10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

man in plaid button up shirt showing a sample of wooden board to a woman in red shirt

Tips Menjadi Sales Handal dan Sukses

Sales memiliki tugas membujuk calon pembeli buat membeli produk yang ditawarkan, agar bisa melakukannya perlu tahu tips menjadi sales handal dan sukses.

Sales menjadi salah satu pekerjaan yang tidak bisa dianggap remeh terutama di dunia bisnis. Untuk menjadi seorang sales yang memasarkan produk harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.

Meskipun pekerjaan ini terlihat cukup biasa tetapi nyatanya pekerjaan sales ini masih diminati oleh banyak orang. Biasanya setiap sales memiliki target penjualan yang harus dicapai, untuk pemula perhatikan beberapa tips ini untuk bisa menjadi pemasar yang handal.

Keahlian yang Harus Dimiliki Oleh Sales

Sebelum tahu apa saja tips menjadi sales, Anda harus tahu dulu tugas dan tanggung jawab yang dimiliki oleh sales dalam dunia bisnis. Pertama meningkatkan conversion atau meningkatkan penjualan, memikat calon pembeli dengan memanfaatkan berbagai macam strategi, selanjutnya customer retention.

Sales bertugas untuk mengendalikan konsumen dan membuatnya jadi salah satu pelanggan tetap atau loyal, terakhir membantu perkembangan bisnis dalam perusahaan. Untuk bisa memenuhi tugas dan tanggung jawab tersebut ada beberapa daftar keahlian yang harus dimiliki.

  1. Persuasif

Keahlian dalam menggunakan kata persuasif sangat diperlukan untuk membuat orang percaya dan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. Persuasif juga berfungsi untuk mempertahankan kepercayaan konsumen bahkan mendekatkan pendekatan emosional antara sales dan juga klien/konsumen.

  1. Memasarkan sebuah produk sesuai dengan nilainya

Tips menjadi sales selanjutnya dapat memasarkan produk sesuai dengan nilainya yang dapat dirasakan oleh konsumennya. Untuk itu, Anda harus tahu dulu fungsi dan keunggulan dari produk yang dipasarkan.

  1. Mendengarkan ulasan dari konsumen

Seorang sales bertugas untuk di garda terdepan dan menjadi seorang yang sangat dekat dengan konsumen. Oleh karena itu jika konsumen mendapatkan masalah dari produk yang digunakan pastinya orang pertama yang dihubungi adalah salesnya.

Oleh karena itu kemampuan untuk bisa mendengarkan feedback setiap konsumen adalah hal yang sangat penting.

  1. Mampu berpikir kritis

Selanjutnya keahlian ini sangat berguna untuk segala jenis bidang tidak terkecuali sales. Berpikir secara kritis ini digunakan dalam proses persuasi hingga meminta feedback.

Tips Menjadi Sales Handal dan Sukses

Setelah menguasai keahlian yang dapat membantu Anda jadi sales, ada beberapa hal yang tidak boleh dilewatkan. Bagi Anda yang baru memulai karir menjadi seorang sales harus tahu tips untuk menjadi sales handal dan sukses berikut ini.

  1. Mengenali produk degan sangat baik.

Hubungan sales dengan produknya tidak bisa dipisahkan, karena pekerjaan ini akan bertugas untuk mengenalkan produk-produk yang akan dipromosikan terhadap calon pembeli. Sales jadi orang yang bertanggung jawab untuk mengetahui segala sesuatu mengenai produknya.

  1. Mengenal dengan baik target konsumen

Selanjutnya tips menjadi sales yang handal mengenali target konsumennya. Karena sales tidak bisa sembarangan menawarkan produk pada seseorang. Pada hal ini Anda harus pintar untuk bisa membaca situasi bagaimana target pelanggan dari produk Anda.

Untuk mengenali target konsumen beberapa hal perlu diperhatikan, pertama demografi dari pelanggan, lalu usia, pekerjaan yang dilakukannya, hingga kapan waktu terbaik untuk bisa mengunjunginya.

  1. Dapat menguasai dan memahami verbal atau non verbal

Seorang sales tidak hanya cukup berani berbicara saja, tetapi skill komunikasinya juga harus sangat baik. Komunikasi yang baik akan membuat Anda lebih mudah menyampaikan pesan dan memahami maksud dari pelanggan juga.

  1. Berbicara dengan artikulasi yang jelas

Perkataan yang disampaikan harus tersampaikan dengan baik di telinga pendengar. Tips menjadi sales handal agar bisa menyampaikan produk susunlah kalimat-kalimat yang mungkin akan diucapkan terlebih dahulu agar nanti dapat digunakan lebih mudah.

Jika masih sulit, Anda bisa membuat sebuah catatan mungil di buku saku sehingga dapat dengan mudah digunakan.

  1. Tidak terlalu memaksa

Terlalu memaksa konsumen untuk membeli produk yang Anda tawarkan akan membuat hasil jadi buruk. Pelanggan akan merasa tidak nyaman bahkan membuatnya tidak ingin membeli produk tersebut.

Jika terlalu memaksa, konsumen akan cenderung sulit percaya dengan yang Anda katakan walaupun itu semua benar. Jadi kenali terlebih dahulu pelanggan yang Anda temui, setelah mengenalinya dengan baik Anda akan tahu bagaimana cara yang tepat untuk membuat mereka nyaman dan dapat mendengarkan tawaran produk Anda.Tips ini dapat dicoba untuk Anda para sales pemula ingin jadi seorang yang handal dan juga sukses. Tips menjadi sales ini akan sangat berguna dalam dunia bisnis terutama pada bidang pemasaran untuk meningkatkan kemampuan dalam marketing.

Bagikan Artikel: