10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

umur minimal menjadi TKI

Umur Minimal Menjadi TKI Sesuai Aturan Undang-Undang

Umur minimal menjadi TKI sudah tertuang dalam Undang-Undang tentang perlindungan pekerja khusus untuk para imigran pada tahun 2017 nomor 18. Aturan tersebut ada di pasal nomor 5 mengenai semua persyaratannya.

Dalam UU tersebut juga mengatur mengenai dokumen apa saja yang perlu dibawa, sekaligus hak serta kewajiban tenaga kerja indonesia yang perlu dipenuhi. Dengan kejelasan seperti ini membuat mereka merasa aman.

Perlu diketahui menjadi tenaga kerja seperti ini memang tidak mudah, pasti ada banyak hambatan serta rintangannya. Terutama mengenai perlakukan yang mereka terima dari para majikannya, terkadang semena-mena.

Berapa Umur Minimal Menjadi TKI?

Dalam peraturan perundang-undangan menyebutkan bahwa, setiap calon pekerja yang ingin berangkat ke luar negeri harus memiliki usia setidaknya 18 tahun. Tidak boleh kurang walau hanya 1 hari saja.

Bukan hanya itu, dalam peraturan tersebut. Setiap pekerja diharapkan mampu memenuhi persyaratan lainnya. Hal ini demi menunjang kehidupan mereka selama berada di negeri orang. Hal itu meliputi :

  1. Memiliki kompetensi yang bagus, jadi bukan hanya pandai dalam memasak atau bersih rumah saja, harapannya semua pekerja memiliki pengetahuan mengenai percakapan bahasa inggris dan melayu.
  2. Sehat jasmani dan rohani, sehingga saat bekerja tidak menimbulkan keresahan. Dimana nantinya akan merugikan para pekerja itu sendiri dan semua orang.
  3. Calon pekerja selain harus memenuhi umur minimal menjadi TKI, mereka wajib memiliki nomor kepesertaan jaminan sosial. Hal tersebut sebagai salah satu antisipasi kalau terjadi sesuatu kurang menyenangkan disana.
  4. Memiliki seluruh dokumen lengkap, jadi Anda masuk ke luar negeri melalui jalur legal, bukan sebaliknya. Agar pengurusan serta perlindungan pekerja itu sendiri bisa terjamin.

Dalam dokumen yang disebutkan pada poin 4 ini memang ada beberapa. Semua sudah tertuang dalam UU. Untuk kelengkapan surat tersebut tercantum pada pasal 13, berikut perinciannya.

  1. Surat keterangan status perkawinan, jika sudah menikah harap melampirkan buku fotokopi nikah
  2. Surat keterangan izin suami atau istri, orang tua, wali dan diketahui lurah desa
  3. Sertifikat kompetensi kerja
  4. Surat Keterangan sehat dari dokter
  5. Visa dan Paspor
  6. Surat Perjanjian penempatan kerja

Hak Serta Kewajiban Seorang TKI

Setelah mengetahui umur minimal menjadi TKI, saatnya Anda harus paham pula apa saja Hak serta kewajibannya. Jadi, Pemahaman ini sangat penting untuk kedepannya, terutama soal perlindungan.

Dalam UU yang sudah tertuang, setiap pekerja diberikan kebebasan penuh dalam memilih pekerjaannya. Tidak ada pemaksaan harus menjadi ART atau sesuatu, tetapi boleh memilih sesuai keinginan serta ketrampilan.

1. Peningkatan dan Kompetensi Diri

Umur minimal menjadi TKI menjadi modal penting bagi para pekerja untuk mendapatkan pelatihan serta peningkatan kompetensi diri. Inilah hak yang akan didapatkan, sehingga mereka bisa menjadi pribadi unggulan.

Selain itu, para TKI sendiri juga akan mendapatkan bagaimana pasar kerja dari negara tujuan. Tata cara, penempatan, sampai kondisi lingkungan sosialnya, semua lengkap dan wajib dipelajari sebagai sebuah bekal.

Karena umur minimal menjadi TKI adalah 18 tahun, harapannya mereka tetap beribadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Ini adalah kewajiban sebagai seorang umat beragama kepada Tuhannya, agar selalu mendapat perlindungan.

Nantinya, Anda akan diberikan pula siraman rohani untuk memperkuat iman. Harapannya adalah selama di negeri orang, dengan kultur serta budaya berbeda. Setiap pekerja tidak boleh kehilangan identitasnya.

2. Akses Komunikasi

Hak dan kewajiban berikutnya yang perlu diketahui oleh semua pekerja adalah kemudahan berkomunikasi. Inilah alasan mengapa dokumen harus lengkap, sebagai salah satu upaya agar hubungan tidak terputus.

Kelengkapan tersebut juga mendukung para TKI agar mendapatkan perlindungan secara layak baik di lingkungan tempat tinggal sampai bekerja. Bahkan, dalam UU juga menjelaskan akan melindungi sampai ke daerah asal.

Seperti diketahui, kasus tenaga kerja yang mendapatkan perlakuan kurang baik sangat tinggi. Dengan kelengkapan dokumen serta akses komunikasi bagus, memberikan sedikit peluang menjadi korban berikutnya.

Selain hak, Anda juga diberikan kewajiban untuk mematuhi semua aturan yang sudah ditetapkan. Tidak boleh melanggar sama sekali, terakhir harus patuh terhadap adat istiadat tempat Anda bekerja.

Menjadi Tenaga kerja ke luar negeri memang memberikan peluang besar untuk mendapatkan penghasilan berlebih. Hanya saja sebelum itu, pahami dulu berapa umur minimal menjadi TKI serta kompetensinya.

Bagikan Artikel: