10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Rata rata gaji SPG

Rata Rata Gaji SPG Berdasarkan Jenisnya

Rata rata gaji SPG biasanya menjadi perbincangan hangat anak muda, sebab banyak sekali masyarakat yang tergiur untuk menyelam ke jenis pekerjaan ini.

Sales promotion girl ialah salah satu tipe pekerjaan yang banyak diperlukan industri, paling utama pada zona usaha yang menciptakan produk yang diperuntukan buat konsumen sebagai pengguna langsung. 

Dari automotive sampai industri, kedudukan SPG tidak dapat diremehkan begitu saja, sebab mereka jadi ujung tombak dalam mendesak sebuah volume penjualan.

SPG berfungsi memperkenalkan produk baru ke calon pelanggan, dan membujuk serta meyakinkan mereka supaya membeli produk tersebut. 

Rata Rata Gaji SPG Berdasarkan Jenis Kontrak

Sistem pendapatan SPG ini ditetapkan oleh tipe kontraknya. Umumnya, tidak hanya upah pendapatan pokok, memperoleh bonus ataupun insentif apabila mereka sukses penuhi kuota atau sasaran penjualan produk bahkan melebihinya.

  1. Reguler 

SPG reguler dipekerjakan bersumber pada perjanjian kerja waktu tertentu( PKWT) ataupun disebut selaku karyawan kontrak. 

Mereka ialah tenaga penjualan lapangan yang bekerja di luar kantor, ataupun umumnya ditempatkan di pusat perbelanjaan, supermarket, maupun mall. 

Waktu kerja mereka tertib disiplin seperti karyawan biasanya, misalnya dengan agenda shift serta kewajiban absensi setiap hari.

Contohnya merupakan pada produk consumer goods, elektronik, smartphone, serta kosmetik di mall. Mereka menawarkan produknya langsung ke wisatawan buat penuhi sasaran penjualan yang diresmikan oleh industry perusahaan tersebut.

Sebagian industri bisa jadi akan membagikan duit makan atau transport bersumber pada jumlah kedatangan.

Sebab termasuk dalam pekerja kontrak, pendapatan SPG mall menjajaki syarat upah minimum yang berlaku setempat wilayah tersebut. Sebaliknya syarat bonus sesuai kebijakan dari tiap- tiap industri.

Berikut merupakan sebuah contoh perhitungan pendapatan dengan UMP DKI Jakarta:

Penghasilan
Pendapatan pokokRp4. 500. 000
Bonus targetRp1. 500. 000
Potongan
PPh 21Rp60. 000
TotalRp60. 000
Pendapatan diterimaRp5. 940. 000
  1. Freelance 

SPG freelance dipekerjakan bersumber pada kontrak khusus, umumnya buat event tertentu saja. Ikatan kerja berakhir begitu event ini juga berakhir.

Misalnya, industri memakai jasa buat menjual minuman tenaga pada event berolahraga nasional ataupun industri automotif mempekerjakan pada pameran Indonesia International Motor Show.

Pendapatan SPG event tidak memakai sistem upah bulanan, melainkan upah per jam ataupun per shift juga ditambah insentif ataupun komisi sales freelance apabila sukses menggapai sasaran penjualan. 

Rata rata gaji SPG ini sangat bergantung pada tipe industri, standar upah lokal, dan pengalaman serta mutu itu sendiri.

Selaku contoh, pendapatan di wilayah Jakarta berkisar antara Rp300. 000 hingga Rp500. 000 per hari ataupun per shift ( 6- 8 jam). Rate di kota yang lain dapat lebih rendah dari Jakarta ataupun sebaliknya. 

Misalnya, di Yogyakarta, bayaran jasa yang wajib dikeluarkan industri buat waktu kerja 6- 8 jam sebesar Rp125. 000 hingga Rp300. 000.

Besaran pendapatan ini dipengaruhi oleh skala bisnis industri serta nilai produk yang dipasarkan. Tidak hanya itu, industri yang mempunyai brand besar umumnya pasti memiliki standar pendapatan lebih besar.

Contoh perhitungan pendapatan SPG event:

Penghasilan
Pendapatan 5 x Rp500. 000Rp2. 500. 000
Bonus targetRp2. 000. 000
TotalRp4. 500. 000
Potongan
PPh 21Rp112. 500
Pendapatan diterimaRp4. 387. 500

Rata Rata Gaji SPG Berdasarkan Tanggung Jawabnya

Adapun Tanggung jawab SPG antara lain yaitu Membangun keyakinan pelanggan terhadap produk yang ditawarkan dan Menolong pelanggan memastikan opsi produk terbaik sesuai kebutuhan.

Bahkan dapat Menanggapi persoalan pelanggan serta membagikan layanan yang baik serta Penuhi sasaran penjualan produk

Sebab nantinya berhubungan langsung dengan konsumen, memiliki pengetahuan yang mendalam tentang produk yang mereka tawarkan, bahkan memahami style komunikasi persuasif yang efisien untuk masyarakat.

  1. Rata Rata Gaji SPG Rokok

pendapatan Sales Promotion Representative PT Hektometer Sampoerna Tbk per bulan di Indonesia yaitu kisaran Rp2. 846. 050, yang mana 19% lebih rendah dari nasional. 

Tetapi itu belum dapat dijadikan patokan, pada sebagian permasalahan pendapatan seseorang SPG rokok dapat sangat besar.

Besar 165 centimeter hingga 170 centimeter gajinya yaitu Rp600 ribu, sebaliknya besar lebih dari 170 centimeter gajinya akan lebih dari Rp600 ribu per hari.

  1. Besarnya Rata Rata Gaji SPG Itu Paling Utama Jika Sedang Event

Biasanya shift reguler event bekerja sebanyak 6- 7 jam per hari. Bayarannya minimum yaitu Rp 500.000 per jam. 

  1. Besar Rata Rata Gaji Per Jam(Di Mall Serta Tempat Lain)

Besaran pendapatan di Indonesia tergolong besar yaitu Rp. 46, 131, 111 per tahun ataupun Rp. 23, 657 per jam. 

Jadi, gaji tersebut dapat dijadikan patokan dan tentunya disesuaikan dengan kualitas kerja. Sehingga rata rata gaji SPG dapat diketahui secara optimal.

Bagikan Artikel: