gaji arranger musik

Gaji Arranger Musik Capai 3 Digit Dalam Sekali Projek

Pada umumnya gaji arranger musik cukup tinggi. Dapat dikatakan bahwa nominalnya dapat melebihi dari UMR daerah tempat bekerja. Karena pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam bidang musik. Dan tidak semua orang memiliki hal tersebut.

Banyak orang yang belum mengetahui ada pekerjaan yang disebut sebagai arranger musik. Tentunya hal ini berkaitan erat dalam sebuah lagu yang banyak didengar orang.

Baca juga: Berapa gaji voice over

Apa Itu Arranger Musik?

Dalam proses menciptakan suatu musik diperlukan seorang arranger. Meskipun pada dasarnya orang hanya mengenal penulis lirik lagu dan penyanyinya. Namun peran yang dimiliki oleh seorang arranger sangat penting dalam proses penciptaan lagu. 

Karena tugasnya adalah menata musik dalam sebuah lagu. Tentunya hal tersebut sangat memiliki penting dalam suksesnya sebuah lagu. Oleh karena itu gaji arranger musik cukup tinggi.

Penataan yang akan dilakukan oleh seorang arranger adalah ritme, melodi, bahkan warnanya. Dalam menciptakan suatu musik seorang arranger juga akan memainkan musik skor yang harus diatur.

Sehingga akan menghasilkan nada indah untuk didengar. Dan nada tersebut terkesan lebih nyaman serta sesuai dengan liriknya. Namun Anda perlu tahu bahwasanya seorang arranger tidak ada hanya ada dalam musik saja. 

Namun semua hal yang berkaitan dengan kesenian memerlukan penata. Seperti contohnya yaitu ketika ada drama musikal, iklan, film, serial, bahkan konser sekaligus. Karena musik atau lagu tidak dapat diputar secara sembarangan.

Perlu diaransemen dengan baik agar dapat dinikmati oleh penonton. Oleh karena itu banyak yang mencari posisi sebagai arranger. 

Tugas dan Tanggung Jawab Arranger Musik

1. Mengatur Melodi dan Harmoni

Sebagai arranger musik, tugas utama mereka adalah mengatur melodi dan harmoni dalam sebuah komposisi. Mereka mengambil komposisi musik yang diberikan dan membuat pengaturan yang tepat untuk berbagai alat musik dan suara vokal. Mereka harus memastikan bahwa melodinya menarik dan harmoninya sesuai dengan nada dan nuansa yang diinginkan.

2. Mengembangkan Aransemen Musik

Arranger musik bertanggung jawab untuk mengembangkan aransemen musik yang unik dan menarik. Mereka mengatur bagian-bagian musik seperti intro, verse, chorus, bridge, dan outro, serta menambahkan variasi musik yang menarik dalam lagu. Arranger musik juga memilih instrumen musik yang akan digunakan dan menentukan peran setiap instrumen dalam karya tersebut.



3. Menulis Notasi Musik

Sebagai seorang arranger musik yang profesional, mereka harus mampu menulis notasi musik. Hal ini penting agar musisi dan pemain musik lainnya dapat membaca dan memainkan musik dengan benar. Arranger musik harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang teori musik dan memahami notasi musik secara detail.

4. Mengatur Penggunaan Teknologi Musik

Dalam era digital saat ini, penggunaan teknologi musik telah menjadi hal yang umum. Seorang arranger musik harus menguasai perangkat lunak produksi musik dan alat musik elektronik yang digunakan dalam proses aransemen. Mereka harus mampu memanfaatkan teknologi dengan baik untuk menciptakan suara dan efek musik yang diinginkan.

5. Berkolaborasi dengan Musisi dan Produser

Arranger musik bekerja sama dengan musisi, penyanyi, dan produser untuk mencapai hasil yang diinginkan. Mereka harus dapat memahami keinginan musisi dan produser, serta memberikan masukan dan saran yang kreatif dalam aransemen musik. Kemampuan untuk berkolaborasi dengan baik dan menghargai ide-ide orang lain sangat penting dalam pekerjaan ini.

6. Memiliki Kreativitas yang Tinggi

Seorang arranger musik harus memiliki kreativitas yang tinggi dalam menghasilkan aransemen musik yang unik dan menarik. Mereka harus mampu berpikir di luar kotak dan menciptakan nuansa musik yang sesuai dengan tema lagu. Kemampuan untuk menggabungkan berbagai elemen musik dengan cara yang baru dan segar akan memberikan nilai tambah pada karya mereka.

Baca juga: Manfaat Mendengarkan Musik saat Bekerja

Skill yang Harus Dikuasai oleh Arranger Musik



1. Pengetahuan Harmoni

Salah satu keterampilan paling penting bagi seorang arranger musik adalah pengetahuan yang kuat tentang harmoni musik. Anda perlu memahami skala musik, akord-akord yang berbeda, dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain. Ini akan memungkinkan Anda untuk menciptakan harmoni yang menarik dan sesuai dengan jenis musik yang Anda kerjakan.

2. Pemahaman tentang Instrumen

Seorang arranger musik harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang berbagai instrumen musik. Anda perlu tahu karakteristik dan kemampuan masing-masing instrumen agar dapat mengatur mereka dengan baik dalam aransemen musik Anda. Hal ini akan membantu Anda menciptakan suara yang seimbang dan menarik.

3. Kemampuan Melodi

Selain harmoni, arranger musik juga harus memiliki kemampuan dalam menciptakan melodi yang menarik. Anda perlu mengerti bagaimana membuat melodi yang mudah diingat, kreatif, dan sesuai dengan suasana musik yang diinginkan. Melodi yang baik akan membantu membedakan aransemen Anda dari yang lain.

4. Keterampilan Orkestrasi

Orkestrasi adalah kemampuan untuk mengatur suara dan instrumen secara efektif dalam sebuah komposisi. Seorang arranger musik harus dapat memilih instrumen yang tepat, menempatkan mereka pada posisi yang sesuai, dan menghasilkan kombinasi suara yang memukau. Keterampilan orkestrasi yang baik akan memberikan dimensi dan kedalaman pada aransemen musik Anda.

5. Penggunaan Teknologi Musik

Di era digital ini, penggunaan teknologi musik menjadi penting bagi seorang arranger. Anda harus memahami perangkat lunak musik, MIDI, dan produksi musik digital secara umum. Kemampuan ini akan memungkinkan Anda untuk menciptakan suara yang lebih kompleks dan inovatif.

6. Kreativitas

Kreativitas adalah aspek penting dalam pekerjaan seorang arranger musik. Anda perlu memiliki kemampuan untuk berpikir di luar kotak, menghasilkan ide-ide baru, dan menghadirkan pendekatan segar dalam aransemen musik. Kreativitas akan memberikan sentuhan pribadi pada karya Anda dan membuatnya lebih menarik.

Peran Arranger Musik yang Perlu Diketahui

Setiap bidang pekerjaan tentunya memiliki peran dan tanggung jawab masing-masing. Tidak lain seorang penata lagu juga mendapatkan peran dan tanggung jawab dalam tugas yang dijalankan.

Dalam suatu pertunjukan sinematik seorang penatap biasanya akan membuat musik score. Ini merupakan suatu iringan dalam pertunjukan yang dimainkan. Bahkan penata juga memiliki peran untuk dapat merubah suasana dari sebelumnya. 

Hal ini bisa didapatkan dengan melakukan perubahan dari perbedaan suara nada dan efek pada suatu nada. Penting juga untuk melakukan transkrip musik menjadi notasi. Sehingga hal tersebut dapat memudahkan para musisi untuk memahaminya. 

Untuk dapat membuat transkrip sendiri diperlukan keahlian khusus untuk mengolah suatu software komputer. Sehingga gaji arranger musik yang bernilai ratusan juta sepadan dengan peran dijalankan.

Bahkan seorang penata juga bisa memainkan alat-alat musik. Tentunya alat-alatnya disesuaikan dengan kemampuan. Namun kebanyakan orang yang sudah memiliki jam terbang tinggi dapat memainkan berbagai macam jenis alat musik. Sehingga akan memudahkannya dalam menjalankan tugas dan peran dalam suatu pertunjukan.

Kreativitas juga harus dimainkan dalam posisi menjadi seorang arranger. Karena harus dapat menyusun dengan baik untuk dapat menghasilkan performa mengesankan bagi para penonton.

Tentunya didukung dengan kolaborasi dan bekerja dalam tim serta kemampuan leadership yang baik. Sehingga mampu membawa tim untuk memberikan performa terbaiknya dalam pertunjukan karya seni. 

Di Indonesia sendiri ada banyak arranger terkenal yang telah mendunia. Tentunya dengan gaji arranger musik yang ditawarkan Anda tidak perlu ragu lagi dengan posisi tersebut.

Baca juga: Jurusan Kuliah untuk Orang yang Tidak Terlalu Pintar

Jurusan Kuliah untuk Arranger Musik

Jurusan Kuliah untuk Arranger Musik. Sumber: pexels.com

Menjadi seorang arranger musik adalah pilihan karir yang menarik dan memikat bagi para pecinta musik yang memiliki keahlian dalam mengatur dan mengolah suara. Bagi Anda yang ingin mengasah keterampilan dan pengetahuan dalam bidang ini, banyak universitas dan institut musik yang menawarkan jurusan khusus untuk arranger musik.

Berikut beberapa jurusan kuliah yang dapat diambil untuk mempelajari seni pengaturan musik dengan mendalam di antaranya:

  • Jurusan Komposisi Musik
  • Jurusan Musik Elektronik
  • Jurusan Musik Jazz dan Populer
  • Jurusan Musik Klasik
  • Jurusan Produksi Musik

Nominal Gaji Arranger Musik

Seorang penata lagu memiliki tugas tersendiri dalam suatu pertunjukan. Posisi tersebut tentunya sangat penting untuk dapat mensukseskan acara. Oleh karena itu gaji arranger musik ditawarkan juga cukup tinggi nominalnya. 

Namun sesuai dengan project yang saat itu sedang dijalankan. Untuk kisaran nominalnya sendiri diantara 4 sampai 8 juta. Bahkan seorang arranger profesional dapat menghasilkan uang ratusan juta dalam satu project saja.

Tentunya apabila project tersebut sukses besar maka bonus juga didapatkan. Oleh karena itu seorang penata seni yang sudah memiliki pengalaman dan terbang tinggi akan sangat dihargai.

Menjadi seorang penata lagu sendiri merupakan salah satu puncak karir bagi seorang pecinta seni. Sehingga sebelum mendapatkan posisi ini banyak orang melalui posisi lain terlebih dahulu.

Seperti contohnya yaitu membuat lirik ataupun melodi sederhana dalam lagu. Hingga karet tertinggi yang didapatkan yaitu dapat menjadi seorang arranger.

Oleh karena itu gaji arranger musik juga tidak main-main apabila seseorang sangat memahami seni. Anda juga dapat menekuni pekerjaan ini apabila menyukai semua hal berbau seni.

Jenjang Karir Arranger Musik

Untuk memulai karir sebagai arranger musik, penting untuk memiliki pengetahuan yang kuat tentang teori musik, termasuk harmoni, melodi, ritme, dan struktur musik. Pendidikan formal dalam bidang musik, seperti gelar dalam komposisi musik atau aransemen, dapat memberikan dasar yang kokoh bagi karir Anda. Namun, banyak arranger musik juga belajar secara mandiri melalui pengalaman dan eksperimen musik mereka sendiri.

Selain pengetahuan musik yang kuat, keterampilan teknis juga diperlukan dalam penggunaan perangkat lunak dan peralatan musik modern. Arranger musik saat ini sering menggunakan perangkat lunak komputer untuk membuat aransemen musik yang kompleks dan realistis. Keterampilan dalam mengoperasikan perangkat lunak seperti Digital Audio Workstation (DAW), seperti Ableton Live, Logic Pro, atau Pro Tools, sangat berharga dalam dunia industri musik saat ini.

Selanjutnya, kolaborasi dengan musisi dan produser musik lain juga merupakan bagian penting dari karir sebagai arranger musik. Menyampaikan visi artistik Anda kepada orang lain dan bekerja sama dalam tim dapat membantu menghasilkan karya yang lebih baik dan terhubung dengan berbagai peluang karir. Keterampilan komunikasi dan interpersonal yang kuat juga sangat diperlukan dalam membangun hubungan yang baik dengan klien dan rekan kerja.

Arranger Musik Terkenal di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa arranger Indonesia yang telah mengukir prestasi dan memberikan kontribusi besar dalam industri musik Tanah Air:

1. Erwin Gutawa

Erwin Gutawa adalah salah satu arranger terkenal di Indonesia. Beliau telah menggarap berbagai jenis musik, mulai dari pop, rock, jazz, hingga musik klasik. Karya-karyanya selalu dinanti dan ditunggu oleh pecinta musik Indonesia. Erwin Gutawa juga dikenal sebagai pencipta aransemen yang kreatif dan inovatif.

2. Andi Rianto

Andi Rianto adalah seorang komposer dan arranger yang telah meraih banyak penghargaan di industri musik Indonesia. Beliau sering bekerja sama dengan berbagai musisi ternama dalam menggarap lagu-lagu hits. Andi Rianto juga terlibat dalam produksi musik untuk film-film Indonesia yang sukses.

3. Addie MS

Addie MS adalah arranger Indonesia sekaligus musisi yang memiliki dedikasi tinggi dalam berkarya. Beliau telah mengaransemen musik untuk berbagai konser, baik dalam skala nasional maupun internasional. Addie MS juga dikenal sebagai pendiri dan pengarah Paduan Suara Mahasiswa Universitas Indonesia (PSM UI), yang telah meraih banyak penghargaan bergengsi.

4. Tya Subiakto

Tya Subiakto adalah seorang arranger dan produser musik yang telah berkontribusi dalam industri musik Indonesia selama bertahun-tahun. Beliau telah menggarap berbagai album sukses dari artis-artis terkenal di Tanah Air. Tya Subiakto juga terlibat dalam produksi musikal dan konser yang menghadirkan pertunjukan musik yang spektakuler.

5. Andi Bayou

Andi Bayou adalah arranger yang memiliki gaya unik dalam mengaransemen musik. Beliau sering kali memadukan unsur-unsur musik tradisional Indonesia dengan musik modern, menciptakan kombinasi yang menarik dan khas. Andi Bayou juga aktif dalam kolaborasi dengan berbagai musisi dan artis Indonesia.

Dengan segala prestasi yang telah diraih, para arranger terkenal di Indonesia ini telah memberikan warna dan sumbangsih besar dalam industri musik Tanah Air. Karya-karya mereka akan terus dikenang dan menjadi inspirasi bagi generasi musisi muda Indonesia.

Baca juga: Seputar Gaji Pegawai Bioskop Tantangan dan Kompensasinya

Perbedaan Komposer dan Arranger Musik

Perbedaan mendasar antara komposer dan arranger adalah pada karya yang mereka ciptakan. Komposer menciptakan musik orisinal dari awal, sedangkan arranger mengatur ulang musik yang sudah ada. Komposer fokus pada pembuatan lagu baru dengan ide-ide mereka sendiri, sementara arranger memberikan sentuhan kreatif pada musik yang sudah ada untuk memberikan versi yang baru dan berbeda.

Meskipun perbedaan antara komposer dan arranger musik mungkin terlihat samar bagi banyak orang, peran masing-masing memiliki kontribusi yang unik dalam menciptakan musik. Keduanya saling melengkapi dalam proses menciptakan musik yang menginspirasi dan memikat pendengar.

Perbedaan Arranger Musik dan Penata Musik

Seperti namanya, arranger musik bertanggung jawab untuk mengatur dan mengatur ulang elemen musik dalam sebuah karya. Mereka bekerja dengan komposisi musik yang sudah ada, seperti lagu atau melodi, dan mengembangkannya menjadi aransemen yang lebih lengkap.

Seorang arranger musik memiliki pemahaman yang mendalam tentang harmoni, melodi, dan ritme, serta pengetahuan tentang berbagai instrumen musik. Mereka dapat mengubah melodi menjadi harmonisasi yang kompleks, menambahkan lapisan musik baru, dan mengatur bagian-bagian musik agar cocok dengan nada dan suasana yang diinginkan.

Di sisi lain, tugas penata musik adalah untuk mengarahkan dan mempersiapkan musisi serta instrumen musik dalam sebuah pertunjukan. Mereka bekerja di panggung dan berkolaborasi dengan para musisi untuk memastikan bahwa musik yang dibawakan sesuai dengan visi komposer atau aransemen yang sudah ada. Penata musik juga bertanggung jawab dalam menentukan susunan dan penempatan musisi dan instrumen pada panggung, serta memastikan bahwa suara yang dihasilkan tetap seimbang dan harmonis.

Perbedaan utama antara arranger musik dan penata musik terletak pada peran dan tanggung jawab mereka dalam proses musik. Arranger musik berfokus pada pengaturan elemen musik yang sudah ada, sedangkan penata musik berfokus pada pengaturan pertunjukan secara keseluruhan. Keduanya saling melengkapi dan berkontribusi pada penghasilan musik yang berkualitas.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!