rata rata gaji cleaning service

Menilik Rata rata Gaji Cleaning Service di Indonesia

Besaran rata rata gaji cleaning service masih banyak orang yang belum tahu. Mungkin tidak begitu besar, tapi cukup standar sebagai gaji yang layak. Jika Anda belum tahu, kami akan sedikit menguraikannya untuk Anda.

Hal ini penting untuk diketahui sebab profesi satu ini hampir selalu diperlukan peranannya bagi setiap perusahaan. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengenal sekilas gaji cleaning service.

Mengenal Profesi Cleaning Service

Perlu Anda ketahui, profesi cleaning service ini adalah jenis pekerjaan yang sekilas tampak sepele, tapi amat dibutuhkan. Kerja mereka juga bukan sekadar bersih-bersih saja, tapi juga merangkap beberapa pekerjaan lain seperti melayani beberapa keperluan karyawan jadi penting diketahui rata rata gaji cleaning service.

Profesi satu ini juga terbagi jadi beberapa macam kategori. Ada yang fokus menjaga kebersihan kantor, ada juga yang ditugaskan merawat dan menginventaris perlengkapan kantor. Selain itu, ada juga yang fokus melayani keperluan karyawan agar kerja karyawan bisa lebih efisien.

Pelayanan yang terbaik juga mesti diberikan oleh para cleaning service sebab eksistensi mereka juga amat mendukung efektivitas kinerja seluruh kantor. Tidak jarang, seorang cleaning service juga harus siap berperan layaknya call center.

Ketika ada tamu yang berkunjung, cleaning service sering jadi rujukan bertanya orang-orang karena jadi salah seorang yang cukup mudah ditemui. Oleh karena itu, mengetahui banyak informasi teknis seputar kantor juga penting bagi seorang cleaning service.

Hal ini kiranya tidak perlu diragukan lagi sebab Anda pun barangkali sudah sering menjumpai fenomena semacam itu. Ini sekaligus membuktikan bahwa peran dari seorang cleaning service tidak bisa dianggap sebelah mata begitu saja.

Maka tidak heran jika rata rata gaji cleaning service minimal haruslah menyesuaikan dengan UMK setempat. Tidak boleh ada eksploitasi kerja di bidang apapun, tidak terkecuali seorang cleaning service.

Baca juga: Cara melamar kerja sebagai cleaning service di seluruh Indonesia

Jenis Jenis Pekerjaan Cleaning Service

Macam jasa cleaning service pun dibedakan sesuai dengan area kerja. Di antaranya yakni:

  • Commercial cleaning yang dikhususkan untuk membersihkan area komersial, misalnya sekolah, perkantoran, hotel, dan sebagainya
  • General cleaning. Jasa ini biasa digunakan setelah kegiatan atau hanya dalam waktu tertentu. Contohnya pembersihan setelah acara konser
  • Specialized cleaning. Sesuai namanya, jasa ini digunakan untuk membersihkan area atau benda khusus dengan keterampilan yang disesuaikan. Misalnya, membersihkan keramik, sofa, kaca
  • Home cleaning. Yakni jasa membersihkan area rumah atau properti pribadi. Layanan home cleaning membantu membersihkan rumah hingga area yang sulit dijangkau sekalipun.

Rata rata Gaji Cleaning Service di Indonesia

Sedikit telah dipaparkan mengenai tugas serta tanggung jawab seorang cleaning service. Sekarang, mari simak berapa besaran gaji cleaning service di tanah air. Apakah besarannya sama rata atau berbeda-beda masing-masing daerah?

1. Rata Rata Gaji Cleaning Service Provinsi Sumatra

Dari sepuluh provinsi yang terletak di pulau Sumatra, Bangka Belitung menduduki peringkat wahid untuk besaran gaji cleaning service tertinggi. Jika Anda menjadi cleaning service di Pangkalpinang atau kota lain di Babel, bisa mendapat gaji senilai 3,5 juta per bulannya.

Aceh, Sumsel, Riau, dan Kepulauan Riau menyusul dengan rentang gaji di atas 3 juta rupiah. Sementara Bengkulu menempati peringkat dasar di pulau Sumatra untuk urusan rata rata gaji cleaning service senilai 2,5 juta rupiah.



2. Rata Rata Gaji Cleaning Service di Jawa Tengah

Beralih ke pulau Jawa, DKI Jakarta memberikan gaji cleaning service tertinggi, yakni sebesar 4,8 juta rupiah. Besaran gaji ini bahkan setara dua kali lipat dari gaji cleaning service di Jogja, yang tidak lebih dari 2,3 juta rupiah per bulannya.

Di Bandung dan kota-kota lainnya di Jawa Barat, 3,4 juta adalah gaji bulanan seorang cleaning service. Sementara di Jawa Timur, sedikit lebih tinggi dari Jawa Barat, yakni 3,7 juta rupiah. Serta, Jawa Tengah menduduki peringkat terbawah dengan kisaran gaji 1,9 juta rupiah saja.

Untuk rata rata gaji cleaning service di Bali, NTB, dan NTT, rentangnya cenderung stabil, yakni antara 2,2—2,7 juta rupiah. Berbeda dengan di Kalimantan yang terbentang dari 2,6—3,3 juta rupiah, dengan Kalimantan Utara sebagai peringkat teratas.

3. Rata Rata Gaji Cleaning Service Di Indonesia Timur

Untuk Indonesia bagian Timur, Sulawesi Tengah menempati peringkat buncit dalam hal rata rata mengenai gaji cleaning service dengan gaji senilai 2,5 juta rupiah. Selisih jauh dengan Sulawesi Utara yang memberi gaji sebesar 3,6 juta rupiah.

Pulau Maluku memiliki standar gaji cleaning service sebesar 2,8—3 juta rupiah. Sementara di Papua berada di angka 3,5—3,9 juta rupiah untuk besaran gaji cleaning service per bulannya.

Seorang cleaning service tidak hanya menerima gaji pokok, tapi juga ada beberapa tambahan lain. Mulai dari uang makan, transportasi, sampai invois kerja lembur. Itu semakin menegaskan bahwa rata rata gaji cleaning service tidak bisa dibilang kecil secara keseluruhan.

4. Rata Rata Gaji Cleaning Service Di Depok

Depok sendiri menjadi salah satu kota yang memiliki begitu banyak lowongan pekerjaan cleaning service. Banyak kebutuhan akan profesi tersebut yang membuat rata rata gaji cleaning service di depok tidak bisa di pandang sebelah mata. 

Rata rata gaji cleaning service di Depok bahkan bisa mencapai di angka  Rp 4.055.049. Dimana angka tersebut juga sudah termasuk beberapa tunjangan seperti transport, tunjangan makan dan beberapa tunjangan lainnya.

5. Rata Rata Gaji Cleaning Service di Rumah Sakit

Menurut Nurvyanti, Gaji cleaning service di rumah sakit juga bergantung dari daerah dimana rumah sakit tersebut berada. Pasalnya besaran gaji cleaning service di rumah sakit tersebut juga dipengaruhi oleh UMR untuk wilayah tersebut. Namun umumnya rata rata gaji yang diterima oleh cleaning service rumah sakit berkisar Rp. 3.242.635 per bulannya.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Cleaning Service Yang Baik

Daftar Rata Rata Gaji Cleaning Service di Berbagai Kota Di Indonesia

Pada dasarnya gaji cleaning service sendiri juga dipengaruhi oleh skill dan beberapa penilian lainnya yang menjadi acuan dalam pemberian gaji. Jika Anda seorang cleaning service, Anda juga dapat meminta gaji yang dirasa sesuai dengan pengalaman dan kemampuan yang Anda miliki.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.