Perbedaan application letter dan cover letter

Inilah Perbedaan Application Letter dan Cover Letter Secara Umum

Perbedaan application letter dan cover letter tentunya wajib untuk Anda ketahui sebagai mekanisme utama sebelum mengajukan lamaran kepada perusahaan atau berbagai instansi terkait. Mengetahui perbedaan dua hal tersebut tentu bisa menjadi salah satu peluang besar untuk Anda bisa diterima.

Ada beberapa alasan penting yang tentunya perlu untuk mendapatkan perhatian terlebih dahulu sebelum mengulas lebih jauh mengenai perbedaan 2 mekanisme tersebut. Salah satu alasan tersebut adalah banyaknya pihak yang belum mengetahui perbedaan secara dasar

Adanya ketidak pahaman dan ketidaktahuan beberapa pihak terkait perbedaan application letter dan cover letter tersebut bisa mempengaruhi beberapa mekanisme persyaratan administrasi sebelum melakukan dan mengajukan lamaran itu sendiri.

Padahal secara akumulasi pertimbangan HRD untuk menerima Anda di dalam proses rekrutmen pekerja bisa dilakukan secara detail melalui beberapa pernyataan khususnya terkait kelengkapan dua administrasi tersebut. Hal inilah yang membuat penting pemahaman mengenai perbedaan ini.

Untuk bisa memahami secara lebih luas mengenai perbedaan tersebut. Maka berikut ini adalah beberapa aspek penting terkait application letter dan cover letter sesuai dengan konsep dasarnya.

Baca juga: Struktur Application Letter yang Wajib Ditulis dengan Lengkap

Perbedaan Application Letter dan Cover letter Secara Umum dan Mendasar

Konsep utama kepenulisan dan perencanaan untuk melamar pekerjaan memang perlu untuk diaktualisasi secara maksimal dalam beberapa hal. Salah satunya dengan kelengkapan surat lamaran dan tentunya cover letter, dua syarat administrasi ini seringkali salah persepsi karena sebenarnya memiliki perbedaan.

  1. Tujuan

Perbedaan application letter dan cover letter mendasar pertama dari aspek tujuan dua syarat administrasi tersebut dibuat. Sebab secara keseluruhan ada tujuan masing-masing yang tentunya dibutuhkan oleh pihak perusahaan dalam mempertimbangkan kualitas pelamar.

Secara umum Cover letter bertujuan untuk menunjukkan apa saja minat Anda dalam bekerja di posisi tertentu untuk dipertimbangkan oleh HRD. Berbeda dengan application letter, cover letter biasanya digunakan tanpa harus ada lowongan yang dibuka, hal ini tentu untuk memancing pihak perusahaan melihat.

Berbanding terbalik application letter memiliki tujuan langsung kepada pihak perusahaan atau instansi, dengan harapan bisa dipertimbangkan dan tentunya diterima. Surat ini biasanya juga sebagai salah satu syarat utama pemberkasan selain CV dan portofolio.

  1. Fokus

Perbedaan application letter dan cover letter selanjutnya ada pada fokus utama penggunaan dua aspek yang berbeda. Cover letter seringkali difokuskan kepada Anda untuk bisa lebih luas mencari pekerjaan dengan menyebarnya dalam beberapa platform secara online. 

Bahkan Cover letter bisa digunakan secara maksimal sebagai body email untuk memberikan pengantar terkait lamaran yang akan dituju.

Sedangkan fokus pada application latter tentunya adalah menunjukkan minat Anda secara langsung terhadap lowongan yang akan dituju. Oleh karena itu, proses penulisannya lebih terperinci dan tentunya lebih spesifik digunakan sebagai akses informasi data diri sesuai kebutuhan perusahaan yang dituju.

  1. Isi

Perbedaan application letter dan cover letter yang terakhir tentu berada pada aspek isi. Berbicara mengenai isi dari dua syarat administrasi ini maka perlu ada pertimbangan lebih lanjut kepada semua pengguna dan pelamar pemula.

Untuk Isi pada cover letter umumnya lebih tertuju pada akses kontak lengkap terkait pelamar, dan dilengkapi dengan keterangan secara detail mengenai pelamar. Alasan inilah mengapa adanya cover latter seringkali lebih panjang dan spesifik dari pada application letter.

Selain itu pada cover letter biasanya berisi beberapa pengenalan diri yang cenderung terkonsep seperti application letter dengan beberapa mekanisme kepenulisan yang telah diatur sebelumnya secara khusus. Hal ini lah yang juga menjadi Perbedaan application letter dan cover letter.

Dalam application letter maka ada tiga hal yang perlu diperhatikan. Pertama menulis tujuan surat berikan kepada siapa dengan nama perusahaan atau bahkan institusi terkait setelah itu masuk pada salam pembuka kemudian langsung memberikan beberapa penjelasan terkait data diri secara ringkas.

Selanjutnya Anda tinggal memperdalam terlebih dahulu beberapa mekanisme pengenalan diri secara maksimal sesuai dengan lamaran yang akan ditujukan hal tersebut bisa membantu Anda untuk lebih bisa membuka peluang untuk dipanggil dalam proses lebih lanjut.

Kemudian langkah terakhirnya adalah tinggal menutup aplikasi online tersebut secara ringkas sesuai dengan kebutuhan yang dipertimbangkan oleh pihak perusahaan. Semua langkah ini tentu bisa memberikan kejelasan lebih detail mengenai perbedaan application letter dan cover letter.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.