10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara Menjawab Ceritakan Tentang Diri Anda

Memahami cara menjawab ceritakan tentang diri Anda adalah salah satu bekal guna melakukan wawancara kerja. Bisa jadi persoalan tersebut sekilas tampak urusan sepele untuk dijawab, tetapi nyatanya, persoalan ini lumayan sulit untuk merangkai jawabannya.

Alasannya, jawaban dari persoalan ini bakal menggambarkan cerminan pendek kepada interviewer tentang diri Anda. Baik dari kepribadian, pengalaman yang dimiliki, serta alasan mengapa melamar kerja di posisi yang Anda lamar tersebut.

Cara Menjawab Ceritakan Tentang Diri Anda

Apabila saat ini Anda lagi aktif mencari pekerjaan guna menjajal karier pertama Anda, trik satu ini penting untuk dipahami. Berikut ini adalah beberapa cara menjawab ceritakan tentang diri Anda yang bisa jadi referensi Anda ketika wawancara kerja, simak penjelasannya.

  1. Cerita Kondisi Terkini

Bukalah jawaban dengan uraian tentang kesibukan Anda akhir-akhir ini, seperti dalam dua-tiga bulan terakhir. Contohnya, apabila Anda baru lulus kuliah, Anda bisa menceritakan seputar jurusan kuliah dan almamater perguruan tinggi Anda.

Begitu juga jika Anda baru saja pindah tempat kerja. Ceritakan juga bagaimana kondisi terakhir pekerjaan Anda dan alasan mengapa Anda memilih pindah.

  1. Berbagi Cerita Pengalaman

Jika Anda sudah menggambarkan hal-hal yang jadi kesibukan Anda akhir-akhir ini, Anda bisa lanjut bercerita soal pengalaman tertentu. Ceritanya bisa beragam, mulai dari pengalaman berorganisasi, kegiatan apa saja yang diikuti selama kuliah, dan kontribusi Anda terhadapnya.

Ataupun apabila Anda telah bekerja, Anda dapat menggambarkan pengalaman kerja Anda yang terdahulu. Seputar kendala-kendala yang Anda hadapi dan bagaimana Anda melewati setiap rintangan tersebut.

  1. Menyebutkan Pencapaian

Apabila Anda mempunyai suatu pencapaian yang menarik buat dikisahkan, sampaikan saja kepada pewawancara Anda. Pencapaian ini bisa beragam, bahkan jika itu merupakan prestasi di bidang hobi yang tidak berhubungan dengan posisi lamaran kerja Anda.

Jika Anda hobi menyanyi dan mungkin pernah memenangkan lomba atau ikut audisi tarik suara, ceritakan saja. Bukan tidak mungkin bakat Anda akan berguna ketika kantor sedang ada acara-acara tertentu.

  1. Cermat Berbicara

Mencermati cara menjawab ceritakan tentang diri Anda dari pewawancara juga sangat penting. Mungkin apa yang ingin Anda sampaikan adalah suatu gagasan yang brilian, tetapi jika itu tidak tersampaikan dengan baik, percuma saja.

Usahakan buat jawaban yang seefektif mungkin, namun tidak terkesan cuek. Jangan sampai belibet atau berbicara dengan berputar-putar dalam menyampaikan penjelasan. Selain itu, mainkan juga intonasi bicara Anda agar mendukung artikulasi Anda.

Tidak cuma itu, pahami pula suasana wawancara Anda. Perhatikan corak ruangan, gestur pewawancara, hingga gaya bahasa. Anda harus beradaptasi dengan hal-hal tersebut agar lebih proses wawancara terasa nyaman dan mengesankan pewawancara.

  1. Dilarang Verbatim

Walaupun Anda mempersiapkan cara menjawab ceritakan tentang diri Anda sedari dini, tetapi jangan menjawab pertanyaan dengan jawaban yang sudah dihafalkan. Bangunlah perbincangan yang komunikatif antara Anda dengan pewawancara dan jangan terlalu terpaku pada teks.

Jauhi membaca ulang kalimat yang sudah tertera di CV. Ceritakanlah tentang diri Anda secara lebih komprehensif dan detail-detail kecil yang mengesankan.

Berikut ini adalah contoh dari cara menjawab ceritakan tentang diri Anda yang bisa Anda jadikan referensi sebagai persiapan interview kerja.

“Saya cukup aktif di UKM Kewirausahaan semasa kuliah. Saya juga sempat magang di perusahaan ternama selama tiga bulan. Pengalaman magang serta berorganisasi itu sangat menyenangkan bagi saya karena dapat mempraktikkan ilmu yang diperoleh sepanjang kuliah.

Harapannya, dengan pengalaman tersebut, walaupun pendek, saya dapat melanjutkan ke tingkatan yang lebih lagi bersama tempat kerja ini. Sebab, lowongan dan visi yang ada pada perusahaan ini selaras dengan passion serta pengalaman saya.

Saya berharap dapat ambil bagian menjadi staff HRD di perusahaan ini serta mengimplementasikan ilmu yang saya peroleh sewaktu kuliah. Itu akan jadi kesempatan yang sangat berarti buat saya.”

Itu hanya sepintas contoh saja dan Anda, sekali lagi, tidak harus menirunya secara verbatim. Berimprovisasi dan menyesuaikanlah dengan situasi yang akan Anda hadapi nantinya. Dengan demikian, cara menjawab ceritakan tentang diri Anda ini akan berguna buat Anda.

Bagikan Artikel: