10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

kenapa harus melakukan analisis swot diri sendiri

Kenapa Harus Melakukan Analisis SWOT Diri Sendiri Perlu Diketahui 

Sebagai seorang manusia tentunya membutuhkan evaluasi untuk dirinya sendiri. Merencanakan sesuatu dalam jangka pendek dan jangka panjang dipertimbangkan dalam segala aspek merupakan alasan kenapa harus melakukan analisis SWOT diri sendiri.

Seringnya dalam memutuskan segala sesuatu baik dalam hal bisnis pekerjaan atau keputusan hidup lainnya seseorang tidak memperhatikan empat aspek. Empat aspek tersebut adalah kekuatan kelemahan peluang dan ancaman.

Sebenarnya Anda bisa mengunjungi seorang konsultan untuk menganalisa kebutuhan Anda baik dari segi keuangan, evaluasi diri, dan sebagainya. Berikut kami ulas beberapa alasan kenapa harus melakukan analisis SWOT diri sendiri untuk mengoptimalkan potensi.

Kenali Pribadi Lebih Baik Melalui Analisis Sederhana

Analisis SWOT adalah cara sederhana yang dapat membantu Anda menganalisis kebutuhan mengenai capaian yang diinginkan. Melalui analisis ini Anda juga dapat mengungkap aspek yang menghambat dan mendorong untuk mencapai tujuan tertentu.

Analisis SWOT adalah konsep analisa paling sederhana dengan menerapkan 4 aspek yang dapat digunakan dalam segala situasi. Dengan konsep ini, Anda bisa menghemat jasa yang seharusnya dialihkan ke konsultan.

Karena analisis SWOT hanya membutuhkan media berupa kertas dan bolpoin. Selebihnya Anda hanya perlu merinci apa saja yang harus dimasukkan ke dalam 4 kolom analisis tersebut. Terdiri dari Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats.

Kolom pertama berupa Strength atau kekuatan. Kolom kedua yakni Weakness berupa kelemahan pada seseorang. Kolom terakhir berisi Opportunities atau peluang dan Threats yakni ancaman.

Alasan kenapa harus melakukan analisis SWOT terhadap diri sendiri tujuannya adalah untuk mengenali diri Anda secara rinci dan detail. Seringnya seseorang tidak mengenali dirinya sendiri sehingga dalam memutuskan segala sesuatu sering mengalami hambatan.

Walau sudah mengunjungi seorang konsultan, sebenarnya yang memahami diri sendiri bukan orang lain. Seseorang hanya perlu menganalisis aspek apa saja pada dirinya untuk lebih mengenali personality.

Dengan integrasi data secara komprehensif mulai dari kekuatan kelemahan peluang dan ancaman yang Anda miliki, kombinasi data ini akan meningkatkan perencanaan dan komunikasi dengan baik, juga mengenai kenapa harus melakukan analisis SWOT diri sendiri.

Seseorang yang ingin berbisnis tentu harus memahami potensi positif dan negatif. Termasuk caranya memecahkan suatu masalah apabila terjadi sebuah hambatan. Contoh, Anda melakukan planning bisnis maka kemungkinan yang akan terjadi bisa diperkirakan.

Dengan begitu seseorang dapat menguji seberapa jauh kemampuannya untuk menyelesaikan masalah. Seringnya ketika menghadapi sebuah masalah seseorang akan mudah menyerah karena rencana tidak berjalan sesuai keinginan.

Jadi, Kenapa Harus Melakukan Analisis SWOT Diri Sendiri?

Untuk menjadi orang yang kompetitif dalam segala hal, Anda perlu menentukan langkah yang akan diambil untuk menetapkan strategi secara matang. Perkiraan mengenai ancaman yang akan datang dapat dipersiapkan sejak dini untuk meminimalisir hal tersebut.

Metode ini merupakan alat penting dan memungkinkan Anda mengambil keputusan tepat untuk mengidentifikasi masalah, itulah kenapa harus melakukan analisis SWOT diri sendiri. Manfaat lainnya adalah menggali potensi secara maksimal.

Setelah melakukan penggabungan 4 kategori dari kelebihan sampai ancaman, langkah terakhir adalah take action atau avoid situation. Anda juga bisa melakukan convert dengan mengubah hal negatif menjadi hal positif yang dapat menimbulkan peluang.

Contoh hambatan yang ditemui adalah berada di lingkungan pertemanan yang tidak baik. Untuk mengatasi hal tersebut bisa dilakukan dengan menjauhi lingkungan tidak baik dan mencari lingkungan lebih bagus dan berpotensi.

Contoh lain apabila seseorang tidak memiliki kemampuan public speaking mumpuni ada solusi untuk mengatasi hal tersebut yakni dengan mengikuti kursus online. Dengan mengkaji sisi kelemahan, maka semakin besar peluang menggantinya ke dalam hal yang lebih positif.

Kelebihan seperti latar belakang pendidikan, atau pengalaman organisasi dapat membantu mewujudkan impian. Kenapa harus melakukan analisis SWOT diri sendiri adalah mengombinasi kelebihan dan kelemahan serta peluang dan ancaman di sekitar.

Tanpa 4 aspek di atas, seseorang cenderung berantakan dan tidak mempersiapkan kemungkinan terburuk dalam sebuah situasi. Mental mudah depresi bisa disebabkan oleh faktor tidak mengenali personalnya.

Dengan mendata secara jujur dan terperinci, membuat seseorang mempunyai kemampuan problem solving lebih baik. Afirmasi positif juga diperlukan guna mendorong semangat mencapai tujuan.

Metode analisa sederhana dan mudah dapat dilakukan semua orang tanpa harus berkonsultasi dengan ahli. Banyak manfaat kenapa harus melakukan analisis SWOT diri sendiri sebelum memulai sebuah rencana, terlebih jangka panjang. 

Bagikan Artikel: