lakukan hal ini jika ketahuan bohong di CV

Lakukan Hal Ini Jika Ketahuan Bohong di CV

Harus Anda ketahui HRD bukanlah pihak sembarangan dalam memilih setiap karyawan. Melainkan banyak sekali cara mereka ketahui untuk mencari informasi kebenaran. Tidak heran jika harus berhati-hati dalam menulis dan menambahkan sesuatu di CV

Berbohong di CV memberikan kerugian luar biasa bagi banyak pihak. Terutama karena berisiko besar tidak mungkin lolos seleksi tahap lanjutan. Bahkan tidak menutup kemungkinan mengalami tindakan pemecatan saat sudah bekerja di perusahaan. Berikut ini cara untuk dilakukan jika ketahuan bohong di CV, yuk simak!!!

Apa Itu Berbohong di CV?

Menurut Indeed, berbohong di CV adalah memalsukan kualifikasi atau membesar-besarkan informasi tentang pendidikan, sertifikasi dan keterampilan seseorang di CV. Berbohong di CV merupakan tindakan tidak jujur di mana seseorang memberikan informasi palsu atau mengada-ada dalam dokumen tersebut untuk meningkatkan peluang mereka dalam mendapatkan pekerjaan atau kesempatan lainnya.

Penting untuk selalu memberikan informasi yang jujur dan akurat dalam CV Anda. Jika Anda merasa perlu untuk meningkatkan kualifikasi Anda, lebih baik lakukan itu melalui pendidikan dan pelatihan yang sesuai, bukan dengan berbohong dalam dokumen Anda. Kejujuran dan integritas adalah nilai-nilai penting dalam dunia profesional yang dapat membantu Anda membangun karir yang berkelanjutan dan memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja dan atasan.

Baca juga: Risiko Berbohong di CV beserta Kerugian yang Hadir

Cara Mengatasi Jika Ketahuan Bohong di CV

1. Memperbaharui CV

Hal pertama yang dilakukan apabila berbohong dalam curriculum vitae adalah memperbaharui. Biasanya pilihan ini dilakukan apabila ingin meneruskan menjadi pelamar. Bahkan sebelum diperiksa oleh HRD harus dilakukan terlebih dulu. Pastinya perlu lakukan hal ini jika ketahuan bohong di CV supaya tidak berakibat buruk. Tapi jangan berkata apabila ternyata memang disengaja Anda lakukan. Melainkan disebabkan karena permasalahan seperti kesalahan.

Anda dapat memberikan informasi apabila ternyata salah dalam memberi data. Begitu juga informasinya kurang sesuai karena tidak teliti dalam membuat CV tersebut. Tentunya akan diberikan keringanan supaya menyerahkan yang baru. Memperbaharui CV tersebut tentunya jangan terdapat lagi suatu kebohongan. Melainkan harus benar-benar nyata berdasarkan dari keaslian. Jangan sampai ada kekurangan lagi karena kerugiannya termasuk cukup besar. Selain itu jangan melupakan supaya memperbaharui ini tambah baik dibanding sebelumnya. Bahkan akan menjadi tahap mengecek ulang isi di dalamnya. Jadi, setelah nanti diserahkan ulang berpotensi menjadi semakin bagus isinya.

2. Mengakui dan Mengatakan Sebenarnya

Lakukan hal ini jika ketahuan bohong di CV, yakni dengan mengakui dan mengatakan sebenarnya. Anda harus berani untuk mengambil tanggung jawab besar. Terutama karena kemungkinan besar ternyata masuk tahap wawancara. Anda bisa memberikan informasi mengenai kesalahan tersebut lebih lengkap. Jangan terlalu mengatakan dalam perkataan yang menutupi terlalu besar. Tapi harus benar-benar menunjukkan apabila tanggung jawab akan diberikan.

Pastinya penting agar lakukan hal ini jika ketahuan bohong secepat mungkin. Apalagi karena berpeluang ntuk diterima lebih cepat selanjutnya. Jika diberikan kesempatan bisa melanjutkan dan punya potensi lolos. Perjalanan karir dalam perusahaan kemungkinan terhambat apabila sering berbohong. Tidak heran jika penting untuk membongkar sejak awal sehingga diberi keringanan. Tentunya dalam wawancara dan bekerja tidak lagi salah.



3. Mengundurkan Diri Dari Proses Rekrutmen

Mengundurkan diri dapat menjadi jawaban untuk lakukan hal ini jika ketahuan bohong di CV. Tentunya dalam melakukan rekrutmen, tidak ingin ada penipuan. Perusahaan berusaha menjaring orang yang benar-benar punya kejujuran. Meski begitu walaupun berbohong dalam CV, bukan berarti langsung terkena kick. Mungkin saja dibiarkan supaya ada perlakuan tersendiri dari pelamar. Jangan sampai melanjutkan proses recruitment tersebut.

Melainkan disarankan untuk segera berhenti disebabkan sudah diberi banyak kesempatan sebelumnya. Terlebih kalau mengundurkan diri lebih baik jika dibandingkan ketahuan. Bahkan bisa digugurkan sekaligus blacklist. Lakukan hal ini jika ketahuan bohong di CV apabila ingin caranya aman. Mungkin bisa memberikan tambahan alasan seperti tidak lagi tertarik dengan posisinya. Konsekuensi yang diterima lebih ringan untuk pelamar.

Apabila menemui kesalahan karena disengaja maupun tidak, jangan terlalu panik. Terutama karena bisa melakukan perbaikan sehingga tidak membahayakan untuk ke depannya. Beberapa cara yang disebutkan bisa menjadi pilihannya. Tapi harus membuat keputusan besar dan terkesan membuat sedikit sulit. Meski begitu karena menjadi perbaikan hubungan dan peluang lolos lebih nyata. Tentunya tidak akan menyebabkan kesalahan lagi di masa depan. Disebabkan tergolong sebagai kesalahan fatal, artinya harus terus diingat. Tidak lain supaya kekurangan atau masalah mendatang mustahil muncul. Apalagi sudah mengetahui cara lakukan hal ini jika ketahuan bohong di CV.

Baca juga: Apa Itu CV Telanjang? Memahami Fungsi dan Risikonya

Contoh Pesan Menarik CV

1. Contoh Pesan Menarik CV Bahasa Indonesia

“Kepada [Nama Penerima Lamaran atau HRD],

Saya ingin menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk berpartisipasi dalam proses seleksi untuk posisi [Nama Posisi] di [Nama Perusahaan]. Saya sangat menghargai waktu dan usaha yang telah Anda habiskan untuk mengevaluasi lamaran saya.

Setelah pertimbangan yang matang, saya telah memutuskan untuk tidak melanjutkan dalam proses rekrutmen ini. Keputusan ini tidak diambil dengan sembarangan dan setelah pertimbangan yang matang, dan saya ingin menjelaskan bahwa ini bukan tentang perusahaan atau posisi yang saya lamar.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kembali atas kesempatan ini dan harap Anda dapat memahami keputusan saya. Saya berharap kesuksesan bagi perusahaan Anda dan tim rekrutmen Anda dalam mencari kandidat yang tepat untuk posisi ini.

Terima kasih dan salam hormat,

[Nama Anda]”

2. Contoh Pesan Menarik CV Bahasa Inggris

“Dear [Recipient’s Name or HR Department],

I would like to express my gratitude for the opportunity to participate in the selection process for the position of [Position Name] at [Company Name]. I sincerely appreciate the time and effort that you and your team have dedicated to reviewing my application.

After careful consideration, I have decided not to continue with the recruitment process. This decision was not made lightly and came after thoughtful deliberation. I want to clarify that this decision is not a reflection of the company or the position itself.

I want to thank you once again for this opportunity, and I hope you understand and respect my decision. I wish success for your company and your recruitment team in finding the right candidate for this role.

Thank you and best regards,

[Your Name]”


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!