tugas dan tanggung jawab barista

Tugas dan Tanggung Jawab Barista Sebagai Peracik Kopi

Tugas dan tanggung jawab barista bukan hanya dapat menyajikan kopi saja. Barista adalah seseorang yang dapat meracik, membuat, menyiapkan dan juga menyajikan kopi. Meskipun pada umumnya tidak berbeda dengan waiters.

Namun para barista biasanya melalui beberapa training, dan tidak sembarangan untuk bisa menjadi seorang barista. Karena diperlukan pengetahuan mengenai ilmu tertentu dalam pembuatan dan penyajian segelas kopinya.

Baca juga: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja barista

Tugas dan Tanggung Jawab Barista di Coffee Shop

Seorang barista, biasanya bekerja di tempat coffee shop yang menyediakan aneka menu kopi. Di mana setiap menunya memiliki racikan serta takaran tersendiri yang dapat menghasilkan rasa yang khas dan enak.

Tugas dan tanggung jawab barista selain menyajikan dan meracik berbagai menu kopi seperti menu dengan campuran susu, caramel, vanilla, dan berbagai rasa atau topping lainnya. Seorang barista juga memiliki tugas dan tanggung jawab lainnya, yaitu.

1. Menyajikan Kopi

Tugas utama dari seorang barista adalah menyajikan secangkir kopi yang nikmat. Dalam sebuah coffee shop, metode dalam pembuatan kopi bisa beragam. Ada yang manual dan menggunakan sebuah mesin khusus kopi.

Sebagai seorang barista profesional yang andal, Anda wajib memiliki keahlian dalam menguasai kedua metode tersebut.

2. Memahami Cara Mengoperasikan dan Merawat Alat-Alat Kopi

Tugas dan tanggung jawab barista selanjutnya adalah mengetahui alat-alat yang digunakan dan juga cara merawatnya. Setiap alat yang digunakan dalam membuat kopi, harus diketahui dengan betul nama alatnya, cara mengoperasikannya, dan juga cara merawatnya.

Alat-alat yang biasa digunakan dalam menyajikan sebuah kopi pada coffee shop antara lain, mesin espresso, rok presso, alat seduh, gelas takar, pour over cone, dan sebagainya.

3. Menjaga Kebersihan Coffee Shop

Tidak hanya sebatas menikmati secangkir kopi saja, seorang barista juga memiliki tanggung jawab mengenai kebersihan area coffee shop tersebut. Dimulai dari area kitchen, area kasir, meja dine in, serta area sekitar kedai.

Hal ini, bertujuan untuk memberikan rasa nyaman bersama, baik untuk pengunjung, barista sendiri, dan para pekerja lainnya.



4. Meracik Minuman Selain Kopi

Tidak semua pelanggan yang yang datang pada sebuah coffee shop menyukai minuman kopi atau juga bisa meminum kopi. 

Sehingga, tidak sedikit kedai kopi yang menyediakan aneka varian menu non-coffee untuk memenuhi kebutuhan pelanggan tersebut, seperti smoothies, ice tea, jus, ice blend, dan sebagainya, itu merupakan tugas dan tanggung jawab barista lainnya. 

Baca juga: Berapa Gaji Seorang Barista Pemula?

5. Memahami Sistem Kasir

Seorang barista juga biasanya dituntut untuk memahami cara kerja kasir baik secara online maupun dengan menggunakan tablet, karena sekarang ini banyak dari coffee shop yang sudah menggunakan sistem kasir secara digital

Untuk itu dianjurkan juga seorang barista untuk bisa mengoperasikan sistem kasir. Apalagi jika coffee shop tersebut menggunakan sistem kerja shift.

6. Berkomunikasi Baik dan Ramah Terhadap Pengunjung

Selain dinilai ahli dan andal dalam meracik minuman, tugas dan tanggung jawab barista selanjutnya adalah perlu memiliki kemampuan dalam berkomunikasi yang baik. 

Seperti bisa menyapa dengan ramah kepada setiap pelanggan yang datang, atau bahkan menyelesaikan berbagai masalah atau konflik yang ada di coffee shop tersebut. Sehingga pelanggan akan merasa senang dan datang kembali.

7. Memiliki Kriteria Seorang Barista

Terakhir seorang barista harus memiliki kriteria yang dibutuhkan ketika menjadi barista. Terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh sebagai pelengkap dari tugas dan tanggung jawab barista.

  • Pertama, dapat mengoperasikan mesin espresso karena tanggung jawab utama seorang barista adalah meracik kopi.
  • Kedua, mampu menilai mutu serta kualitas bahan, seperti menilai apakah kopi ini bagus dan layak untuk digunakan, apakah bahan yang masih tersedia masih dapat digunakan dalam menyajikan kopi, dan sebagainya.
  • Ketiga, mampu mengoperasikan mesin grinder yaitu sebuah mesin yang digunakan untuk menggiling biji kopi.
  • Keempat, mampu meracik minuman sesuai dengan takaran yang telah ditentukan.
  • Terakhir, sabar, teliti, dan tekun, karena ketiga sifat tersebut harus dimiliki oleh seorang barista. Ketelitian, kesabaran, serta ketekunan sangat berkaitan dalam menyajikan sebuah racikan kopi yang nikmat.

Tugas dan juga beberapa tanggungan tersebut adalah layak. Sebagai seorang barista bukan hanya mampu meracik dan menyajikan kopi saja, melainkan terdapat tugas dan tanggung jawab barista lainnya yang harus dimiliki.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.