gulir ke bawah dan cari opsi ‘Undo Send’ (Batal Kirim). Ketuk opsi ini untuk membatalkan pengiriman email.

6. Konfirmasi Pembatalan

Konfirmasi Pembatalan Email Setelah Anda memilih ‘Undo Send’ (Batal Kirim), Gmail akan menampilkan pop-up konfirmasi. Di sini, Anda akan diberikan beberapa detik untuk memutuskan apakah ingin membatalkan email atau tidak. Jika Anda yakin ingin membatalkannya, ketuk opsi ‘Undo’ (Batal).

7. Verifikasi

Verifikasi Pembatalan Email Setelah Anda memilih ‘Undo’ (Batal), Gmail akan mengkonfirmasi bahwa email telah berhasil dibatalkan. Anda akan melihat pesan yang menyatakan bahwa email telah dikembalikan ke draf Anda.

8. Periksa Kembali

Periksa Draf Email Untuk memastikan email yang ingin Anda batalkan telah dikembalikan ke draf Anda, kembali ke menu utama Gmail dan pilih opsi ‘Drafts’ (Draf). Di sini, Anda harus dapat melihat email yang telah Anda batalkan.

Baca juga: 4 Contoh Body Email Lamaran Kerja Terbaik Dan Lengkap

Cara Mengatur Jeda Waktu / Undo Send pada Fitur Gmail

Cara Mengatur Jeda Waktu / Undo Send pada Fitur Gmail. Sumber: Unsplash.com

Apakah Anda pernah mengalami momen di mana Anda baru saja mengirim email dan langsung menyesal? Jangan khawatir, fitur “Jeda Waktu” atau “Undo Send” pada Gmail dapat menjadi penyelamat Anda. Di bawah ini merupakan cara mengatur jeda waktu atau mengaktifkan fitur “Undo Send” di Gmail untuk membantu Anda menghindari kesalahan pengiriman email yang tidak diinginkan.

  1. Masuk ke Akun Gmail Anda Pertama, buka browser web dan kunjungi halaman Gmail. Pastikan Anda sudah masuk ke akun Gmail yang ingin Anda atur jeda waktu atau aktifkan fitur “Undo Send”-nya.
  2. Akses Pengaturan Gmail Setelah masuk ke akun Gmail, lihat ke pojok kanan atas layar Anda. Anda akan melihat ikon roda gigi yang merupakan ikon “Pengaturan”. Klik ikon tersebut untuk membuka menu drop-down, lalu pilih “Pengaturan”.
  3. Pilih Tab “Pengaturan Umum” Setelah memilih “Pengaturan”, Anda akan dibawa ke halaman pengaturan Gmail. Pilih tab “Pengaturan Umum” di bagian atas halaman untuk melanjutkan.
  4. Cari Opsi “Jeda Waktu Pengiriman” Di halaman “Pengaturan Umum”, gulir ke bawah sampai Anda menemukan opsi yang disebut “Jeda Waktu Pengiriman”. Opsi ini mungkin berada dalam daftar opsi pengaturan yang tersedia.
  5. Aktifkan “Jeda Waktu Pengiriman” Setelah menemukan opsi “Jeda Waktu Pengiriman”, pilih kotak centang di sebelahnya untuk mengaktifkannya. Anda akan diberikan pilihan untuk memilih jeda waktu pengiriman yang diinginkan, seperti 5 detik, 10 detik, atau hingga 30 detik.
  6. Simpan Pengaturan Setelah memilih jeda waktu pengiriman yang diinginkan, jangan lupa untuk mengklik tombol “Simpan Perubahan” di bagian bawah halaman untuk menyimpan pengaturan yang Anda buat.
  7. Uji Fitur “Undo Send” Setelah mengaktifkan “Jeda Waktu Pengiriman”, sekarang Anda dapat menguji fitur “Undo Send”. Saat Anda mengirim email, Anda akan melihat opsi untuk membatalkan pengiriman di bagian bawah jendela komposisi email. Jika Anda mengklik opsi tersebut dalam jeda waktu yang telah Anda atur sebelumnya, email akan dikembalikan ke mode penyusunan sehingga Anda dapat melakukan perubahan atau membatalkan pengiriman sepenuhnya.

Dengan mengatur jeda waktu atau mengaktifkan fitur “Undo Send” di Gmail, Anda memiliki kesempatan untuk memperbaiki atau membatalkan pengiriman email jika terjadi kesalahan atau kekeliruan. Fitur ini sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin memastikan email yang mereka kirim mencerminkan apa yang mereka maksudkan. Pastikan untuk menyimpan pengaturan yang telah Anda atur, dan gunakan fitur “Undo Send” dengan bijak.

Baca juga: Mengenal Etika Mengirim CV Lewat Email yang Benar

Cara Memilih Durasi Waktu untuk Membatalkan Pesan pada Gmail

1. Mengakses Pengaturan Gmail

Langkah pertama adalah membuka akun Gmail Anda dan mengakses menu pengaturan. Anda dapat menemukan ikon pengaturan di sudut kanan atas halaman Gmail. Klik pada ikon tersebut, lalu pilih opsi “Pengaturan” dari menu yang muncul.

2. Memilih Tab “Pengaturan Umum”

Setelah masuk ke menu pengaturan, Anda akan melihat beberapa tab yang tersedia. Pilih tab yang bertuliskan “Pengaturan Umum” untuk mengakses opsi terkait pengiriman pesan.

3. Mengatur Durasi Batas Waktu

Di dalam tab “Pengaturan Umum,” gulir ke bawah sampai Anda menemukan opsi yang berjudul “Durasi Pembatalan Pengiriman.” Klik pada opsi tersebut untuk membuka daftar pilihan durasi yang tersedia.

4. Pilih Durasi yang Sesuai

Gmail menawarkan beberapa opsi durasi waktu yang dapat Anda pilih untuk membatalkan pengiriman pesan. Durasi yang umumnya tersedia adalah 5, 10, 20, dan 30 detik. Pilih durasi yang Anda anggap cocok untuk kebutuhan Anda.

5. Konfirmasi Pengaturan

Setelah Anda memilih durasi waktu, pastikan untuk mengklik tombol “Simpan Perubahan” atau “OK” untuk mengonfirmasi pengaturan Anda. Gmail akan menyimpan preferensi durasi pembatalan pengiriman yang telah Anda pilih.

Sekarang Anda telah berhasil mengatur durasi waktu untuk membatalkan pengiriman pesan pada Gmail. Ketika Anda mengirim pesan, Gmail akan menunjukkan opsi “Batalkan” di bagian bawah jendela pesan untuk jangka waktu yang telah Anda pilih. Namun, perlu diingat bahwa setelah durasi waktu yang ditentukan berlalu, Anda tidak akan dapat lagi membatalkan pengiriman pesan tersebut.

Cara Menarik Pesan di Gmail

Gmail menyediakan fitur yang memungkinkan Anda untuk melakukannya. Berikut ini cara menarik pesan di Gmail yaitu :

  1. Masuk ke Akun Gmail Anda , pastikan Anda telah masuk ke akun Gmail Anda. Buka browser web Anda dan kunjungi situs gmail.com. Masukkan alamat email dan kata sandi Anda, lalu klik tombol “Masuk”.
  2. Buka Kotak Masuk Anda Setelah berhasil masuk, Anda akan diarahkan ke kotak masuk Gmail Anda. Di sini, Anda akan melihat daftar email yang telah Anda terima atau kirim.
  3. Pilih Pesan yang Ingin Anda Tarik Temukan pesan yang ingin Anda tarik kembali dari daftar email. Buka pesan tersebut dengan mengklik subjek atau pengirimnya.
  4. Temukan Opsi “Tarik Pesan” Setelah membuka pesan, Anda akan melihat beberapa opsi di bagian atas pesan. Cari dan klik opsi “Tarik Pesan”. Fitur ini hanya akan tersedia jika Anda mengirim pesan menggunakan Gmail dan jika opsi “Tarik Pesan” diaktifkan di pengaturan akun Anda.
  5. Konfirmasi Penarikan Pesan Setelah mengklik opsi “Tarik Pesan”, akan muncul jendela konfirmasi. Anda akan diberikan beberapa pilihan, seperti menghapus pesan atau hanya menandai pesan sebagai dibaca. Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  6. Pesan Telah Ditarik Setelah Anda mengkonfirmasi penarikan pesan, Gmail akan segera menghapus pesan tersebut dari kotak penerima. Namun, penting untuk diingat bahwa jika penerima telah membaca pesan sebelum Anda menariknya, mereka masih dapat melihat konten pesan tersebut melalui notifikasi email atau riwayat pesan mereka.
  7. Konfirmasi Penarikan Pesan yang Sukses Setelah pesan berhasil ditarik, Gmail akan memberi tahu Anda dengan sebuah notifikasi. Pastikan untuk membaca notifikasi tersebut agar Anda yakin bahwa pesan telah berhasil ditarik.

Penting untuk diingat bahwa fitur “Tarik Pesan” hanya tersedia dalam jendela waktu yang terbatas setelah Anda mengirim pesan. Oleh karena itu, segeralah mengambil tindakan jika Anda ingin menarik pesan yang telah dikirim.

Baca juga : Lupa Kata Sandi Email? Begini Cara Mudah Mengatasinya

Cara Mengedit Email yang Sudah Terkirim

1. Mengecek Fasilitas “Unsend” atau “Tarik Kembali”

Beberapa platform email, seperti Gmail, menyediakan fitur “Unsend” yang memungkinkan Anda untuk menghentikan pengiriman email dalam beberapa detik setelah dikirim. Jika Anda menggunakan platform yang menyediakan fitur ini, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tombol “Unsend” atau “Tarik Kembali” di antarmuka email Anda. Klik tombol tersebut untuk membatalkan pengiriman email dan membuka email tersebut untuk diedit.

2. Gunakan Fitur “Forward” atau “Re-send”

Jika platform email Anda tidak memiliki fitur “Unsend” atau “Tarik Kembali,” Anda masih dapat mengedit email dengan menggunakan fitur “Forward” atau “Re-send.” Langkah ini akan mengirim salinan email kepada Anda sendiri, yang dapat Anda edit sebelum mengirimnya ke penerima yang dimaksud.

3. Beri Tahu Penerima tentang Kesalahan

Sangat penting untuk memberi tahu penerima bahwa Anda mengedit email yang sudah terkirim, terutama jika perubahan tersebut signifikan atau mempengaruhi isi pesan secara keseluruhan. Sertakan penjelasan yang jelas dan sopan tentang perubahan yang Anda lakukan. Hal ini dapat membantu menjaga transparansi dan menghindari kebingungan.

4. Gunakan Kalimat Pembuka yang Relevan

Saat mengedit email yang sudah terkirim, pastikan Anda menggunakan kalimat pembuka yang relevan dengan perubahan yang Anda buat. Jika Anda mengubah informasi waktu atau tempat pertemuan, misalnya, pastikan untuk menyoroti perubahan tersebut dengan jelas pada kalimat pembuka.

5. Periksa dan Edit Isi Email dengan Teliti

Setelah membuka email yang sudah terkirim, periksalah isinya dengan teliti. Koreksi kesalahan pengejaan, perbaiki kesalahan gramatikal, atau lakukan perubahan yang diperlukan. Pastikan untuk membaca keseluruhan isi email dan memastikan bahwa tidak ada informasi yang terlewatkan atau terhapus secara tidak sengaja.

6. Menghindari Perubahan yang Signifikan

Saat mengedit email yang sudah terkirim, disarankan untuk menghindari perubahan yang signifikan dalam isi pesan. Terkadang, perubahan besar dapat membingungkan penerima dan mempengaruhi komunikasi yang sudah terjalin. Fokuslah pada perbaikan kesalahan kecil atau penyesuaian yang diperlukan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengedit email yang sudah terkirim dengan cara yang efektif. Ingatlah untuk selalu memeriksa kembali email Anda sebelum mengirimnya agar dapat menghindari kesalahan dan memastikan pesan yang Anda sampaikan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Baca juga: Operator Assembling adalah Hal Penting di Dunia Javascript

Reference :


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!