10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Kesalahan saat membuat CV bahasa Inggris

Kesalahan Saat Membuat CV Bahasa Inggris Wajib Anda Ketahui

Tahukah Anda apa saja kesalahan saat membuat CV bahasa Inggris yang biasanya sering dilakukan oleh para pelamar kerja. Ketika melamar pekerjaan menggunakan bahasa Inggris memang ada banyak hal yang harus diperhatikan berbeda dengan membuat lamaran bahasa Indonesia.

Perusahaan-perusahaan besar yang berkaitan dengan teknologi atau perusahaan internasional pasti hanya menerima surat lamaran dalam bahasa Inggris. Maka dari itu Anda harus tahu apa saja kesalahan yang mungkin yang sering dilakukan oleh para pelamar ketika membuat surat lamaran dalam bahasa Inggris.

6 Kesalahan Saat Membuat CV Bahasa Inggris

Membuat CV dalam bahasa Inggris memang membutuhkan usaha karena penggunaan bahasanya yang berbeda dengan bahasa Ibu. Ketika membuat CV dibutuhkan bahasa yang lebih formal namun tetap profesional, agar lebih jelasnya simak berikut ini beberapa kesalahan saat membuat CV bahasa Inggris.

1. Ejaan

Kesalahan ejaan merupakan kesalahan yang paling sering dan mudah terjadi ketika menulis berbagai tulisan dalam bahasa Inggris termasuk ketika membuat CV. Bahkan ketika membuat CV bahasa Indonesia kesalahan ejaan juga sering terjadi, maka dari itu Anda harus lebih teliti apalagi ketika membuat sebuah CV.

Tipsnya agar Anda tidak melakukan kesalahan saat membuat CV bahasa Inggris yaitu ejaan dalam membuat CV maka Anda harus sering-sering melakukan koreksi setiap selesai menulis. Mulai dari melakukan pemeriksaan pada grammar, typo sampai spelling seperti diketahui dalam menulis bahasa Inggris Ada banyak hal yang harus diperhatikan.

Kesalahan sedikit saja ketika menulis CV akan berakibat fatal bagi pelamar kerja karena hal tersebut bisa menjadi ciri bahwa pelamar tidak teliti dan kurang profesional. Jika mungkin Anda belum percaya diri Anda juga bisa menggunakan alat web spelling checker untuk menghindari kesalahan ejaan dan penulisan.

2. Kesalahan Penulisan Gelar

Dalam bahasa Inggris penulisan gelar harus dilakukan perubahan terlebih dahulu dari gelar bahasa Indonesia ke gelar bahasa Inggris. Terkadang ketika menulis gelar dalam bahasa Inggris merupakan salah satu kesalahan saat membuat CV bahasa Inggris yang sering terjadi.

Untuk merubah dan menuliskan kembali gelar Anda dalam bahasa Inggris sebaiknya lakukan terlebih dahulu pencarian informasi secara lengkap di Google. Cari tahu padanan gelar yang yang paling tepat dengan yang kamu miliki agar tidak salah.

Misalnya ketika lulusan sastra maka kamu bisa menuliskan Bachelor of literature dalam CV bahasa Inggris kemudian bisa menuliskan jurusannya. Misalnya untuk seni maka Bachelor of art dan jurusan lainnya harus dikonversikan dan ditulis dengan sesuai agar bisa dimengerti oleh perusahaan.

3. Font

Walaupun mungkin kedengarannya sepele namun kesalahan penulisan menggunakan font yang tidak cocok ini cukup fatal ketika membuat lamaran pekerjaan atau CV dalam bahasa Inggris. Pada umumnya perusahaan di Inggris biasa menggunakan formal seperti Arial, Times new roman dan Calibri, ini bisa kamu gunakan untuk membuat lamaran pekerjaan.

4. Penggunaan Poin

Kesalahan saat membuat CV bahasa Inggris selanjutnya adalah pembuatan paragraf yang terlalu panjang seperti esai dalam bahasa Inggris. Untuk mengatasi ini sebaiknya Anda menggunakan poin atau bullet untuk menjelaskan poin-poin utama agar terlihat lebih profesional.

Namun untuk menggunakan bullet juga harus berhati-hati dan tidak membuatnya dengan sembarangan agar tidak terlihat berantakan dalam membuat CV. Jika Anda merasa lebih baik menjelaskan dengan frasa maka bisa menuliskan kalimat lengkap saja yang singkat dan padat.

5. CV yang Terlalu Panjang

Kesalahan lain yang biasa dilakukan oleh pelamar kerja ketika membuat CV bahasa Inggris adalah menulis CV yang terlalu panjang. Idealnya ketika menulis CV walaupun dalam bahasa Inggris ataupun dalam bahasa Indonesia hanya menulis dalam satu lembar atau satu halaman saja.

Jika CV membutuhkan halaman kedua maka Anda harus membuat halaman pertama bagus sehingga orang akan tertarik untuk membaca halaman selanjutnya. Pastikan Anda menulis deskripsi diri ataupun paragraf lainnya dengan singkat dan padat sehingga bisa memperlihatkan efisiensi.

6. Tidak Menuliskan Prestasi

Pencapaian atau prestasi yang Anda dapatkan sebenarnya bisa menjadi pertimbangan perusahaan yang cukup signifikan dan cukup penting. Maka dari itu daripada berfokus untuk menuliskan aktivitas yang sedang dikerjakan sebaiknya Anda juga menulis pencapaian apa saja yang sudah didapatkan.

Selain itu ada juga kesalahan lain seperti penggunaan frasa yang terlalu panjang dan penulisan email yang tidak profesional dalam CV. Kesalahan saat membuat CV bahasa Inggris tersebut harus Anda perbaiki dan minimalisir sebaik mungkin agar bisa mendapatkan kemungkinan diterima yang lebih besar.

Bagikan Artikel: