Tips telemarketing untuk pemula

9 Tips Telemarketing untuk Pemula, Tingkatkan Skill Anda

Menjadi bagian penting tim penjualan, tips telemarketing untuk pemula perlu diketahui oleh Anda yang baru terjun ke bidang tersebut. Mengingat mencari kepercayaan calon pelanggan mungkin nampak sulit bagi telemarketer pemula.

Apalagi sebagai telemarketer sudah pasti tugas Anda berfokus melakukan penjualan berbasis telepon, alih-alih secara tatap muka. Maka bagi yang baru pastinya belum tahu hal apa yang sebaiknya dilakukan.

Contoh hal yang sebaiknya Anda lakukan sebagai telemarketer adalah paham produk secara detail, pakai sikap positif, dan sebagainya. Lebih detail, di bawah ini adalah 9 tips bertujuan meningkatkan skill telemarketing.

Baca juga: Cara menjadi telemarketing yang baik

5 Tips Telemarketing untuk Pemula: Pahami Produknya hingga Pemilihan Nada

Seorang yang bekerja di bidang telemarketing wajib menggunakan nada hingga sikap tertentu saat menghubungi pelanggan maupun calon pelanggan. Terutama menunjukkan sikap positif, hingga menyampaikan penawaran dengan tenang.

  1. Wajib Punya Pengetahuan Mendalam Mengenai Produknya

Tips telemarketing untuk pemula yang pertama adalah wajib paham detail tentang perusahaan berikut produk yang ditawarkan. Mulai dari cara kerja, kegunaan, manfaat, harga, promo, dan sebagainya.

  1. Pakai Panggilan Nama

Anda harus pastikan nama dan pengucapan panggilan yang benar sebelum melakukan panggilan dengan tujuan penawaran produk. Sehingga pelanggannya juga merasa dihormati. Apabila memungkinkan, pelajari dahulu detail informasi sebelum melakukan panggilan.

  1. Terapkan Sikap Positif

Berfokus pada pelayanan, seorang telemarketer diharapkan memiliki sikap positif. Artinya baik sikap maupun nada suaranya harus optimis, bertujuan membangun percakapan produktif. Sikap ini harus diterapkan dari awal hingga akhir percakapan. 

  1. Tunjukkan Rasa Antusias

Salah satu tugas telemarketing adalah membangun hubungan baik dengan calon pelanggannya. Anda harus memiliki kesiapan untuk menjawab berbagai pertanyaan dari mereka yang berhubungan dengan produk.

Jadi tips telemarketing untuk pemula berikutnya adalah harus memiliki antusiasme dalam menjawab pertanyaan. Hal ini bertujuan menjaga percakapan terus berjalan. Pada pertengahan percakapan menyenangkan tersebut, Anda dapat mempromosikan produknya.

  1. Selalu Tenang dan Pastikan Nada Lembut

Menggunakan sikap tenang membuat Anda dapat terhubung dengan pelanggan lebih baik. Selain terdengar antusias, pastikan juga nada bicara yang digunakan lembut untuk menaga hubungan baik.

Misalnya Anda memulai percakapan dengan pertanyaan simpel seperti kabar. Penting juga mendengarkan masalah pelanggannya, sehingga bisa mencari penyelesaian bersama, salah satunya dengan menggunakan produk ditawarkan.

Baca juga: Rata rata gaji telemarketing yang wajib Anda ketahui!

4 Tips Telemarketing untuk Pemula: Fleksibel dan Terus Berlatih

Masih ada beberapa sikap yang sebaiknya diterapkan telemarketer ketika menghubungi calon pembeli. Berikut juga beberapa tips lain misal dengan berlatih untuk meningkatkan skill sebagai bagian dari divisi pemasaran.

  1. Fleksibel Menanggapi Berbagai Pelanggan

Tidak dipungkiri Anda akan menemukan banyak pelanggan dengan sikap berbeda satu sama lain. Anda diharuskan selalu fleksibel menanggapi berbagai sikap tersebut. Karena tidak jarang akan menemui situasi sulit dalam obrolannya.

Disarankan juga selalu memasang nada suara ceria, sehingga menjaga suasana maupun obrolan tetap positif. Selalu ucapkan terima kasih kepada pelanggan yang telah meluangkan waktu mendengarkan tawaranmu.

  1. Sesuaikan dengan Naskah Telemarketing

Umumnya terdapat naskah atau panduan dalam melakukan penjualan. Tips telemarketing untuk pemula selanjutnya adalah selalu ikuti naskah tersebut. Tidak perlu sama persis, nantinya bisa membuat variasi kata, frasa, maupun nadanya.

  1. Selalu Tepati Janji dengan Pembeli

Terdapat prinsip “sundown rule” banyak telemarketer ikuti dengan tujuan membangun hubungan positif dengan pelanggannya. Tepatnya aturan untuk mengirimkan semua materi yang sudah dijanjikan sebelumnya. Anda bisa menerapkan prinsip ini juga.

  1. Terus Berlatih untuk Tingkatkan Keterampilan

Layaknya keterampilan, terus berlatih dalam bersikap, berkomunikasi, dan melakukan ajakan pembelian juga bisa dilatih. Misalnya dengan berlatih mengikuti naskah telemarketer supaya bisa terdengar santai, ramah, dan tentunya persuasif.

Jadi tips telemarketing untuk pemula berikutnya adalah selalu berlatih dan belajar dengan tujuan meningkatkan skill Anda. Misalnya melalui percakapan dengan rekan kerja atau coba tingkatkan frekuensi panggilan setiap harinya.

Menjadi telemarketer yang baik dan sukses mengharuskan Anda punya kepercayaan diri juga. Itulah mengapa penting membekali diri dengan informasi mendetail tentang produk, serta kemampuan komunikasi persuasif.

Maka, beberapa hal yang dapat dilakukan adalah rajin berlatih hingga jadikan naskah telemarketing untuk acuan. Tips telemarketing untuk pemula yang utama lainnya adalah selalu jaga sikap positif hingga tunjukan antusiasme.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!