10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Tips Lolos Interview User Pastikan Jadi Kandidat Terbaik

Tips lolos interview user menjadi hal penting, karena setelah menjalani proses wawancara dengan HRD dan dinyatakan lolos, maka proses selanjutnya pelamar akan menjalani wawancara dengan atasan atau user.  Oleh karenanya Anda perlu mempersiapkan diri agar sukses menjadi pegawai di perusahaan tersebut.

Sebelumnya ingatlah bahwa perusahaan tentu menginginkan sumber daya manusia terbaik dari para kandidat yang melamar. Sehingga proses seleksi perlu melewati beberapa tahapan untuk mendapatkan kandidat terbaik dari pemantauan CV, tes IQ, tes kemampuan hingga psikotes dan interview.

Tahap interview biasanya akan dilakukan dua tahap yaitu wawancara dengan personalia atau HRD dan juga wawancara dengan user atau senior team leader pada divisi yang dilamar. Oleh karenanya tentu kesempatan emas ini harus Anda persiapkan dengan baik.

Tips Lolos Interview User Jadilah Kandidat Terbaik

Sebelum mengetahui tips agar lolos interview user, sebaiknya ketahui lebih dulu terkait perbedaan mendasar antara wawancara HRD dengan wawancara atasan. Wawancara HRD lebih ke arah informasi pribadi, pengalaman, hingga latar belakang Pendidikan.

Sementara wawancara dengan senior atau atasan lebih seputar hal-hal teknis terkait posisi dan beban yang akan dikerjakan nantinya. Sehingga persiapannya tentu berbeda.

Wawancara dengan calon atasan menjadi kesempatan emas untuk menunjukan bahwa pelamar merupakan kandidat potensial. Oleh karenanya Anda perlu mempersiapkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin. Berikut beberapa tips lolos interview user agar membuat persiapan Anda semakin matang.

  1. Pahami Posisi Beserta Job Desk

Wawancara atasan akan lebih menanyakan ke hal-hal teknis. Oleh karena itu Anda harus benar-benar memahami mengenai posisi yang dilamar serta detail terhadap job desc. Gambaran jelas terkait ini juga akan memudahkan Anda menjawab berbagai pertanyaan dari atasan.  

  1. Jujur dan Bersemangat

Tips lolos interview user berikutnya yaitu berkatalah jujur dan tunjukan semangat tinggi untuk bergabung menjadi junior user tersebut. Jawablah pertanyaan sebagaimana kondisi yang ada pada Anda tanpa menutupi dan menambahkan hal yang tidak ada.

Atasan tidak hanya akan melihat kemampuan kandidat tetapi juga kepribadian. Hal ini berkaitan dengan professional dan keunggulan calon pekerja. Dengan jawaban apa adanya akan menunjukan bahwa Anda orang yang dapat dipercaya.

  1. Ceritakan Pengalaman yang Relevan

Wawancara dari pihak manajer biasanya akan memberikan pertanyaan seputar pengalaman kerja sebelumnya. Sehingga kesempatan ini harus Anda gunakan untuk menjelaskan pengalaman sebelumnya dengan detail.

Jawaban kandidat yang relevan dengan kebutuhan sumber daya akan menjadi nilai plus dan berpotensi untuk terpilih. Berikan jawaban yang meyakinkan bahwa Anda orang yang tepat untuk mengisi posisi tersebut sebab telah berpengalaman.

  1. Ceritakan Prestasi Secara Spesifik

Selain melihat pengalaman dalam tips lolos interview user, pihak rekruter juga biasanya akan menanyakan terkait prestasi yang relevan. Dalam hal ini tentu keunggulan diri pelamar perlu ditonjolkan. 

Hindari jawaban sebagai tipe pekerja keras. Namun buktikan dengan data misal pencapaian total penjualan, keberhasilan target proyek dan lain sebagainya di perusahaan sebelumnya.

  1. Hindari Menjelekkan Perusahaan Lama

Tips lolos interview user selanjutnya yaitu jangan sampai menjelekkan perusahaan lama terkait sistem, rekan kerja atau bahkan atasan Anda sebelumnya. Hal ini dapat berpotensi memperburuk citra Anda di pandangan pewawancara.

User bisa saja justru akan mengulik dan menanyakan lebih dalam apakah dari cerita tersebut kandidat sebagai penyebab masalah. Oleh karenanya sekalipun ada pengalaman kurang menyenangkan di kantor lama, sebaiknya hindari berbuat demikian.

  1. Sesuaikan Pakaian Mengikuti Budaya Perusahaan

Pakaian masuk ke dalam first impression yang akan dilihat oleh user. Oleh karena itu buatlah kesan terbaik terhadap pihak perusahaan melihat Anda saat wawancara. Oleh karenanya pastikan pakaian yang akan dipakai mengikuti budaya perusahaan.

Misalnya jika perusahaan kantor formal maka gunakan kemeja atau pakaian formal lainnya. Sedangkan jika perusahaan tergolong startup maka pakaian yang lebih santai dapat Anda gunakan. Tentunya tetap memperhatikan kesopanan dan formalnya pelamar kerja.

Meskipun Anda tidak dapat menebak apa saja pertanyaan yang akan dilontarkan pihak user, setidaknya dengan mempersiapkan hal-hal di atas, dapat memperbesar potensi terpilih. Jalani wawancara dengan rasa percaya diri serta lakukan keenam tips lolos interview user tersebut.

Bagikan Artikel: