10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Skill yang Harus Dimiliki Seorang Customer Service

Apa Saja Skill yang Harus Dimiliki Seorang Customer Service?

Apa saja skill yang harus dimiliki oleh Customer Service merupakan sebuah pertanyaan mendasar bagi seseorang yang ingin bekerja menjadi seorang Customer Service. Pekerjaan yang satu ini memang tengah banyak diminati sebagai pekerjaan utama.

Karena jika menjadi seorang Customer Service, orang tersebut bisa mendapatkan income yang lumayan tinggi jumlahnya. Karena gaji dari seorang Customer Service bisa mencapai 2 digit apabila sudah menjadi seorang Customer Service yang profesional.

7 Skill yang Harus Dimiliki Seorang Customer Service

Jika Anda berminat untuk menjadi Customer Service yang profesional, maka Anda harus mengetahui skill yang harus dimiliki seorang Customer Service. Berikut ini adalah 6 skill untuk bisa menjadi Customer Service yang harus Anda ketahui.

1. Interpersonal Skill

Interpersonal skill merupakan satu hal wajib yang harus dimiliki dalam diri seorang Customer Service. Dengan hal ini bisa mewujudkan terjadinya relasi yang baik antara mereka dengan para pelanggan yang saling berhubungan.

Mulai dari cara bicara, cara mendengarkan, dan cara memberi tanggapan yang sesuai dengan situasi pada saat itu. Oleh karena itu interpersonal skill merupakan salah satu hal terpenting untuk bisa menjadi seorang Customer Service.

2. Komunikasi yang Baik

Skill yang harus dimiliki seorang Customer Service berikutnya adalah cara berkomunikasi yang baik. Tepatnya adalah komunikasi verbal yang baik akan membuat Anda lancar melakukan komunikasi dengan para pelanggan.

Karena menjadi seorang Customer Service 100% pekerjaannya adalah dengan cara berkomunikasi dengan para pelanggan setiap hari. Jadi jika tidak memiliki kelancaran berkomunikasi pastinya akan kesulitan untuk pekerjaan yang satu ini.

3. Product Knowledge

Tugas dari seorang Customer Service adalah menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan atau klien terkait produk yang di pasarkan. Jadi Anda harus bisa menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh para pelanggan tersebut.

Jangan sampai ketika pelanggan bertanya tetapi Anda tidak bisa menjawabnya karena kurangnya pengetahuan yang Anda miliki. Oleh karena itu untuk menjadi seorang Customer Service harus memiliki pengetahuan terkait produk yang di pasarkan tersebut.

4. Decision Making

Skill yang harus dimiliki seorang Customer Service selanjutnya adalah decision making. Selain harus bisa menjawab pertanyaan dari setiap pelanggan, Customer Service juga harus bisa memberikan solusi permasalahan pelanggan secara cepat dan tepat.

Seorang Customer Service harus tahu apakah permasalahan yang dialami oleh pelanggan dapat diselesaikan sendiri atau harus melibatkan tim teknis dan manager. Jadi skill yang satu ini sangatlah penting untuk dimiliki oleh soerang Customer Service.

5. Adaptasi

Seorang Customer Service juga harus cepat beradaptasi terhadap segala permasalahan yang ada karena setiap pelanggan akan datang dengan watak dan permasalahan yang berbeda-beda antara pelanggan satu dengan pelanggan yang lainnya.

Jadi Anda harus cepat beradaptasi dengan berbagai permasalahan yang dialami oleh para pelanggan mulai dari permasalahan yang mengharuskan menjawab pertanyaan dengan benar, dan permasalahan yang memerlukan sebuah solusi yang tepat.

6. Empati

Empati merupakan skill yang harus dimiliki seorang Customer Service berikutnya yang harus Anda ketahui. Empati juga bisa membangun komunikasi yang baik dengan para pelanggan menghubungi pihak Customer Service.

Jadi setiap orang yang datang menghubungi pihak Customer Service dengan berbagai macam permasalahan yang dialaminya, akan merasa dihargai apabila Customer Service mau memberikan sebuah solusi dan penanganan yang tepat.

7. Sabar dan Jangan Terpancing Emosi

Kesabaran dan tidak mudah terpancing emosi adalah skill terakhir yang harus dimiliki oleh seorang Customer Service. Karena sifat pelanggan pastinya berbeda-beda ada yang ramah dan ada juga yang sering memaki-maki.

Oleh karena itu Customer Service harus tetap sabar dalam menangani hal tersebut. Intinya jangan mudah terpancing jika pelanggan datang kemudian bertanya dengan marah-marah, tetap layani pelanggan tersebut dengan pelayanan yang ramah.

Untuk bisa menjadi seorang Customer Service Anda harus memiliki ke 7 skill di atas untuk memenuhi persyaratan nya. Jika sudah memenuhi persyaratan skill yang harus dimiliki seorang Customer Service maka bisa mencari lowongan pekerjaan tersebut.

Bagikan Artikel: