surat lamaran kerja inisiatif sendiri

5 Contoh Surat Lamaran Kerja Inisiatif Sendiri Lengkap Dengan Tipsnya

Surat lamaran kerja inisiatif sendiri adalah dokumen yang digunakan oleh pelamar untuk mengajukan permohonan pekerjaan kepada perusahaan atau instansi tertentu. Surat ini memberikan kesempatan kepada pelamar untuk memperkenalkan diri, menyajikan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja, serta menggambarkan mengapa mereka tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Fungsi dari surat lamaran kerja inisiatif sendiri adalah untuk menunjukkan minat dan komitmen pelamar terhadap perusahaan, meskipun tidak ada lowongan pekerjaan yang diumumkan secara terbuka. Surat ini dapat menjadi alat yang efektif untuk membangun hubungan awal dengan perusahaan dan memberikan kesan positif kepada pihak yang menerima lamaran.

Tips untuk membuat surat lamaran kerja inisiatif sendiri

  1. Jelaskan identitas diri dan latar belakang pendidikan secara jelas dan tepat sasaran.
  2. Hindari penggunaan bahasa yang berlebihan atau bertele-tele. Sampaikan informasi dengan singkat dan jelas.
  3. Gunakan bahasa yang sopan dan hormat, hindari bahasa yang bisa menyinggung perusahaan atau pihak yang menerima surat.
  4. Gunakan bahasa yang lugas dan formal, sesuai dengan konteks surat lamaran kerja.
  5. Perhatikan struktur bahasa dan ejaan yang benar agar surat terlihat profesional.

Baca juga: Contoh surat lamaran kerja simple dan sederhana

Struktur umum contoh surat lamaran kerja inisiatif sendiri

  1. Kepala surat lamaran kerja (nama dan alamat pelamar)
  2. Tanggal dan tempat penulisan surat
  3. Alamat perusahaan atau penerima surat
  4. Salam pembuka (contoh: “Salam Hormat,”)
  5. Pembuka surat (ungkapkan tujuan Anda untuk mengirim surat lamaran)
  6. Isi surat (sampaikan informasi tentang diri Anda, latar belakang pendidikan, pengalaman, dan alasan mengapa Anda tertarik dengan perusahaan tersebut)
  7. Penutup surat (ucapkan terima kasih dan harapan Anda untuk diberikan kesempatan wawancara)
  8. Salam penutup (contoh: “Hormat saya,”)
  9. Tanda tangan dan nama lengkap

Contoh-contoh surat lamaran kerja inisiatif sendiri dapat memberikan panduan lebih lanjut dalam penyusunan surat lamaran yang efektif. Pastikan untuk menyesuaikan konten surat dengan situasi Anda dan perusahaan yang Anda tuju.

Baca juga: Contoh surat lamaran kerja word dan template gratisnya

Cara Membangkitkan Inisiatif Untuk Membuat Surat Lamaran Kerja Saat Menganggur

Saat dalam situasi mengganggur, inisiatif untuk membuat surat lamaran kerja memang kerap menjadi batu sandungan para pencari kerja. Selain karena alasan malas, banyak dari mereka yang juga tidak memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan tepat. Berikut beberapa cara membangkitkan inisiatif untuk membuat surat lamaran kerja saat menganggur.

1. Tentukan Tujuan dan Prioritas Anda

Pertama-tama, pikirkan tentang jenis pekerjaan apa yang Anda inginkan dan seberapa pentingnya bagi Anda. Buat daftar tujuan karier Anda dan prioritaskan mereka. Hal ini akan memberi Anda motivasi yang lebih kuat.



2. Pemahaman Tentang Diri Sendiri

Kenali keahlian, pengalaman, dan kualifikasi Anda. Buat daftar pencapaian Anda dalam pekerjaan sebelumnya. Ini akan membantu Anda mengevaluasi potensi nilai tambah yang dapat Anda tawarkan kepada calon majikan. Dengan begitu surat lamaran kerja inisiatif sendiri yang Anda buat akan menarik perhatian rekruter.

3. Pemetaan Potensi Perusahaan

Identifikasi perusahaan-perusahaan yang Anda minati dan cocok dengan tujuan karier Anda. Cari tahu tentang perusahaan-perusahaan tersebut, nilai-nilai mereka, dan budaya perusahaan. Ini akan membantu Anda menulis surat lamaran yang lebih khusus dan relevan.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

4. Rencanakan Waktu

Tentukan jadwal harian atau mingguan untuk mencari pekerjaan. Pencarian pekerjaan bisa menjadi pekerjaan penuh waktu sendiri. Jadwalkan waktu untuk mencari lowongan pekerjaan, menyesuaikan resume, dan menulis surat lamaran. Jangan lupa untuk menyiapkan surat lamaran kerja inisiatif sendiri terlebih dahulu sebelumnya.

5. Perbarui Resume Anda

Pastikan resume Anda mencerminkan pengalaman, kualifikasi, dan keahlian terbaru Anda. Buatlah resume yang menarik dan mudah dibaca oleh perekrut.

6. Buat Surat Lamaran yang Kuat

Buat surat lamaran yang spesifik untuk setiap posisi yang Anda lamar. Jelaskan mengapa Anda tertarik pada perusahaan dan bagaimana Anda dapat berkontribusi pada keberhasilan mereka. Tampilkan pengetahuan Anda tentang perusahaan dan pekerjaan yang Anda lamar.



8. Jaringan

Manfaatkan jaringan sosial Anda, baik secara online maupun offline. Bergabunglah dengan grup LinkedIn yang relevan, hadiri acara networking, dan jalin kontak dengan orang-orang dalam industri yang Anda minati. Jaringan dapat membantu Anda menemukan peluang pekerjaan yang tidak tersedia secara terbuka.

9. Kursus dan Pelatihan

Saat menganggur, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengambil kursus atau pelatihan tambahan yang dapat meningkatkan kualifikasi Anda. Ini dapat menjadi cara yang bagus untuk mengisi waktu Anda sambil meningkatkan keahlian Anda.

10. Tetap Jaga Kesehatan dan Motivasi

Jangan lupakan kesehatan fisik dan mental Anda. Olahraga, meditasi, dan menjaga rutinitas sehari-hari yang sehat dapat membantu Anda tetap bugar dan termotivasi.

11. Tetapkan Tujuan Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Tetapkan tujuan jangka pendek (misalnya, mengirimkan sejumlah surat lamaran dalam seminggu) dan jangka panjang (misalnya, mendapatkan pekerjaan dalam industri yang Anda minati dalam enam bulan). Tujuan-tujuan ini dapat membantu Anda tetap fokus dan termotivasi.

Ingatlah bahwa mencari pekerjaan dapat menjadi proses yang menantang, tetapi dengan inisiatif yang tepat dan ketekunan, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Inisiatif Sendiri

Contoh Surat Lamaran Kerja Inisiatif Sendiri PT

Contoh Surat Lamaran Kerja Inisiatif Sendiri Rumah Sakit

Contoh Surat Lamaran Kerja Inisiatif Sendiri Restoran

Contoh Surat Lamaran Kerja Inisiatif Sendiri Pabrik


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!