10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Rata rata gaji TKI

Rata Rata Gaji TKI dan Keuntungan yang Didapat

Rata rata gaji TKI sekarang menjadi hal yang banyak dicari. Itu karena, TKI sendiri adalah profesi yang bisa menjadi opsi di tengah posisi sempitnya lapangan kerja di Indonesia. Dengan posisi sempit tersebut, sulit untuk menemukan pekerjaan yang sesuai di tanah air.

Berbicara tentang TKI sendiri sebenarnya cukup unik. Dalam beberapa tahun ke belakang, ada stigma negatif yang melekat pada profesi sebagai TKI ini. Tetapi hal berbeda akan terlihat jika memerhatikan pandangan pada TKI di hari ini.

Sekarang TKI menjadi profesi yang terbilang lebih umum. Ada banyak orang di luar sana yang mendapatkan untung besar dengan menjadi TKI. Dengan keuntungan yang besar tersebut, sangat mungkin Anda merasakan hal serupa saat menggelutinya.

Berikut Rata Rata Gaji TKI di Berbagai Negara

Jika Anda belum mengetahui rata rata gaji TKI, ini adalah tempat yang tepat. Kali ini akan dijelaskan berapa gaji TKI yang ada di berbagai negara. Supaya lebih lengkap, langsung saja berikut ulasannya.

  1. Finlandia

Kisaran gaji TKI pertama akan membahas tentang mereka yang bekerja di Finlandia. Pada daftar ini, Finlandia termasuk dalam negara dengan kisaran gaji tertinggi. Itu karena, angka minimalnya saja sudah mencapai 20 juta rupiah.

Rata rata gaji TKI yang mencapai 20 juta rupiah tentu bukan merupakan angka yang kecil. terlebih lagi angka maksimalnya bisa menjadi 360 juta rupiah per bulan. Dengan gaji tersebut, kebutuhan akan transportasi, makan, hingga rumah pasti sudah terpenuhi.

Perlu diketahui, ada banyak keuntungan yang didapat saat memutuskan untuk bekerja di Finlandia. Salah satu keuntungan tersebut berhubungan dengan budaya kerja. Itu karena, budaya kerja di sana sangat ramah sehingga Anda pasti senang ketika bekerja di sana.

  1. Taiwan

Rata rata gaji TKI Taiwan adalah poin selanjutnya yang akan dibahas. Taiwan sendiri memang sangat populer ketika mengulas profesi sebagai TKI. Itu karena, ada banyak masyarakat Indonesia yang memutuskan untuk pergi ke Taiwan saat menjadi TKI.

Ketika membahas gaji yang didapat, tiap profesi tentu memiliki kisaran yang berbeda-beda. Sebagai contoh, gaji untuk asisten rumah tangga berada di kisaran 6 hingga 9 juta rupiah per bulan. Gaji tersebut memang memiliki potongan.

Hanya saja potongannya terbilang sangat rendah. Potongan yang didapat adalah sebesar 2,3 juta rupiah per sembilan bulan. Potongan itu sendiri perlu dipenuhi karena alokasinya adalah untuk tempat tinggal dan makan.

Sebenarnya gaji yang didapat akan meningkat lebih besar jika Anda bekerja sebagai buruh. Itu karena, kisaran gaji buruh di sana mencapai 32 juta rupiah per bulan. 

  1. Singapura

Singapura juga memiliki rata rata gaji TKI nya sendiri. Jika melihat angka rata rata, TKI di Singapura menjadi gaji sebesar 15 juta rupiah per bulan. Hanya saja, angka tersebut bisa lebih kecil atau lebih besar bergantung pada profesi yang digeluti.

Untuk profesi asisten rumah tangga sendiri, gajinya lebih kecil dari kisaran rata rata tersebut. itu karena, gaji pokok untuk asisten rumah tangga di Singapura berada di kisaran 5,8 juta rupiah per bulan. Perlu diingat, gaji tersebut belum termasuk bonus.

Itu karena setiap pekerja biasanya mendapat bonus 250 ribu rupiah per minggu. Dengan tambahan bonus tersebut, gaji yang akan didapat ART berada di kisaran 6,8 juta per bulan. Tetapi ingat, sangat mungkin Anda mendapat tambahan bonus lain ketika bekerja di sana.

  1. Korea Selatan

Rata rata gaji TKI yang didapat saat bekerja di Korea Selatan juga berbeda. Jika dilihat pada angka kisaran, gaji yang didapat TKI Korea Selatan tidak lebih besar dari TKI Singapura. Itu karena, TKI Korea Selatan hanya mendapat gaji di kisaran 8-10 juta per bulan.

Tetapi ingat, masih ada potensi lembur yang akan didapat. Dengan adanya potensi lembur tersebut, gaji tersebut bisa meningkat hingga mencapai dua kali lipat. Perlu diketahui, gaji tersebut sebenarnya selaras dengan biaya hidup yang perlu dipenuhi.

Itu karena, biaya hidup di Korea Selatan sendiri hanya berkisar 2 hingga 3 juta rupiah per bulan. Ini jelas menjadi angka yang sangat terjangkau. Biaya hidup yang terjangkau ini menjadi alasan mengapa banyak orang berminat untuk menjadi TKI di Korea Selatan.

Pastikan untuk mempertimbangkan banyak hal ketika menjadi TKI. Tanpa adanya pertimbangan yang matang, kekecewaan bisa saja terasa. Pemahaman mengenai rata rata gaji TKI sendiri menjadi salah satu pertimbangan yang paling penting.

Bagikan Artikel: