Gaji voice over

Kisaran Gaji Voice Over dan Tugas yang Harus Dijalankan

Gaji voice over terbilang cukup tinggi nominalnya sebagai seorang pengisi suara. Sehingga saat ini banyak orang yang menginginkan posisi sebagai seorang pengisi suara di berbagai bidang.

Karena voice over sendiri memiliki nominal gaji berbeda-beda tergantung dengan bidang yang ditekuni. Tentunya didukung juga dengan perusahaan tempat bekerja dan domisili kantor tersebut.

Apa Itu Voice Over?

Banyak orang belum mengenal dengan pekerjaan voice over. Namun masyarakat Indonesia lebih akrab dengan sebutan pengisi suara. Kedua pekerjaan tersebut merupakan satu hal yang sama dengan penyebutan berbeda. Voice over banyak dibutuhkan dalam dunia digital.

Bidang-bidang pada voice over sendiri mulai dari animasi, produksi film, bahkan iklan. Sehingga ada banyak pilihan bisa Anda sesuaikan dengan minat dan bakat.

Menjadi seorang pengisi suara sendiri tentunya dibutuhkan skill yang memadai. Karena Anda dituntut untuk dapat memberikan suara sesuai dengan tampilan yang ada.

Sehingga adanya suara Anda maka dapat memberikan informasi tentang suatu layanan ataupun produk. Bahkan juga cerita harus disampaikan kepada para penonton.

Oleh karena itu gaji voice over juga terbilang cukup tinggi. Hal ini didukung dengan peran dan tanggung jawab dimiliki oleh seorang pengisi suara. 

Cara untuk merekam suara sendiri yaitu dengan menggunakan teknik produksi. Yaitu merekam suara seorang voice over dengan alat tertentu untuk digunakan di luar layar.

Sehingga suara sebelumnya telah terekam tersebut akan ditempelkan pada produk audio visual. Biasanya seorang pengisi suara akan membaca teks dimana sebelumnya sudah dibuat oleh seorang script writer. 

Untuk membaca narasi ataupun naskah sendiri tidak boleh sembarangan. Ada teknik khusus dan ketentuan berlaku sesuai dengan produk audio.

Sehingga nada dan suara khusus dikeluarkan oleh seorang voice over bisa berbeda-beda. Sesuai dengan tema atau ketentuan produk yang sedang dikerjakan. 

Baca juga: Berapa gaji content creator saat ini? Cukup Menggiurkan?

Berapa Gaji Voice Over?

Dengan skill dan kemampuan harus dimiliki tentunya voice over akan mendapatkan bayaran setimpal. Meskipun gaji yang akan didapatkan sesuai dengan projek pekerjaannya.

Pengisi suara akan dibayarkan sesuai dengan hitungan menit pengerjaan yang sedang dilakukan. Kebanyakan perusahaan akan menerapkan hal tersebut bagi voice over yang sedang diajak bekerja sama.

Untuk kisaran gaji voice over sendiri mulai dari 100.000 per menit sampai dengan 1 juta per menitnya. Tentunya ini juga didukung dengan pengalaman yang sudah didapatkan dari seorang voice over artist.

Semakin banyak pengalaman yang Anda miliki maka semakin tinggi juga gajinya. Karena pengalaman yang banyak akan membuat Anda mendapatkan project yang besar dan menarik.

Jika hal tersebut terjadi maka gaji voice over akan melambung tinggi. Terlebih semakin rumit naskah yang harus dibacakan maka dana didapatkan juga semakin tinggi.

Peran dan Tugas Seorang Voice Over

Setiap pekerjaan tentunya memiliki peran dan tugas masing-masing. Tentunya seorang voice over juga memiliki perannya dalam pekerjaan.

Jika Anda menjadi seorang voice over Anda harus dapat membuat beragam versi suara. Karena project yang didapatkan tentunya memiliki ketentuan dan tema masing-masing.

Meskipun di harus membuat suara menarik tentunya pesan juga harus dapat disampaikan dengan baik kepada penonton. Sehingga seorang pengisi suara harus bisa menyelaraskan nada dengan produk audio visualnya.

Penting juga untuk mengenali target penonton terlebih dahulu. Sehingga pesan yang disampaikan dapat tertangkap dengan baik oleh para penonton.

Karena setiap penonton tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Oleh karena itu penyampaian pesan dan nada yang digunakan juga harus berbeda.

Gaji voice over yang diterima juga menuntut seorang pengisi suara dapat menjaga kualitasnya. Sehingga performa diberikan maksimal dan tidak membawa kekecewaan. 

Anda juga harus terus mengembangkan bakat dimiliki. Sehingga dapat mengisi suara di berbagai macam project ke depannya. Voice over juga harus memiliki karakteristik terhadap suaranya. Sehingga akan menjadi ciri khas dinantikan banyak orang.

Apabila melakukan pengisian suara dalam suatu film penting untuk mendapatkan file sesuai dengan peran yang dimainkan. Sehingga pembawaan suara akan lebih terasa nyata. Dan penonton juga akan lebih menikmati pertunjukan tersebut.

Dari banyaknya peran tugas dan tanggung jawab dimiliki seorang pengisi suara maka pekerjaan ini bukanlah sembarangan. Sehingga gaji voice over juga dihitung per menit dari setiap pekerjaan yang dijalani.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!