skill yang harus dimiliki oleh telemarketing

Skill yang Harus Dimiliki oleh Telemarketing, Ketahui Daftarnya

Ada beberapa skill yang harus dimiliki oleh telemarketing, karena telemarketer memiliki andil besar dalam perusahaan. Selain untuk menawari produk atau jasa pada suatu perusahaan, telemarketing juga cukup untuk membuat citra perusahaan kepada konsumennya.

Selain itu secara tidak langsung, hampir setiap usaha memiliki aktivitas telemarketing, baik itu usaha skala rumahan atau pedagang kaki lima. Karena aktivitas utama dalam telemarketing sendiri yaitu berkaitan dengan penawaran produk atau jasa pada pelanggan melalui marketing. 

Ketahui Terlebih Dahulu Apa Itu Telemarketing

Telemarketing merupakan strategi marketing untuk menawarkan produk atau jasa kepada konsumen menggunakan telepon. Seseorang yang beraktivitas telemarketing dikenal juga dengan telemarketer. 

Telemarketing sendiri hampir merata digunakan di banyak jenis industri, seperti telekomunikasi, perbankan, dan jasa lainnya. Pada umumnya, telemarketing sering digunakan pada perusahaan untuk mensosialisasikan atau menawarkan produk maupun jasa terbarunya melalui telepon. 

Tidak sedikit ahli marketing menganggap telemarketing lebih mudah diterima banyak orang, sebab sifatnya berbicara secara langsung kepada calon konsumen. Selain itu, produk yang ditawarkan bisa langsung mengarah pada target pasar dan sesuai dengan produk tersebut.

Untuk lebih jelasnya bisa disimak pada uraian berikut ini. Namun, sebelum membahas skill yang harus dimiliki oleh telemarketing, berikut ada beberapa tugas dan tanggung jawab dari telemarketer.

  1. Menawarkan produk atau jasa dan memberi informasi yang jelas pada konsumen agar telemarketer tertarik membelinya. 
  2. Memberikan pengetahuan tentang produk atau jasa yang akan ditawarkan.
  3. Mengumpulkan informasi berhubungan dengan produk atau jasa yang ditawarkan pada konsumen melalui telepon, sehingga nantinya akan lebih mudah untuk bisa menjawab ketika menghadapi pertanyaan diajukan konsumen mengenai produk atau jasa tersebut.
  4. Memberikan motivasi berupa kata-kata yang baik agar konsumen bisa tertarik mengenai produk atau jasa yang sedang ditawarkan. 
  5. Memberikan segala kemudahan pada para calon konsumen dan juga pelanggan lainnya agar telemarketer semakin tertarik untuk membeli produk atau memakai jasa yang sedang ditawarkan seorang telemarketing.

Baca juga: Perbedaan telesales dengan telemarketing

Inilah Skill yang Harus Dimiliki oleh Telemarketing

Setelah mengetahui beberapa tugas dari marketing, telemarketer juga memerlukan skill tertentu untuk menunjang karirnya tersebut. Ada beberapa skill yang harus dimiliki telemarketing. Salah satunya yaitu paling baku dimiliki oleh telemarketer adalah marketing itu sendiri.

  1. Marketing

Skill marketing merupakan salah satu skill wajib dimiliki seseorang yang ingin bekerja dalam telemarketing. Karena pekerjaan tersebut mengharuskan untuk bisa mengenal target pasar mulai dari usia, gender, demografi, dan lain sebagainya.

Selain itu skill yang harus dimiliki oleh telemarketing yaitu perlu memahami mengenai pasar maupun target konsumen dari suatu perusahaan, sehingga strategi pemasaran bisa berjalan dengan lancar. 

Dengan memahami hal tersebut, telemarketer juga dituntut untuk bisa mengetahui bagaimana melakukan pendekatan kepada pelanggan atau calon konsumen ketika menelepon.

  1. Komunikasi

Komunikasi merupakan inti dari ilmu atau skill telemarketing itu sendiri. Tugas telemarketing sendiri yaitu harus menghubungi banyak orang, tentu agar lancar jika mampu berkomunikasi dengan baik. 

Kemampuan komunikasi yang baik bisa menjadi kunci lancarnya ketika melakukan percakapan hingga sampai proses penawaran produk. Dari beberapa kemampuan tersebut, berikut skill yang harus dimiliki oleh telemarketing dalam bidang komunikasi.

  • Mampu berbicara dengan cepat dengan notasi yang tepat

Sebagai telemarketer, diharuskan untuk bisa menjelaskan produk dengan cepat supaya konsumen merasa tidak terbuang waktunya. Selain itu perlu diperhatikan juga untuk melakukan penyampaian dengan intonasi yang tepat.

Dalam menyampaikan dengan intonasi yang cepat tidak boleh terlalu kaku dan juga kurang bersemangat. Untuk melakukan komunikasi perlu menyampaikan penjelasan dengan intonasi santai tetapi bersifat formal.

  • Dapat membangun pembicaraan yang menyenangkan pada pelanggan

Telemarketing sendiri tidak secara langsung bertemu dengan konsumen, oleh sebab itu sikap ketika melakukan panggilan telepon sangatlah penting. Telemarketer diharuskan untuk mampu membuat pembicaraan yang mengalir seperti sedang mengobrol. 

Sebaik mungkin ketika melakukan telemarketing untuk tidak terpaku pada skrip. Ini menjadi salah satu dari skill yang harus dimiliki oleh telemarketing.

Telemarketing yang efektif yaitu ketika seseorang mampu membangun pembicaraan terasa seperti alamiah. Untuk mencobanya bisa menggunakan pendekatan awal menarik, sehingga calon konsumen akan merasa senang.

Baca juga: Tips telemarketing untuk pemula

  • Kemampuan manajemen waktu

Selain harus melakukan panggilan ke banyak konsumen, telemarketer diharuskan juga dapat mengelola tugas-tugas yang dilakukan dengan baik. Hal tersebut seperti mencatat data pelanggan, memeriksa email, dan sebagainya. 

Selain itu, juga harus mengetahui jadwal terbaik untuk menghubungi konsumen. Karena untuk bisa menyelesaikan semuanya, tentu dituntut harus punya manajemen waktu yang baik. Jadi, telemarketing merupakan salah satu strategi marketing digunakan oleh perusahaan.

Ini dilakukan dengan menggunakan media telepon. Tugas telemarketing sendiri yaitu seperti menawarkan produk atau jasa kepada konsumen, memberi informasi produk atau jasa kepada konsumen, dll. 

Posisi ini biasanya memiliki cukup banyak peminat. Untuk melakukan tugas-tugas tersebut, telemarketer perlu menguasai skill yang harus dimiliki oleh telemarketing seperti sudah disebutkan di atas.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!