cara menjadi hacker

11 Cara Menjadi Hacker: Panduan Lengkap dari Pemula hingga Pro!

Apa itu hacker? Dan bagaimana cara menjadi hacker? Dalam dunia teknologi yang terus berkembang, istilah “hacker” seringkali dianggap negatif dan dikaitkan dengan tindakan kejahatan. Namun, jika Anda melihat lebih dalam, ada sisi baik dari keberadaan hacker. Sejatinya, hacker memiliki peran penting dalam mengamankan sistem dan memberikan kontribusi positif dalam pengembangan keamanan siber. Artikel ini akan membahas dengan detail mengenai apa itu hacker, peran hacker dalam keamanan siber, dan langkah-langkah cara menjadi hacker yang etis.

Apa Itu Hacker?

Hacker adalah individu yang memiliki kemampuan pemrograman dan mampu mengevaluasi sistem keamanan. Tujuan utamanya adalah untuk mengidentifikasi celah keamanan dalam perangkat lunak atau jaringan dan membantu memperbaiki kekurangan tersebut. 

Menurut TechTarget, hacker adalah individu yang menggunakan komputer, jaringan atau keterampilan lainnya untuk mengatasi masalah teknis.

Baca juga: 10 Cara Menjadi Model Profesional yang Sukses di Dunia Modeling

Jenis dan Tingkatan Hacker

1. Ethical Hacker (White hat)

White hat hackers adalah individu yang bekerja untuk meningkatkan keamanan sistem dan jaringan. Mereka melakukan tes penetrasi dan audit keamanan dengan izin dan tujuan yang jelas untuk menemukan kelemahan dan membantu organisasi untuk mengamankan sistem mereka.

2. Grey hat

Grey hat hackers beroperasi di wilayah abu-abu di antara white hat dan black hat. Mereka mungkin melakukan tindakan yang ilegal atau tidak etis, tetapi dengan niat yang sebagian besar baik. Mereka bisa mencoba mengidentifikasi kerentanannya dalam sistem tanpa izin atau mempublikasikan informasi yang ditemukan tanpa izin.



3. Cracker (Black hat)

Black hat hackers adalah penjahat siber. Mereka melakukan serangan dengan niat jahat, seperti mencuri data pribadi, merusak sistem, mencuri uang, atau menyebabkan kerusakan lainnya. Mereka biasanya melanggar hukum dalam kegiatannya.

4. Script kiddies

Script kiddies adalah individu yang memiliki pengetahuan terbatas tentang hacking dan seringkali hanya menggunakan alat dan skrip yang telah ada tanpa memahami secara mendalam bagaimana mereka bekerja. Mereka cenderung kurang terampil dan sering bertindak lebih seperti pengganggu daripada hacker sejati.

5. Hacktivist

Hacktivists adalah hacker yang menggunakan keterampilan mereka untuk mendukung tujuan politik atau sosial tertentu. Mereka bisa melakukan tindakan siber seperti deface situs web, serangan DDoS, atau peretasan data dengan niat memprotes atau memengaruhi opini publik.

6. Phreaker

Phreakers adalah hacker yang berfokus pada manipulasi sistem telekomunikasi, seperti meretas panggilan telepon atau meretas sistem VoIP. Mereka dapat digambarkan sebagai hacker dalam dunia telekomunikasi.

Baca Juga : Cara Menjawab “Kegagalan Terbesar Dalam Hidup” Tanpa Ragu

Syarat Wajib Menjadi Hacker Otididak



1. Curiosity dan Passion

Hacker yang sukses memiliki rasa ingin tahu yang kuat dan semangat yang mendalam dalam memahami bagaimana teknologi bekerja. Mereka akan selalu mencoba memecahkan teka-teki dan memahami cara kerja sistem.

2. Suka Membaca

Kemampuan membaca dengan baik sangat penting dalam dunia hacking. Anda perlu belajar banyak dari berbagai sumber, termasuk buku, tutorial online, dan dokumentasi teknis. Membaca membantu Anda memahami konsep dasar, teknologi, dan metode hacking.

3. Bahasa Inggris

Banyak sumber daya dan materi pembelajaran hacking tersedia dalam bahasa Inggris. Kemampuan untuk membaca dan memahami bahasa Inggris teknis adalah aset yang sangat berharga dalam perjalanan menjadi hacker otodidak.

4. Berfikir Kreatif

Hacker perlu berpikir kreatif untuk menemukan cara-cara baru untuk mengeksploitasi kelemahan sistem dan memecahkan masalah keamanan. Kemampuan berpikir di luar kotak adalah kualitas yang sangat berharga.

5. Gak Harus PC/laptop HP pun bisa

Anda tidak harus memiliki PC/laptop HP pun bisa untuk memulai belajar hacking. Dalam banyak kasus, Anda dapat memulainya dengan perangkat smartphone. Yang penting adalah pemahaman konsep dan teknik hacking.

Baca Juga : Cara Menjawab Ceritakan Tentang Diri Anda dan Contohnya

Cara Menjadi Hacker

1. Pelajari Linux

Pertama-tama, belajar Linux adalah langkah awal yang penting. Sistem operasi ini memiliki beragam alat yang berguna dalam hacking. Dibandingkan dengan Windows, Linux lebih disukai karena alat-alat tersebut lebih mudah digunakan. Menguasai Linux akan membuka peluang lebih besar dalam menjalankan aktivitas hacking.

2. Kuasai Bahasa C

Bahasa pemrograman C menjadi kunci penting karena banyak sistem operasi, termasuk Linux, dibangun dengan dasar bahasa ini. Memahami bahasa C akan memberikan fleksibilitas saat harus mengotak-atik alat-alat dan program open-source di Linux.

3. Menguasai Berbagai Bahasa Pemrograman

Selain C, menguasai bahasa pemrograman lain juga penting. Bahasa seperti Python, SQL, dan Java memiliki peran masing-masing dalam hacking. Python digunakan untuk scripting dan otomatisasi, SQL membantu dalam serangan terhadap basis data, dan Java berguna dalam hacking aplikasi mobile.

4. Menjadi Hacker Anonymous

Sebagai seorang hacker, Anda perlu melindungi identitas Anda. Belajar menjadi hacker yang anonymous dapat membantu melindungi diri Anda dari risiko hukum dan serangan black hat hacker. Memahami cara menyembunyikan informasi pribadi adalah keterampilan penting.

5. Memahami Konsep Jaringan

Pemahaman tentang jaringan, protokol, dan jenis-jenis jaringan merupakan aspek penting dalam hacking. Mulai dari mengerti konsep dasar hingga penggunaan alat-alat seperti Wireshark atau Nmap untuk menganalisis jaringan.

6. Eksplorasi Deep dan Dark Web

Mengeksplorasi deep dan dark web memberikan pemahaman lebih dalam tentang dunia hacking. Ini bukan hanya tentang gaya-gayaan seperti dalam film-film, melainkan tentang memahami bagaimana institusi-institusi penting menggunakan dark web untuk informasi sensitif.

7. Menguasai Kriptografi

Kriptografi adalah kunci untuk mengamankan informasi dalam bentuk kode atau sandi. Mengerti cara mengenkripsi dan mendekripsi informasi penting sangatlah penting dalam dunia hacking.

8. Terus Memperbarui Pengetahuan

Dalam dunia yang terus berubah, terus mengikuti perkembangan terbaru tentang hacking sangatlah penting. Memahami konsep seperti vulnerability assessment, penetration testing, dan teknik seperti SQL injection akan membantu Anda tetap relevan.

9. Eksplorasi Kerentanan

Mencari kerentanan dalam sistem dan jaringan, serta memahami bagaimana memanfaatkannya, adalah langkah selanjutnya. Menemukan satu kerentanan saja bisa memiliki dampak besar dalam sistem.

10. Terus Berlatih

Praktek membuat sempurna. Teruslah mencoba, bereksperimen, dan memperluas pemahaman Anda tentang hacking. Ini akan membantu Anda terus meningkatkan kemampuan Anda.

11. Ikut Komunitas dan Diskusi

Ikut dalam komunitas hacking membantu Anda mendapatkan informasi baru, berbagi pengetahuan, dan bahkan mendapatkan peluang kolaborasi.

Menjadi seorang hacker tidak hanya tentang melakukan tindakan ilegal. Ethical hacker memiliki peran penting dalam menjaga keamanan siber dan memberikan kontribusi positif dalam pengembangan teknologi. 

Dengan mengikuti langkah-langkah cara menjadi hacker yang telah diuraikan di atas, Anda dapat memulai perjalanan Anda dalam dunia hacking secara etis. Tetaplah selalu mengutamakan etika dan tujuan yang baik dalam perjalanan ini.

Baca juga: Cara Menjadi Copywriter untuk Pemula, Memulai dengan Ketekunan dan Kreativitas Tanpa Batas!

Kepribadian Hacker Sejati

1. Berpikir Kreatif

Hacker sejati seringkali mempunyai kemampuan berpikir di luar kotak. Mereka mampu melihat masalah dari berbagai sudut pandang dan menemukan solusi yang kreatif dan tidak konvensional.

2. Suka Mencari Solusi atas Masalah

Hacker memiliki gairah untuk memecahkan teka-teki dan masalah. Mereka tidak hanya mencari kelemahan dalam sistem, tetapi juga mencari cara untuk mengatasi atau memitigasi masalah tersebut.

3. Gak Perlu Pamer

Hacker yang dewasa akan memiliki kesadaran akan risiko dan konsekuensi dari tindakan mereka. Mereka akan menjaga keamanan dan privasi orang lain serta tidak akan pamer.

Baca Juga : Tips Sukses Walk In Interview yang Bisa Dicoba


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!