10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

perbedaan TKI dan TKW

Perbedaan TKI dan TKW Ternyata Cukup Sederhana

Banyak orang menanyakan perbedaan TKI dan TKW. Pertanyaan mengenai hal ini sebenarnya cukup unik. Itu karena, istilah TKI dan TKW sendiri sekarang banyak dibahas. Namun hanya sedikit orang yang mengetahui pengertiannya.

Menjadi TKI dan TKW sendiri sekarang cukup populer. Ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang kesulitan mencari pemasukan di Indonesia. Jika berminat untuk menjadi TKI, Anda perlu memastikan kalau persiapan yang dilakukan sudah matang.

Tanpa adanya persiapan yang matang, Anda bisa saja gagal ketika ingin menjadi TKI. Kegagalan semacam ini biasanya disebabkan oleh masalah berkas. Itu karena, ada banyak calon TKI yang kesulitan dalam mengurusi berkas.

Dengan berkas yang belum terpenuhi, seseorang tidak bisa pergi ke luar negeri walaupun persiapannya sudah dilakukan sejak lama.

Berikut Perbedaan TKI dan TKW

Ada kesalahan di masyarakat ketika memahami tentang TKI dan TKW. Biasanya TKI dan TKW selalu dihubungkan dengan pekerjaan kasar seperti asisten rumah tangga. Belum lagi profesi ini memiliki banyak cerita negatif.

Hal tersebut menjadi alasan mengapa banyak orang tidak berminat untuk menggeluti profesi ini. Perlu diketahui, pemahaman tersebut adalah kesalahan besar. Dalam ulasan mengenai perbedaan TKI dan TKW tersebut, hal ini juga akan diluruskan.

TKI adalah singkatan dari Tenaga Kerja Indonesia. Dengan adanya sebutan ini, TKI merujuk pada setiap warga Indonesia yang bekerja di luar negeri. Tentu ini tidak hanya merujuk pada mereka yang berprofesi sebagai asisten rumah tangga.

Profesi lain seperti buruh atau ahli yang bekerja di luar negeri juga bisa disebut sebagai TKI. Perbedaan TKI dan TKW sendiri sebenarnya sangat sederhana. 

Jika TKI merujuk pada tenaga kerja Indonesia secara keseluruhan, TKW hanya merujuk pada tenaga kerja Indonesia yang berjenis kelamin wanita. Perlu diketahui, TKW sendiri adalah singkatan dari tenaga kerja wanita.

Dengan penjelasan mengenai perbedaan TKI dan TKW ini, nampak jelas kalau keduanya seratus persen sama dari segi profesi. 

Perbedaan hanya terletak pada jenis kelaminnya saja. Dengan profesi yang sifatnya umum tersebut, pemikiran negatif terhadap profesi TKI dan TKW ini harus dihilangkan.

Keuntungan Menjadi TKI dan TKW

Setelah mengetahui perbedaan TKI dan TKW, penting juga untuk mengetahui keuntungan yang akan didapat saat menggeluti profesi ini. Tentu keuntungan yang didapat sendiri sebenarnya cukup banyak. Berikut berbagai keuntungan tersebut.

1. Upah Bulanan

Keuntungan pertama yang akan didapat ketika menggeluti profesi ini berhubungan dengan upah bulanan. Perlu diketahui, ada alasan mengapa profesi sebagai TKI banyak diminati. Itu karena, upah bulanan yang didapat terbilang sangat besar.

Sebagai contoh, upah minimum TKI di Malaysia yang jaraknya cukup dekat sudah mencapai 3,1 juta rupiah. Perlu diingat kalau 3,1 juta adalah angka minimum. Angkanya bisa lebih besar lagi jika Anda sudah profesional atau mendapat tambahan pekerjaan.

Upah minimumnya akan lebih besar lagi jika Anda pindah ke negara lain. Sebagai contoh, upah minimum TKI di Taiwan berada di kisaran 6,9 juta rupiah. Sedangkan untuk TKI di Inggris, upah minimumnya mencapai 23 juta rupiah.

2. Bonus

Dalam ulasan mengenai perbedaan TKI dan TKW ini, penting juga untuk mengulas tentang bonus. Perlu diketahui, bonus yang didapat saat menjadi TKI terbilang berlipat ganda. Sebagai contoh, coba lihat pada bonus yang didapat pada TKI Hongkong.

TKI Hongkong yang sudah bekerja selama 8 tahun akan mendapat bonus cukup besar. Bonus yang didapat tersebut adalah sebesar 2/3 gaji pokok dikali lama bekerja. Dengan angka tersebut, seseorang bisa menjadi jutawan mendadak.

Ini juga menjadi alasan mengapa kebanyakan TKI Hongkong baru memutuskan untuk pulang setelah bekerja selama bertahun-tahun.

3. Tambahan Penghasilan

Alasan lain mengapa banyak orang berminat untuk menjadi TKI dan TKW adalah karena potensi tambahan penghasilan yang akan didapat. Tambahan penghasilan ini sendiri berhubungan dengan usaha yang bisa Anda jalankan.

Sebagai contoh, Anda bisa membuka jastip ketika bekerja di Malaysia. Itu karena, ada banyak barang-barang di Malaysia yang bisa dijual ketika sampai di Indonesia. Untuk melakukannya, Anda bisa memanfaatkan kemajuan teknologi yang sekarang sedang terjadi.

Menjadi TKI dan TKW memang nampak menggiurkan. Tetapi ingat, pastikan segalanya sudah dipersiapkan dengan matang. 

Sebagai bentuk persiapan, pastikan untuk memahami segalanya dengan baik. Perbedaan TKI dan TKW di atas juga menjadi hal yang penting untuk diketahui.

Bagikan Artikel: