10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

perbedaan CV dengan portofolio

Memilih Map Amplop untuk Melamar Pekerjaan dengan Cara Ini

Untuk memilih map amplop untuk melamar pekerjaan maka tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Apalagi map amplop tersebut akan digunakan untuk mengisi dokumen Anda dalam melamar pekerjaan. 

Jadi jika dari segi map amplopnya saja sudah terlihat tidak beres maka tidak menutup kemungkinan jika HRD malas untuk melihat dokumen yang ada di dalamnya. Bahkan sebagus apapun isi dokumen tersebut jika tampilan mapnya tidak menarik atau kotor maka orang akan malas membukanya. 

Walaupun terlihat remeh maka hal ini bisa memberikan pengaruh besar terhadap diterima atau tidaknya Anda di sebuah perusahaan. Jadi inilah beberapa langkah yang bisa membantu Anda untuk menemukan map amplop untuk melamar pekerjaan yang tepat dan berkualitas sehingga bisa melindungi dokumen dengan baik.

Pastikan Map Amplop untuk Melamar Pekerjaan Bisa Menampung Dokumen

Pada saat memilih map amplop untuk melamar kerja maka pastikan bisa menampung seluruh dokumen yang ada di dalamnya. Karena beberapa perusahaan biasanya membutuhkan dokumen berbeda. 

Apabila Anda melamar pekerjaan dengan dokumen standar seperti surat permohonan, daftar riwayat hidup, identitas diri, ijazah maupun sertifikat maka pastikan amplop tersebut bisa menampung seluruh dokumen tanpa rusak. 

Karena HRD biasanya kurang melirik dokumen yang tidak tertata dengan rapi. Walaupun tidak dapat dipungkiri bahwa isi dokumen tersebut tidak kalah penting. Jadi pastikan pada saat memilih nanti amplop sesuai dengan panjang dan lebar kertas yang Anda gunakan. 

Biasanya amplop yang bisa menampung segala berkas seperti air mail 310. Biasanya amplop seperti ini berwarna coklat dengan pola/berwarna biru merah di bagian tepinya. Serta terdapat perekat tutup pada map amplop untuk melamar pekerjaan sehingga dokumen di dalamnya tidak akan keluar. 

Pastikan Anda tidak melipat amplop tersebut sehingga tetap terlihat rapi. Serta hindarilah amplop yang kekecilan di mana membuat tampilan tidak bagus.

Memperhatikan Bagian Penutup Amplop

Jangan lupa juga untuk melihat apakah penutup map amplop untuk melamar pekerjaan bisa mudah terbuka atau tidak. Karena hal ini bisa memberikan pengaruh keamanan dokumen yang ada di dalamnya. 

Apabila penutup amplop mudah terbuka maka Anda harus mengoleskan lem agar bisa terekat dengan baik. Namun bukan berarti amplop tersebut akan kesulitan untuk dibukanya. Pastikan amplop tersebut bisa membuat dokumen aman tetapi tidak menyulitkan orang yang ingin membukanya. 

Karena nantinya tim HRD akan membuka ribuan amplop sehingga jika kesulitan dibuka tidak menutup kemungkinan jika berkas Anda disingkirkan tanpa dibuka terlebih dahulu. Jadi sangat disarankan jika Anda memilih amplop yang memiliki kancing maupun bertali. 

Biasanya amplop seperti ini tidak membutuhkan lem untuk bisa tertutup dengan baik tetapi mudah dibuka dalam waktu singkat. Bukan berarti maaf dengan model yang harus di lem tidak layak digunakan. Biasanya amplop yang harus di lem menuntut Anda untuk membubuhkan lem dalam jumlah banyak agar tidak terbuka. 

Apalagi nantinya berkas Anda akan dicampur dengan berkas orang lain dan dibawa ke sana kemari sehingga tidak menutup kemungkinan jika amplop bisa terbuka sendiri. Jadi pastikan sebelum memberikan amplop tersebut Anda harus menutupnya dengan baik.

Gunakan Pelindung Jika Mengirim Jarak Jauh

Apabila Anda ingin mengirim surat lamaran dalam pengiriman jarak jauh Maka sangat disarankan map amplop untuk melamar pekerjaan diberikan pelindung. Karena sampai saat ini masih banyak orang yang menggunakan pengiriman konvensional seperti jasa ekspedisi sehingga tidak menutup kemungkinan jika amplop tersebut mengalami kerusakan. 

Karena nantinya dokumen Anda akan dikirim dengan barang lain sehingga tidak menutup kemungkinan untuk terkena rembesan lain maupun kotoran. Jadi untuk menjaga kerapian dokumen tersebut maka Anda harus membuat perlindungan seperti menggunakan map plastik. 

Pastikan map plastik yang Anda gunakan sesuai dengan ukuran amplop sehingga bisa melindungi dari berbagai sisi. Jadi ketika Anda melakukan pengiriman dalam jarak yang jauh maka amplop tetap terjaga kerapiannya dan tidak kotor. 

Karena ketika amplop Anda kotor maka pihak HRD biasanya malas untuk melihat. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika tulisan di dalam dokumennya juga buram karena tertutupi oleh kotoran yang meresap sampai ke dalam. 

Walaupun terlihat remeh maka kehadiran map amplop untuk melamar pekerjaan ini memberikan pengaruh besar, apakah isi di dalamnya dilihat oleh HRD dan memberikan pengaruh Anda bisa menjadi karyawan di tempat tersebut atau tidak.

Bagikan Artikel: