10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

contoh pertanyaan interview user

5 Contoh Pertanyaan Interview User, Pelamar Kerja Wajib Tahu

Contoh pertanyaan interview user bisa menjadi bahan referensi bagi Anda untuk unggul di tahapan seleksi berikutnya. Setelah Anda berhasil lolos dari tahapan interview pertama kemudian akan menghadapi interview user.

Bagi yang belum memahami, interview user merupakan bagian dari wawancara yang menjadi kesempatan emas untuk menunjukkan kesan bahwa Anda merupakan kandidat yang tepat dan potensial untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. 

Para perekrut tentu membutuhkan kandidat yang memiliki antusiasme besar maka dari itu mereka akan mengajukan beberapa pertanyaan terkait motivasi Anda ketika melamar pekerjaan tersebut. Dengan mengetahui beberapa contoh pertanyaan dari interview user, tentu Anda akan lebih mudah untuk menjawabnya.

Contoh Pertanyaan Interview User yang Sering Diajukan Ketika

Interview user secara umum bisa menjadi penentu Apakah Anda berhasil diterima di perusahaan tujuan atau tidak. Proses ini diketahui Ketika Anda menjawab beberapa pertanyaan interview yang telah diberikan. 

Tentu berbeda dengan beberapa pertanyaan interview HRD biasanya interview user ini lebih memberikan pertanyaan terkait teknikal serta pengalaman Anda selama bekerja. Ada beberapa contoh dari pertanyaan interview user, seperti berikut:

1. Diminta untuk Menceritakan Diri Anda

Pertanyaan yang paling umum dan sering diajukan oleh pihak interview user adalah meminta untuk menceritakan terkait diri Anda. Sekalipun sudah ditanyakan pada beberapa wawancara sebelumnya, namun pertanyaan ini memiliki potensi besar untuk ditanyakan kembali sebagai salah satu contoh pertanyaan interview user.

Wawancara dan meminta untuk menceritakan terkait diri Anda dan diharapkan kesempatan ini mampu membuat Anda untuk memberikan kesan yang baik dengan menjawab pertanyaan secara jelas. 

Tidak hanya menunjukkan latar belakang, tetapi Anda juga harus bisa menyampaikan untuk menjadi salah satu tanda bahwa kemampuan komunikasi yang baik telah dimiliki.

2. Motivasi untuk Bekerja

Contoh pertanyaan interview user yang didapatkan adalah motivasi Anda untuk bekerja di perusahaan tersebut. Apabila diberikan pertanyaan terkait motivasi, pihak pewawancara ingin mengetahui apa ada hal yang memotivasi Anda dalam bekerja selain mendapatkan upah.

Karyawan yang menikmati pekerjaan karena alasan lain, cenderung lebih fleksibel dan lebih mudah untuk menghadapi masalah. Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh recruiter, sehingga Anda diminta untuk mempersiapkan jawaban dengan baik.

Anda bisa menjawab dengan berbagai macam hal, ini misal seperti menyukai tantangan baru apa memberikan dampak yang positif pada kantor sehingga Anda bisa menikmati proses kerja tersebut. 

Baca juga: 5 Tahapan dalam Interview Kerja, Perhatikan Berikut Ini!

3. Apa yang Diketahui Terkait Perusahaan?

Contoh pertanyaan interview user selanjutnya adalah apa yang Anda ketahui terkait perusahaan tempat melamar kerja. Pertanyaan ini memang tidak selalu muncul dalam interview user, namun tidak ada salahnya apabila Anda mempersiapkan jawaban dengan tepat untuk berjaga-jaga.


Biasanya ketika interview user Ini pertanyaan terkait perusahaan tidak ditanyakan secara jelas, tetap bisa menggunakan pertanyaan secara tidak langsung. Misalnya, “apa saja hal yang sudah Anda pelajari dari perusahaan?”.

4. Bagaimana Perubahan Anda 5 Tahun Kedepan?

Untuk memberikan motivasi, salah satu contoh pertanyaan interview user yang sering didapatkan adalah bagaimana Anda melihat diri sendiri 5 tahun kedepan. Pada saat melakukan interview user pertanyaan tersebut merupakan salah satu hal yang sangat umum dari recruiter dan pastikan bisa menjawab dengan baik. 

Perusahaan tentu menginginkan karyawan untuk bekerja pada periode waktu cukup lama, hal tersebut juga dilakukan sebagai salah satu investasi terbaik. Untuk pertanyaan tersebut, Anda bisa menjawab dengan realistis tapi harus dengan sedikit ambisius. 

5. Apakah Anda Melamar Pekerjaan Lain?

Contoh pertanyaan interview user lain, akan ada pertanyaan apakah Anda sedang melamar pekerjaan di perusahaan lain. Pertanyaan ini sangat umum untuk ditanyakan ketika melakukan interview user. Apabila Anda tertarik dengan perusahaan tersebut tetapi tidak memiliki offering dari pihak lainnya, Anda bisa menjawab jujur.

Dengan begitu pihak perusahaan akan segera memproses dengan cepat proses lamaran Anda. Jika tidak Anda harus mengatakan sejujurnya. Pertanyaan ini dapat menjadi tanda bahwa proses interview user mampu berjalan dengan baik.Ada banyak pertanyaan yang mungkin akan Anda dapatkan ketika melakukan interview user. Semua pertanyaan harus bisa dijawab dengan baik, sehingga memberikan peluang bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Jadi bisa saja Anda akan merasa terbantu dengan adanya beberapa contoh pertanyaan interview user.

Bagikan Artikel: