10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara menjawab “apa kelemahan terbesar Anda”

Cara Menjawab “Apa Kelemahan Terbesar Anda” Dalam Wawancara Kerja

Cara menjawab “apa kelemahan terbesar Anda” saat wawancara mungkin akan menjadi hal yang sulit bagi sebagian besar orang. Memang benar, jika ditanya tentang kelebihan maupun kelemahan, tidak sedikit orang yang ragu dalam menjawabnya. 

Itulah mengapa, Anda harus mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelum melakukan wawancara kerja. Pastikan, Anda sudah tahu apa yang akan Anda jawab kepada pewawancara saat menanyakan hal yang demikian. Dengan begitu, Anda tidak akan terlalu lama dalam memberikan jawaban.

Baca juga: Cara Menjawab “Apa Kekuatan Terbesar Anda“ Ketika Wawancara Kerja

Cara Menjawab “Apa Kelemahan Terbesar Anda”

Menjawab hal yang demikian memang tidak mudah. Apalagi jika ini merupakan pengalaman pertama Anda Dalam melakukan wawancara kerja. Dibutuhkan keahlian dan keterampilan berbicara yang baik ketika pewawancara menanyakan hal tersebut. 

Pada hakikatnya, setiap orang memang memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Namun, kelebihan dan kelemahan biasanya lebih dipahami oleh orang lain. Lalu ketika ini ditanyakan langsung kepada Anda, begini cara menjawabnya.

1. Mengenali diri sendiri

Cara menjawab “apa kelemahan terbesar Anda” yang pertama adalah dengan mengenali diri sendiri terlebih dahulu. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan dan bisa dikenali oleh diri sendiri. Coba Anda menggali sifat serta kepribadian agar mengenali apa kelemahan dari diri Anda.

2. Pilih kekurangan yang tidak ada kaitannya dengan posisi yang sedang Anda Lamar

Jika Anda memang memiliki beberapa kelemahan dan itu sudah disadari, maka sebisa mungkin pilihlah kekurangan yang tidak ada kaitannya dengan posisi kerja yang dilamar. cara menjawab “apa kelemahan terbesar Anda” ini benar-benar akan menguntungkan.

Cari kekurangan yang tidak terlalu mempengaruhi nilai Anda sebagai kandidat yang memang potensial. Misalnya saja, Anda tidak perlu menjawab kelemahan “sulit bangun pagi” padahal Anda diwajibkan datang shift pagi tepat waktu pada posisi yang dilamar.

3. Jujur

Pertanyaan terkait dengan kelemahan yang dimiliki memang cukup menyulitkan. Bahkan, bagi sebagian besar orang ini cenderung merupakan hal yang cukup membuat takut. Namun, jangan berbohong ketika menjawab.

Bahkan, Anda tidak perlu menjawab dengan “saya tidak memiliki kekurangan”. Setiap orang yang bahkan ahli tentunya juga memiliki kekurangan. Maka, Anda tidak diperkenankan menjawab dengan hal demikian.

Cara menjawab “apa kelemahan terbesar Anda” memang perlu dipelajari dengan baik. Dengan Demikian, Anda tidak akan merasa gugup ketika menghadapi pertanyaan itu. 

Baca juga: Cara Menjawab “Pencapaian Terbesar Dalam Hidup” Saat Wawancara Kerja

Jawaban Alternatif Tentang Cara Menjawab “Apa Kelemahan Terbesar Anda”

Ada beberapa hal yang bisa menjadi alternative jawaban menarik ketika Anda ditanyai hal yang demikian. Meskipun demikian, Anda bisa memilih jawaban yang sekiranya pas dengan diri Anda diantara jawaban-jawaban di bawah ini.

1. Belum banyak pengalaman bekerja

Ini merupakan hal yang bisa dilontarkan bagi Anda calon pelamar kerja yang memang masih lulusan baru atau Fresh Graduate. Hal ini wajar. Pewawancara juga akan memaklumi mengenai hal tersebut.

Setelah Anda Menyampaikan hal demikian, sampaikan pula pengalaman berorganisasi atau magang jika memang memiliki. Anda juga bisa menyampaikan bahwa sangat senang untuk belajar di perusahaan tersebut.

2. Kurang sabaran

Cara menjawab “apa kelemahan terbesar Anda” bisa dilakukan dengan memberikan jawaban kurang sabaran. Ini bisa dipandang sebagai hal yang negative. Namun, Anda tentu saja bisa memberikan penjelasan lebih jauh lagi.

Contohnya saja, Anda bisa menjelaskan bahwa Anda tidak sabaran untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan lebih cepat. Artinya, Anda Berusaha selalu disiplin sehingga semua pekerjaan bisa terselesaikan dengan tepat waktu.

3. Belum memiliki skill tertentu

Contohnya saja, Anda Bisa menyebutkan belum menguasai skill terkait dengan bahasa asing atau software tertentu. Namun, pastikan hal ini tidak bersangkutan dengan posisi yang sedang Anda lamar.

Sebaiknya, skill atau bahasa asing yang belum dikuasai disampaikan dengan jujur. Jangan lupa, Anda Bisa menjelaskan dengan menjawab mengikuti kursus atau hal lain dalam meningkatkan skill atau kemampuan Anda terhadap kekurangan yang dimiliki tersebut.

Memang tidak mudah untuk memberikan jawaban terkait dengan kelemahan Anda. Namun, Anda bisa menjawab dengan sebaik mungkin dalam waktu kurang dari 60 detik agar pewawancara juga terkesan dengan jawaban Anda.

Jawablah dengan tenang dan jelas. Jangan lupa, jawab dengan jujur serta apa adanya. Pewawancara pasti akan melihat sisi positifnya meskipun Anda sedang menjelaskan kelemahan Anda. Cara menjawab “apa kelemahan terbesar Anda” bisa dilakukan dengan rekomendasi di atas.

Bagikan Artikel: