10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

perlukah mencantumkan alamat di CV?

Perlukah Mencantumkan Alamat di CV? Berikut Penjelasannya

Perlukah mencantumkan alamat di CV? Hal ini sering menjadi pertanyaan bagi beberapa pelamar kerja, khususnya bagi para pemula yang baru saja ingin memasuki dunia kerja. Karena beberapa orang menganggap bahwa mencantumkan alamat sangat krusial.

Tidak boleh sembarang orang mengetahui alamat pribadinya, karena rentan dapat terjadi tindakan yang tidak diinginkan. Namun hal tersebut justru keliru, karena dengan mencantumkan alamat didalam curriculum vitae akan menunjukkan keseriusan pelamar.

Banyak pelamar yang lupa atau memang sengaja tidak memasukkan alamat tempat tinggalnya, karena mereka bertanya tanya mengenai perlukah mencantumkan alamat di CV? Memang perlu, namun hal ini harus diperhatikan karena sangat penting.

Mungkin beberapa pelamar kerja menganggap tempat tinggal merupakan sebagian dari hal privasi dan tidak boleh disebarkan kepada sembarang orang. Khususnya bagi pelamar pemula yang belum pernah melamar kerja sebelumnya biasanya memikirkan hal tersebut.

Walaupun tidak semua perusahaan menjadikan alamat sebagai sebuah kewajiban yang wajib dicantumkan di dalam CV pelamar kerja, namun hal tersebut harus sudah secara otomatis dimasukkan oleh pelamar kerja sebelum mencoba untuk melamar.

Baca Juga: Cara Kirim CV Lewat WA dengan Mudah

Perlukah Mencantumkan Alamat di CV? 

Hal tersebut tergolong dalam salah satu data diri yang wajib dicantumkan secara lengkap didalam curriculum vitae pada umumnya. Karena dengan mengetahui alamatnya, perusahaan akan mampu menentukan seberapa jauh tempat tinggal pelamar kerja.

Hal tersebut disebabkan karena beberapa perusahaan terkadang mempertimbangkan jarak tempuh karyawan dari tempat tinggal hingga kantor. Oleh karena itu pembuat kebijakan akan mempertimbangkan seberapa jauh tempat tinggal karyawannya terlebih dahulu.

Oleh karena itu perlukah mencantumkan alamat di CV? Ini nantinya karena akan berdampak pada pertimbangan yang akan dipertimbangkan oleh HRD dalam menyeleksi karyawannya. Terkadang terdapat perusahaan yang menentukan kebijakan jarak maksimal tempat tinggal.

Kebanyakan perusahaan mempertimbangkan jarak tempat tinggal untuk menentukan jam mulai bekerja, sehingga waktu mulai bekerja dapat dimulai secara efektif dan efisien. Maka dari itu jarak tempat tinggal memberikan dampak pada diterimanya seseorang.

Walaupun tidak semua perusahaan memerlukan terkait pertanyaan perlukah mencantumkan alamat di CV? Sebagai pelamar kerja lebih baik untuk mencantumkannya. Karena akan memberikan penilaian tersendiri bagi HRD dalam menilai calon pekerjanya.

Keuntungan yang Bisa Anda Dapatkan 

Dengan mencantumkan tempat tinggal serta domisili akan memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda. Salah satunya HRD akan menganggap Anda lebih siap daripada pelamar kerja lainnya yang tidak mencantumkan alamatnya didalam curriculum vitae.

Dengan mencantumkan alamatnya didalam curriculum vitae, akan menunjukkan keseriusan pelamar kerja tersebut. sehingga perlukah mencantumkan alamat di CV? Ini sangat berpengaruh terhadap kesan pertama dari seorang HRD terhadap calon pelamar kerjanya.

Terlepas dari sisi privasi, dengan menunjukkan alamatnya pelamar kerja akan dinilai lebih menunjukkan keseriusannya dalam melamar pekerjaannya. Mereka tidak akan dianggap main-main dan diakui keseriusannya dalam mendaftar pekerjaan tersebut.

Sebagian orang mempertanyakan perlukah mencantumkan alamat di CV? Sehingga menganggap enteng hal ini, biasanya sering dilakukan oleh pelamar pemula karena takut privasinya terbongkar di publik.

Selain itu dengan mencantumkan alamatnya didalam curriculum vitae akan memberitahukan HRD selalu rekruter bahwa tempat tinggal pelamar kerja tidak terlalu jauh dari perusahaan. Sehingga akan diberikan pertimbangan khusus dengan peluang diterima lebih tinggi.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan

Seperti yang Anda telah ketahui, beberapa orang menganggap untuk mencantumkan alamatnya merupakan sebuah privasi dan tidak mudah untuk mengumbarnya kepada kalangan publik. Oleh karena hal tersebut perlu diperhatikan beberapa hal sebelum mencantumkannya.

Pertama perhatikan perusahaan yang akan dikirimi curriculum vitae. Untuk menjawab pertanyaan perlukah mencantumkan alamat di CV? Ini harus memperhatikan perusahaan yang akan dituju terlebih dahulu.

Biasanya terdapat perusahaan hanya menginginkan karyawan yang bertempat tinggal di sekitar lingkungan kantor saja. Hal ini dapat dilihat dari histori penerimaan kerja dari perusahaan tersebut, sehingga patut untuk diperhatikan sebelum mengirimkannya.

Selanjutnya pastikan alamat tempat tinggal maupun email benar-benar ditulis dengan benar, hindari penulisan salah karena akan berakibat fatal untuk kedepannya. Beberapa perusahaan seneng untuk mengirimkan surat pengumuman menggunakan email maupun surat.

Oleh karena kesalahan dalam penulisan alamat akan berakibat cukup fatal, karena bisa jadi perusahaan akan salah mengirimkan surat pengumuman tersebut dan tidak akan tersampaikan kepada pelamar kerja.

Memang bagi sebagian kalangan menganggap tempat tinggal sebagai sebuah privasi, namun dengan mencantumkannya akan menunjukkan keseriusan Anda. Oleh karena itu untuk menjawab perlukah mencantumkan alamat di CV? Jawabannya sangat diperlukan.

Bagikan Artikel: