Rata rata gaji telemarketing

Rata Rata Gaji Telemarketing, Berikut Tugas dan Jenjang Karir

Banyak dicari perusahaan, rata rata gaji telemarketing menjadi salah satu hal banyak dicari orang yang berminat pada karir tersebut. Di mana pada dasarnya gaji tersebut tentu berbeda tergantung wilayah hingga jenjang karirnya.

Sebelum membahas rata-rata gajinya, akan dijelaskan sekilas mengenai telemarketing tersebut. Kerap disebut telemarketer, tugas utamanya adalah memasarkan produk suatu perusahaan. Lebih khusus, cara pemasarannya sendiri dilakukan via telepon.

Sudah pasti dalam melakukan strategi penjualan ini ada SOP tersendiri. Anda akan menemukan banyak telemarketer yang bergerak di bidang asuransi perbankan, provider internet, kartu kredit, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Menjadi Telemarketing Yang Baik

Tugas Utama dan Keahlian yang Diperlukan dalam Pekerjaan Telemarketing

Sebelum membahas mengenai Rata rata gaji telemarketing, ada baiknya Anda paham mengenai tugas berikut keahlian diperlukan. Sehingga memahami dengan tanggung jawab yang diemban, apakah gaji tersebut sesuai atau tidak.

1. Tugas Utama Telemarketer di Divisi Pemasaran

Karena berada di bawah divisi pemasaran, Menurut Indeed Telemarketing memiliki tugas utama yang tentunya tidak jauh berkaitan dengan penjualan. Salah satunya adalah menghubungi baik calon pelanggan maupun pelanggan untuk melakukan penawaran produk.

Sehingga telemarketer juga bertugas menyampaikan informasi mengenai produk tersebut secara akurat. Tuntutan lainnya adalah mampu berkomunikasi secara persuasif, supaya pelanggan menjadi tertarik membeli apa yang ditawarkan.

Lebih lanjut, Anda juga diharuskan menjawab berbagai pertanyaan pelanggan yang berhubungan dengan produknya. Diharuskan juga memperoleh informasi pelanggannya, contohnya nama terang, metode pembayaran, berikut alamat.

2. Keahlian yang Diperlukan oleh Telemarketer

Rata rata gaji telemarketing bisa dibilang tidak sedikit, apalagi kalau berhasil mencapai target. Itulah mengapa posisi ini juga diharuskan memiliki keahlian, terutama dalam hal komunikasi hingga pelayanan.

Sebagai telemarketer, Anda harus pandai menyampaikan seputar produk sekaligus membujuk pelanggan untuk tertarik membeli. Bahkan harus mampu menjadi pendengar aktif, sebagai usaha memperoleh banyak informasi mengenai pelanggannya.

Anda juga diharapkan tidak hanya fokus ke target, tetapi harus berorientasi pada pelayanan yang baik. Bahkan kepekaan sosial dapat menjadi keahlian penting untuk posisi ini, berhubungan dengan kepekaan menanggapi pelanggan.

Jenjang Karir dan Rata Rata Gaji Telemarketing

Seperti posisi pekerjaan lain, semakin tinggi jenjang karir Anda, tentu gaji yang diperoleh juga semakin tinggi. Secara umum jenjang karir pekerjaan telemarketing ada tiga, yaitu junior, senior, serta manajer telemarketer.



1. Junior Telemarketer

Pertama ada junior atau pemula, merupakan seorang pekerja atau staff yang baru memulai karirnya di bidang telemarketing. Umumnya masa kerja kurang dari 3 tahun tergolong dalam jenjang karir ini.

Rata rata gaji telemarketing junior sendiri mencapai Rp3.500.000 hingga Rp4.500.000 setiap bulannya. Namun tidak sedikit juga setiap bulan gajinya sesuai UMR wilayah masing-masing. Biasanya pendapat pokoknya belum termasuk komisi.

2. Senior Telemarketer

Jenjang karir berikutnya adalah seorang senior atau termasuk dalam golong supervisor telemarketer. Umumnya sudah menempati posisi di divisi pemasaran lebih dari 3 tahun di perusahaannya.

Seorang telemarketer senior bisa mendapatkan kisaran Rp8.000.000 per bulannya. Sehingga rata-rata penghasilan untuk jenjang karir ini adalah Rp96.000.000 setiap tahunnya. Kisaran tersebut belum termasuk komisi apabila target tercapai.

3. Manajer Telemarketer

Posisi dengan rata rata gaji telemarketing tertinggi adalah manajer telemarketer. Posisi ini pada umumnya tidak lagi terjun langsung ke pemasaran via telepon. Lebih tepat melakukan pemantauan pada posisi di bawahnya.

Kisaran gajinya sendiri mencapai Rp15.000.000 setiap bulannya. Sehingga setiap tahun bisa mendapatkan sampai Rp180.000.000. Sama seperti jenjang sebelumnya, pendapatan pokok tersebut belum termasuk komisi apabila target tercapai atau melampauinya.

Berkarir sebagai telemarketer sudah pasti diharuskan memiliki kemampuan atau keahlian tertentu. Terutama keahlian mengenai komunikasi persuasif, kemampuan sebagai pendengar, hingga berorientasi pada penjualan serta pelayanan maksimal.

Berbekal kemampuan tersebut, seorang telemarketer bertugas untuk menghubungi pelanggan via telepon untuk perkenalan maupun penjualan produk. Berikut juga menjawab pertanyaan, hingga memperoleh informasi dasar mengenai pelanggan maupun calon pelanggan.

Di mana jenjang karir di bidang ini sendiri ada tiga, yaitu junior, senior, kemudian manajer telemarketer. Semakin lama berkarir dan banyak pengalamannya, sudah pasti posisi dan gajinya semakin tinggi.

Kisaran gajinya sendiri mulai dari UMR wilayah untuk junior, hingga mencapai Rp15.000.000 setiap bulannya. Rata rata gaji telemarketing tersebut tentunya akan berbeda tergantung UMR, perusahaan, hingga posisi atau jabatan di perusahaan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!