10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

perbedaan spg dengan merchandiser

Perbedaan SPG dengan Merchandiser

Perbedaan SPG dengan Merchandiser kerap dipertanyakan oleh sebagian orang, hal tersebut dikarenakan masih banyak orang awam yang belum dapat membedakan perbedaan fungsi dari dua jenis pekerjaan tersebut. Walau memiliki nama berbeda, namun sekilas serupa.

Fungsi utama dari kedua jenis pekerjaan tersebut kerap disamakan dalam bentuk menjual produk yang ditawarkan oleh perusahaan, namun walau begitu karena memiliki nama berbeda fungsi kedua profesi tersebut tidak dapat disamakan dari berbagai aspek manapun.

Hal tersebut dikarenakan kedua jenis pekerjaan tersebut memiliki tugas pokok serta fungsi berbeda satu sama lain, oleh karena itulah banyak orang mempertanyakan mengenai perbedaan spg dengan merchandiser supaya dapat mengeri pekerjaannya lebih jelas.

Definisi Serta Pengertian SPG

SPG atau merupakan singkatan dari Sales Promotion Girl merupakan salah satu jenis pekerjaan yang umum Anda temui pada dunia kerja, merupakan seseorang yang bertugas serta bertanggung jawab untuk melakukan penjualan secara langsung kepada konsumennya.

Hal tersebutlah yang mendasari perbedaan spg dengan merchandiser, karena dalam profesi ini Anda akan diberi tanggung jawab melakukan penjualan pada toko maupun daerah yang telah ditentukan oleh pembuat keputusan. Anda harus menjual produk sesuai dengan target.

Dapat dikatakan fungsi serta tugas utama dari pekerjaan ini adalah Anda diminta untuk melakukan penjualan produk terhadap target yang telah ditentukan. Jumlah seberapa banyak produk harus dijual tiap harinya juga telah ditentukan, Anda hanya tinggal menjualnya saja.

Definisi Serta Pengertian Merchandiser

Sedangkan Merchandiser atau biasa disingkat menjadi MD, merupakan sebuah profesi dilakukan untuk melakukan pengecekan setiap produk pada toko atau area yang telah ditentukan. Hal inilah yang menjadi dasar perbedaan spg dengan merchandiser umumnya.

Secara spesifiknya jika Anda bekerja sebagai MD akan diminta pertanggung jawaban berupa pengecekan, atau dalam dunia marketing sering disebut sebagai visibility atau keterlihatan produk yang diperjual belikan oleh toko serta area tanggung jawab Anda bekerja saat ini.

Seorang MD harus selalu memastikan bahwa stok setiap produk dagangan perusahaannya selalu ada di toko maupun target wilayahnya, sebagai perbedaan spg dengan merchandiser juga berfungsi untuk memastikan bahwa produknya tidak terhalangi oleh produk merk lain.

Garis Besar Perbedaan

Sebagai orang awam Anda pasti merasa kesusahan untuk membedakan kedua jenis pekerjaan tersebut, terlebih jika Anda harus menentukan sebagai calon pelamar kerja ingin mendaftar serta menentukan divisi mana yang harus didaftar. Hal itu terjadi karena merasa bingung.

Kebingungan ini biasanya berasal dari ketidak mengertian perihal perbedaan spg dengan merchandiser, walaupun sudah memahami definisinya satu per satu namun tidak semua orang bisa langsung memahaminya dengan mudah. Supaya tidak kebingungan kembali.

Oleh sebab itulah Anda perlu memahami serta mendalami perbedaan masing-masing jenis pekerjaan ini, namun perlu diingat bahwa walau memiliki kegiatan hampir serupa namun keduanya sangat berbeda. Mulai dari jobdesk hingga tugas pokoknya semua berbeda-beda.

  1. Perbedaan Area Kerjanya

Perbedaan spg dengan merchandiser paling utama terletak pada jumlah toko serta area kerja masing-masing karyawannya. Hal tersebut menjadi dasar perbedaan paling mendasar bagi Anda jika ingin mengerti lebih detail mengenai mengapa kedua pekerjaan ini berbeda.

Umumnya jangkauan area seorang karyawan MD lebih luas, hal ini dibuktikan dengan jumlah toko yang menjadi tanggung jawabnya. Setiap karyawan MD harus mengawasi lebih dari satu, bahkan bisa mencapai puluhan toko yang terdapat pada sebuah area tertentu.

Sedangkan perbedaan spg dengan merchandiser perihal area yang harus menjadi tanggung jawab sales promotion girl memiliki ruang lingkup lebh kecil jika dibandingkan dengan MD. Biasanya seorang spg hanya membawahi satu hingga beberapa toko dalam satu area saja.

  1. Struktur Organisasinya Berbeda

Struktur organisasi memiliki peranan cukup penting terhadap keberlangsungan sebuah perusahaan, oleh karena itu jika perusahaan ingin memiliki hasil penjualan cukup bagus harus memperhatikan dengan seksama perihal struktur organisasi yang digunakannya.

Secara struktur organisasi sendiri perbedaan spg dengan merchandiser terletak pada penempatan kekuasaan atau biasa disebut pembangku kebijakannya, bisa dibilang MD biasanya terdapat pada divisi pemasaran selaku pemangku strategi memasarkan produk.

Sedangkan untuk SPG sendiri biasanya terdapat pada bagian sales, atau dapat dikatakan sebagai bawahan divisi pemasaran selaku karyawan yang berfungsi untuk melakukan direct selling kepada konsumennya.

Selain itu juga terdapat perbedaan lainnya juga, namun hal yang paling mencolok terletak pada tugas utamanya. Dengan memahami tugas utamanya Anda akan lebih mengetahui perbedaan spg dengan merchandiser.

Bagikan Artikel: