alat-alat yang mesti dikuasai seorang barista

Alat-Alat yang Mesti Dikuasai Seorang Barista Andal

Seorang peracik kopi profesional tentunya harus mengetahui berbagai alat-alat yang mesti dikuasai seorang barista. Sekarang ini, kopi bukan hanya sekedar minuman saja, melainkan sudah menjadi gaya hidup. 

Sehingga para penikmat kopi dapat menikmati kopi yang sesuai dengan selera dan keinginan mereka. Dengan semakin meningkatnya penikmat kopi, memunculkan banyak dibutuhkan para peracik kopi atau barista. 

Baca juga: Tugas Dan Tanggung Jawab Seorang Barista

8 Alat-Alat yang Mesti dikuasai Seorang Barista

Profesi barista banyak diminati oleh anak-anak muda kaum milenial, yang menjadikan banyak sekali barista-barista muda di setiap kafe pada beberapa kota besar di Indonesia. Bermacam-macam kopi dengan berbagai cara penyajian telah diracik sedemikian rupa.

Pada setiap kafe yang menyediakan kopi pastinya memiliki alat-alat yang mesti dikuasai seorang barista, di mana alat khusus tersebut yang dapat digunakan untuk membantu dalam menyajikan segelas kopi yang nikmat. 

Terdapat banyak sekali alat atau mesin yang dapat digunakan untuk menyajikan kopi pada sebuah kafe atau coffee shop, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Grinder

Grinder merupakan salah satu alat-alat yang mesti dikuasai seorang barista. Alat ini merupakan alat penggiling kopi yang harus dan wajib ada pada sebuah coffee shop.

Dengan adanya alat ini barista dapat dengan mudah dan secara langsung menggiling biji kopi yang akan dijadikan minuman, karena untuk secangkir kopi yang nikmat memerlukan biji kopi yang segar.

2. Espresso maker

Espresso maker merupakan mesin pembuat espresso. Alat ini biasanya terpajang di meja bar seorang barista. Mesin ini pun memiliki banyak jenis, seperti Rok Presso dan Flair Neo Espresso Maker.

Namun kebanyakan mesin espresso yang sering digunakan pada coffee shop adalah mesin yang sudah satu paket dengan alat steam susu.

3. Scale

Scale merupakan alat yang berupa timbangan dan digunakan untuk menimbang berapa banyak kopi dan susu yang akan digunakan. 

Setiap barista pastinya memiliki takaran yang berbeda-beda dalam membuat secangkir kopi sehingga memiliki rasa khas dari setiap minuman yang dibuat dan berbeda dengan barista lainnya.



4. Kettle

Alat-alat yang mesti dikuasai seorang barista lainnya adalah kettle. Alat ini merupakan teko yang digunakan untuk memanaskan air dalam membuat setiap kopi dengan proses seduh. 

Kettle pada sebuah coffee shop biasanya memiliki ujung dengan berbentuk angsa, hal itu berguna untuk memudahkan seorang barista dalam menyeduh kopi yang menggunakan teknik tertentu seperti V60, dan teknik lainnya.

5. Milk Jug

Milk jug adalah alat atau tempat yang digunakan untuk steam susu. Di mana terdapat dua jenis milk jug yaitu berbentuk lurus dan berbentuk seperti lonceng pada bagian bawahnya.

Bentuk dari milk jug memegang peranan penting dalam membuat susu menjadi buih. Cara pemakaiannya pun cukup rumit untuk hasil yang berbeda sesuai kebutuhan, sehingga bagi seorang barista wajib menguasai alat satu ini.

Baca juga: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Barista

6. Termometer

Bukan hanya pada bidang kesehatan saja yang perlu adanya termometer, tetapi pada dunia perkopian alat ini juga sangat berperan penting.

Termometer adalah alat yang digunakan sebagai pengukur suhu di mana biasa digunakan oleh seorang barista dalam mengukur suhu air agar kopi tidak terlalu panas yang dapat menyebabkan kopi gosong ataupun hangus.

7. Shaker

Shaker adalah satu dari alat-alat yang mesti dikuasai seorang barista. Alat ini biasanya digunakan untuk mengocok susu, es, dan bahan lainnya dengan cara digetarkan. Alat ini dapat digunakan untuk membuat mocktail sehingga semua bahan tercampur dengan rata.

Terdapat tiga material botol shaker yaitu terbuat dari bahan plastik kaca, dan stainless. Meskipun botol shaker yang terbuat dari plastik lebih ringan, namun disarankan agar menggunakan shaker dari bahan kaca dan stainless steel karena lebih ramah lingkungan.

8. Tamper

Tamper merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk memadatkan kopi sesuai dengan rasa apa yang dibutuhkan seorang barista, di mana prosesnya sering disebut tamping. 

Dalam melakukan tamping juga tidak bisa sembarangan, sedikit saja perbedaan kekuatan yang dipakai untuk melakukan tamping, akan membuat hasilnya juga berbeda dari yang lainnya.

Kedelapan alat tersebut merupakan alat atau mesin yang biasa ada pada sebuah coffee shop. Di mana peralatan tersebut merupakan alat-alat yang mesti dikuasai seorang barista dan penting untuk diketahui.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!