Cara Menjawab Ceritakan Tentang Diri Anda dan Contohnya

Memahami cara menjawab ceritakan tentang diri Anda adalah salah satu bekal guna melakukan interview kerja. Menurut Indeed, saat interviewer menceritakan tentang diri Anda dalam interview hal ini berarti interviewer ingin mendapatkan ringkasan latar belakang dan keterampilan Anda. Sehingga menjawab pertanyaan ceritakan tentang diri Anda penting untuk diperhatikan. Berikut ini penjelasan terkait menjawab ceritakan tentang diri Anda dan contohnya, yuk simak!!!

Cara Menjawab “Ceritakan Tentang Diri Anda”

1. Cerita Kondisi Terkini

Bukalah jawaban dengan uraian tentang kesibukan Anda akhir-akhir ini, seperti dalam dua-tiga bulan terakhir. Contohnya, apabila Anda baru lulus kuliah, Anda bisa menceritakan seputar jurusan kuliah dan almamater perguruan tinggi Anda. Begitu juga jika Anda baru saja pindah tempat kerja. Ceritakan juga bagaimana kondisi terakhir pekerjaan Anda dan alasan mengapa Anda memilih pindah.

2. Berbagi Cerita Pengalaman

Jika Anda sudah menggambarkan hal-hal yang jadi kesibukan Anda akhir-akhir ini, Anda bisa lanjut bercerita soal pengalaman tertentu. Ceritanya bisa beragam, mulai dari pengalaman berorganisasi, kegiatan apa saja yang diikuti selama kuliah, dan kontribusi Anda terhadapnya. Ataupun apabila Anda telah bekerja, Anda dapat menggambarkan pengalaman kerja Anda yang terdahulu. Seputar kendala-kendala yang Anda hadapi dan bagaimana Anda melewati setiap rintangan tersebut.

3. Menyebutkan Pencapaian

Apabila Anda mempunyai suatu pencapaian yang menarik buat dikisahkan, sampaikan saja kepada pewawancara Anda. Pencapaian ini bisa beragam, bahkan jika itu merupakan prestasi di bidang hobi yang tidak berhubungan dengan posisi lamaran kerja Anda. Jika Anda hobi menyanyi dan mungkin pernah memenangkan lomba atau ikut audisi tarik suara, ceritakan saja. Bukan tidak mungkin bakat Anda akan berguna ketika kantor sedang ada acara-acara tertentu.



4. Cermat Berbicara

Mencermati cara menjawab ceritakan tentang diri Anda dari pewawancara juga sangat penting. Mungkin apa yang ingin Anda sampaikan adalah suatu gagasan yang brilian, tetapi jika itu tidak tersampaikan dengan baik, percuma saja.

Usahakan buat jawaban yang seefektif mungkin, namun tidak terkesan cuek. Jangan sampai belibet atau berbicara dengan berputar-putar dalam menyampaikan penjelasan. Selain itu, mainkan juga intonasi bicara Anda agar mendukung artikulasi Anda.

Tidak cuma itu, pahami pula suasana wawancara Anda. Perhatikan corak ruangan, gestur pewawancara, hingga gaya bahasa. Anda harus beradaptasi dengan hal-hal tersebut agar lebih proses wawancara terasa nyaman dan mengesankan pewawancara.

5. Hindari Menghafal

Walaupun Anda mempersiapkan cara menjawab ceritakan tentang diri Anda sedari dini, tetapi jangan menjawab pertanyaan dengan jawaban yang sudah dihafalkan. Bangunlah perbincangan yang komunikatif antara Anda dengan pewawancara dan jangan terlalu terpaku pada teks. Jauhi membaca ulang kalimat yang sudah tertera di CV. Ceritakanlah tentang diri Anda secara lebih komprehensif dan detail-detail kecil yang mengesankan.

Baca Juga : Contoh Pertanyaan Balik untuk HRD Saat Interview Kerja

Contoh Jawaban “Ceritakan tentang Diri Anda”

1. Fresh Graduate

“Saya adalah seorang lulusan baru yang baru saja menyelesaikan gelar S1 dalam [nama jurusan] dari [nama universitas]. Saya sangat antusias untuk memulai karir saya dan menerapkan pengetahuan yang saya peroleh selama kuliah.”

2. Kuliah S1

“Saya memiliki gelar S1 dalam [nama jurusan] dari [nama universitas]. Selama kuliah, saya aktif dalam berbagai proyek dan organisasi yang membantu saya mengembangkan keterampilan [sebutkan keterampilan yang relevan].”



3. Kuliah S2

“Saya memiliki gelar S2 dalam [nama jurusan] dari [nama universitas]. Melalui program S2 saya, saya mendalami [sebutkan spesialisasi atau penelitian yang relevan] yang telah mempersiapkan saya untuk berkontribusi lebih dalam dalam bidang ini.”

4. Lama Menganggur

“Saya baru-baru ini mengalami periode pengangguran karena saya fokus pada [sebutkan alasan, seperti mencari pekerjaan yang sesuai atau pelatihan tambahan]. Selama masa ini, saya aktif mengikuti kursus [nama kursus] untuk meningkatkan keterampilan saya.”

5. Berpengalaman

“Saya telah bekerja di bidang [sebutkan bidang] selama [sebutkan jumlah tahun] tahun. Selama waktu itu, saya telah bekerja dengan [sebutkan jenis proyek atau tanggung jawab] dan berhasil mencapai [sebutkan prestasi terkait].”

6. Lulusan SMA

“Saya adalah lulusan SMA yang memiliki minat yang kuat dalam [sebutkan minat atau bakat yang relevan]. Saya telah mengambil kursus [sebutkan kursus atau pelatihan] untuk mengembangkan keterampilan saya dalam bidang ini.”

7. Lulusan SMK

“Saya lulus dari SMK dengan spesialisasi dalam [sebutkan spesialisasi]. Selama masa di SMK, saya telah dilatih dalam [sebutkan keterampilan teknis yang relevan] yang siap saya terapkan dalam karir saya.”

8. Berpindah Karir

“Saya memiliki pengalaman dalam [sebutkan bidang sebelumnya], tetapi saya telah memutuskan untuk beralih ke [sebutkan bidang yang ingin Anda geluti saat ini]. Saya telah menjalani [sebutkan pelatihan atau kursus yang relevan] untuk mempersiapkan diri untuk perubahan ini.”

9. Terlambat Lulus S1

“Saya menghadapi beberapa tantangan selama kuliah saya yang menyebabkan saya terlambat lulus dengan gelar S1 dalam [nama jurusan]. Namun, saya telah belajar banyak dari pengalaman ini dan merasa siap untuk memulai karir saya.”

10. Masih Bekerja

“Saat ini, saya bekerja sebagai [sebutkan pekerjaan saat ini] di [nama perusahaan]. Selama waktu saya di sini, saya telah [sebutkan pencapaian atau tanggung jawab utama Anda] dan berencana untuk terus berkembang dalam peran ini.”


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.