10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Syarat menjadi SPG

 Persiapkan Diri Anda, Ini Syarat Menjadi SPG Agar Terpilih

Umumnya, orang akan berpikir jika syarat menjadi SPG hanya perlu badan tinggi dan wajah cantik saja. Sayangnya, itu saja tidak cukup karena SPG juga harus dituntut memiliki keterampilan tertentu sehingga perannya lebih maksimal.

Seperti yang kita tahu, seorang Sales Promotion Girls akan berperan aktif dalam upaya perusahaan mencapai target penjualan. Tanpa dibekali kemampuan komunikasi yang baik, rasanya target tersebut akan sulit untuk dicapai.

Hal itu membuat seorang SPG tidak hanya harus menarik secara tampilan, tetapi juga mampu menjalin kedekatan emosional yang akhirnya berujung pada penjualan. Untuk mengetahui apa saja syarat-syaratnya, mari simak ulasan di bawah ini!

Syarat Menjadi SPG yang Wajib Anda Tahu

Selain memiliki tampilan menarik, seorang SPG juga membutuhkan keterampilan lain yang menunjang pekerjaannya. Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus dimiliki jika ingin menjadi seorang SPG.

  1. Pandai Berkomunikasi

Syarat menjadi SPG yang pertama adalah harus pandai dalam berkomunikasi. Sebagai garda terdepan penjualan, tentu seorang sales harus mampu berkomunikasi dengan baik, terutama dalam memberikan informasi produk ke konsumen.

Mereka harus tahu bagaimana membuat seseorang merasa nyaman baik saat mendengarkan maupun saat memberikan respon balik. Dengan begitu, upaya memperkenalkan produk dan menghasilkan penjualan bisa tercapai.

  1. Berpenampilan Menarik

Penampilan menarik tidak selalu tentang paras cantik atau badan ideal, tetapi juga tentang kerapian dan kebersihan. Untuk itu, syarat menjadi SPG adalah memiliki kesadaran akan kebersihan dan kerapian pada dirinya.

Hal itu bisa dilihat dari cara mereka berpakaian, cara mereka menjaga kebersihan kulit wajah, kebersihan gigi, dan sebagainya. Semua itu tentu tidak datang secara tiba-tiba, tetapi karena usaha mereka sendiri dalam merawatnya setiap hari.

  1. Berpendidikan

Syarat menjadi SPG selanjutnya yaitu telah menyelesaikan jenjang pendidikan tertentu. Secara umum, perusahaan akan memberikan syarat minimal pendidikan bagi calon SPG, yaitu lulusan SMA atau sederajat.

Calon sales yang telah memenuhi syarat tersebut dianggap sudah cakap dalam menjalankan fungsi dan tanggung jawabnya. Tanpa dibekali dengan pendidikan yang layak, akan sulit bagi seorang sales dalam menjalankan fungsi-fungsi tertentu.

  1. Percaya Diri

Selanjutnya, syarat menjadi SPG yang perlu Anda kuasai adalah percaya diri. Anda tentu akan setuju jika syarat ini harus dimiliki oleh seorang SPG. Hal itu tidak lain karena pekerjaannya yang hampir selalu berhadapan dengan banyak orang.

Jika seorang sales tidak memiliki rasa percaya diri yang tinggi, tentu perannya dalam hal penjualan tidak akan maksimal. Jangankan untuk memperkenalkan produk, sekedar menyapa calon pembeli saja mungkin akan sulit dilakukan.

  1. Bermental Kuat

Seorang sales tentu harus memiliki mental yang kuat. Pasalnya, mereka akan sering mendapatkan penolakan atau respon kurang bersahabat dari orang-orang. Hal itulah yang kerap dialami saat mencari pembeli.

Jika seorang sales tidak dibekali dengan mental kuat, kemungkinan besar dia tidak akan bertahan untuk menjalani pekerjaan tersebut. Untuk itu, pastikan diri Anda memiliki mental kuat sebelum mendaftar sebagai SPG.

  1. Usia dan Tinggi badan Tertentu

Dari segia usia, seorang Sales Promotion Girl biasanya disyaratkan berusia 16 hingga 30 tahun. Usia tersebut dianggap masih ideal untuk dijadikan seorang SPG karena cenderung masih memiliki penampilan ideal.

Sedangkan untuk tinggi badan minimal yang harus dipenuhi adalah sekitar 166 cm. Bagi seorang wanita, angka tersebut sudah termasuk tinggi. Apalagi jika dibandingkan dengan rata-rata wanita Indonesia, yaitu di kisaran 159 cm.

  1. Menguasai Teknologi Masa Kini

Demi menunjang pekerjaan di bidang penjualan, seorang sales juga harus menguasai teknologi masa kini seperti smartphone, tab, atau komputer. Selain itu, memahami media sosial juga menjadi kebutuhan penting saat ini.

Pasalnya, interaksi antara penjual dan pembeli saat ini tidak hanya terjadi secara tatap muka saja. Tidak sedikit perusahaan yang sudah mulai fokus melakukan penjualan hanya dari siaran live di media sosial saja.

Sebuah perusahaan tentu akan berupaya maksimal dalam mencapai target penjualan yang sudah ditetapkan, salah satunya dengan merekrut tenaga SPG berkompeten. Jika Anda berminat, pastikan syarat menjadi SPG di atas bisa dipenuhi.

Bagikan Artikel: