Mengenal Latsar CPNS: Metode Pembelajaran Hingga Biayanya

Setelah mengikuti sekian banyak seleksi CPNS dan Anda dinyatakan lolos, tahapan yang selanjutnya adalah latsar CPNS. Latsar menjadi kegiatan penting sebelum Anda bisa dinyatakan lolos untuk melakukan percobaan selama 1 tahun.

Lalu, seperti apa latsar itu dan apa saja yang dipelajari? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Ketentuan Sertifikat Komputer CPNS Sebagai Syarat Dokumen

Apa itu Latsar CPNS?

Latsar CPNS atau pelatihan dasar CPNS merupakan serangkaian pendidikan dan pelatihan yang bertujuan membentuk PNS yang berkarakter dan profesional.

Melansir dari laman Lembaga Administrasi Negara (LAN), pelatihan ini juga dilakukan dengan tujuan agar CPNS yang lolos bisa menerapkan core values ASN yang baik.

Dalam kurikulum utamanya akan menekankan pembentukan dan pengembangan, seperti:

  • Kejujuran
  • Integritas moral
  • Semangat nasionalisme dan kebangsaan
  • Kompetensi bidang
  • Profesionalisme
  • Karakter kepribadian yang bertanggung jawab dan unggul.

Kewajiban CPNS Mengikuti Latsar

Lalu apakah semua CPNS wajib mengikuti latsar? Melansir dari Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, setiap CPNS wajib untuk mengikuti latsar.

Setiap CPNS wajib mengikuti latsar satu kali. Nanitnya akan ada evaluasi dan penilaian setelah pelatihan untuk seluruh peserta.

Jika Anda tidak lulus latsar, maka akan diberhentikan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) sebagai CPNS. Jadi bisa dikatakan walaupun sudah dinyatakan lulus seleksi CPNS, namun Anda masih harus mengikuti latsar hingga lulus untuk benar-benar menjadi PNS.

Metode Pembelajaran Latsar CPNS

Pada dasarnya ada 4 metode pembelajaran yang umumnya digunakan untuk melakukan latsar CPNS, yaitu:

1. Belajar mandiri melalui MOOC

MOOC atau massive open online course merupakan platform pembelajaran mandiri bagi CPNS untuk melakukan latsar. Aplikasi tersebut bisa diakses oleh semua CPNS. Anda hanya perlu masuk menggunakan NIP dan password.

Nantinya Anda akan melakukan pembelajaran secara mandiri dan online selama kurang lebih 16 hari. Selama pembelajaran berlangsung, Anda harus mengumpulkan setidaknya 28 trofi dari maksimal 50 trofi.

Trofi tersebut bisa didapatkan dengan cara membaca, mengunduh dan menyelesaikan tahapan pembelajaran yang ada.



2. Habitual dari PKTBT

PKTBT merupakan Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas yang dilaksanakan oleh instansi masing-masing. Jadi prosedur untuk pelaksanaannya juga akan berbeda di setiap instansi.

Tahapan ini hampir mirip dengan pelaksanaan magang, akan tetapi peserta tidak digaji dan tidak terlibat dalam pekerjaan dengan mendalam.

Nantinya akan didampingi oleh mentor yang ditunjuk pejabat pembina kepegawaian terkait. Sebelum habituasi berakhir, peserta akan menyiapkan laporan dan rencana presentasi hingga seminar pada tahap latsar akhir.

3. Distance learning

Tahapan yang selanjutnya adalah distance learning. Sesuai dengan namanya, pembelajaran akan dilakukan secara online akan tetapi bukan belajar mandiri.

Akan ada pemateri yang membantu memfasilitasi selama pelatihan melalui LMS Kolabjar. Biasanya semua CPNS akan dibagi menjadi beberapa kelompok belajar.

4. Pembelajaran klasikal

Setiap instansi nanti juga akan melakukan pembelajaran klasikal dengan menggabungkan beberapa metode pembelajaran sekaligus.

Pembelajaran tersebut biasanya meliputi pembelajaran dengan metode tatap muka yang berhubungan dengan kompetensi dasar dan sikap bela negara.

Inti dari pembelajaran ini adalah peserta akan memberikan seminar laporan evaluasi aktualisasi yang sudah dilakukan selama masa habituasi.

Biaya Latsar CPNS

Latsar CPNS merupakan pelatihan dan pendidikan yang tidak membebankan biaya sedikitpun pada peserta.

Melansir dari Peraturan LAN Nomor 3 Tahun 2021, pelatihan yang dilakukan secara online memang dikenakan biaya Rp5.260.000 per peserta.

Sedangkan untuk latsar klasikal dikenakan biaya Rp9.269.000 per peserta. Namun semua biaya tersebut dibebankan pada instansi penyelenggara latsar dan bukan CPNS.

Demikian adalah informasi yang penting Anda ketahui seputar latsar CPNS.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.