10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara menjawab “apa kekuatan terbesar Anda”

Cara Menjawab “Apa Kekuatan Terbesar Anda“ Ketika Wawancara Kerja

Cara menjawab “apa kekuatan terbesar Anda” saat wawancara kerja menjadi hal yang cukup sulit dilakukan bagi beberapa orang. Anda pasti merasa bingung akan menjawab apa karena tidak ingin terkesan sombong di mata recruiter.

Oleh karena itu, Anda Memang perlu mempersiapkan jawaban dengan sebaik-baiknya. Jika tidak siap, maka jawaban yang keluar tentu saja akan meluncur begitu saja tanpa terkendali. Jadi, apa si yang membuat recruiter menanyakan hal tersebut?

Baca juga: Cara Menjawab “Pencapaian Terbesar Dalam Hidup” Saat Wawancara Kerja

Cara untuk Melihat Kekuatan Anda

Sebagian besar recruiter ketika akan menerima karyawan baru memang akan menanyakan tentang hal tersebut. Maka, cara menjawab “apa kekuatan terbesar Anda“ memang perlu dipelajari dari sekarang. Jangan sampai Anda merasa bingung sehingga gugup dalam menjawabnya.

Anda Bisa mencari tahu bagaimana Anda memiliki sebuah kelebihan dan kelemahan. Anda bisa mencari kelebihan yang dimiliki di bawah ini.

1. Menerima kekurangan yang ada dalam diri

Cara menjawab “apa kekuatan terbesar Anda” bisa mulai dicari dengan melihat kekuatan yang Anda miliki. Ini bisa dilakukan dengan menerima setiap kekurangan yang ada pada diri. Ingat, menerima kekurangan dan kemudian memperbaikinya menjadi kelebihan tersendiri bagi Anda.

2. Hargai tindakan baik yang pernah Anda lakukan

Untuk mencari kekuatan terbesar dalam diri Anda, hargai diri Anda sendiri. Ini bisa dilakukan dengan mengakui bahwa kekuatan maupun kebaikan yang pernah Anda lakukan terhadap orang lain serta kepada dunia.

Tidak perlu takut untuk bangga kepada diri sendiri. Tujuan Anda mengakui kekuatan terbesar Anda adalah untuk melanjutkan hal baik tersebut. Jika manfaat kekuatan tersebut bisa dirasakan oleh orang lain, ini bisa menjadi sebuah kekuatan yang Anda tawarkan.

3. Coba hal baru

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mencari kekuatan terbesar Anda adalah dengan selalu mencoba hal baru. Anda bisa bersikeras bahwa mengembangkan kemampuan diri merupakan hal yang bagus dan patut dilakukan.

Pastikan diri Anda terus membuka pikiran terhadap berbagai macam hal baru. Jika suatu keterampilan memang tidak cocok bagi Anda, carilah hal lain yang membuat Anda merasa senang serta percaya diri dalam melakukannya. 

Jangan pernah takut untuk melakukan dan memulai dari awal ketika mengalami kegagalan. Anda harus melakukan pekerjaan tersebut berulang-ulang untuk mendapatkan kekuatan terbesar dalam diri Anda.

Baca juga: Cara Menjawab “Lingkungan Kerja Seperti Apa yang Anda Sukai”

Cara Menjawab “Apa Kekuatan Terbesar Anda”

Jadi, jika Anda sudah menemukan kelebihan yang dimiliki, akan lebih mudah dalam menjawab pertanyaan tersebut dari recruiter. Inilah cara menjawab efektif jika Anda ditanyai hal tersebut kepada recruiter.

1. Jelaskan sesuatu yang akan Anda bawa ke meja kerja di perusahaan tersebut

Tunjukkan bahwa Anda memiliki pengalaman serta kualitas yang unik dan ini membuat Anda Menjadi menonjol. Tegaskan bawah Anda memang seorang pekerja kerasa dan bisa menjaga sikap positif .

Namun, jadilah rendah hati dan tetap percaya diri. Memberikan jawaban secara langsung memang akan menunjukkan bahwa Anda telah memikirkan pertanyaan dan persis akan membawa Anda dalam posisi tersebut.

2. Menghubungkan dengan posisi lowongan yang dilamar

Cara menjawab “apa kekuatan terbesar Anda” juga bisa dilakukan dengan menghubungkan pada posisi yang akan dilamar. Menjadi karyawan luar biasa berkaitan dengan kemampuan Anda dalam memenuhi tuntutan dari pemberi kerja.

Anda bisa meyakinkan bahwa Anda Bisa memahami kebutuhan dari perusahaan yang akan Anda lamar tersebut. Ini akan membantu untuk membuat pewawancara menjadi terkesan terkait dengan jawaban yang Anda Berikan.

3. Tunjukan kemampuan unik yang Anda miliki

Setiap orang memiliki kemampuan unik tersendiri tentunya. Cara menjawab “apa kekuatan terbesar Anda” adalah dengan menunjukkan kemampuan unik yang dimiliki. Tunjukkanlah bahwa Anda memang berbeda dengan kandidat lainnya.

Pada hakikatnya, pertanyaan tersebut memang terkait dengan alasan mengapa perusahaan tersebut harus mempekerjakan Anda. Pastikan pengalaman Anda unik, namun jangan sampai berbohong.

Anda harus menjawabnya dalam waktu kurang dari 60 detik. Maka sebelumnya, Anda Bisa melatih diri terlebih dahulu berulang kali hingga benar-benar menguasainya dengan baik. Peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut menjadi lebih meningkat.

Mudah bukan? Tidak perlu ragu dan khawatir dalam menjawab pertanyaan ini. Dengan melatih diri secara optimal, Anda bisa menjawabnya dengan baik. Cara menjawab “apa kekuatan terbesar Anda” bisa dilatih mulai dari sekarang.

Bagikan Artikel: