cara menjawab “kenapa Anda ingin menjadi barista?”

Cara Menjawab “Kenapa Anda Ingin Menjadi Barista?”

Banyak cara menjawab kenapa Anda ingin menjadi barista, salah satunya adalah karena hobi meracik kopi. Hobi yang dijadikan sebagai profesi merupakan salah satu alasan mengapa orang ingin menjadi barista. Berista merupakan pekerjaan yang dianggap keren oleh banyak orang. Menurut Jura Coffe, barista adalah profesi sebagai seniman yang memiliki pengetahuan luas tentang kopi dan menyiapkan, mendekorasi serta menyajikan kopi kepada konsumen. Jika Anda tertarik ingin menjadi barista, berikut ini cara menjawab “Kenapa Anda Ingin Menjadi Barista?”, yuk simak!!!

Alasan Bekerja Sebagai Barista

1. Hobi membuat kopi untuk orang lain

Jika Anda memiliki minat dan keahlian dalam membuat kopi yang lezat, bekerja sebagai barista adalah cara yang baik untuk berbagi keahlian tersebut dengan orang lain dan membuat mereka menikmati pengalaman kopi yang memuaskan.

2. Agar bisa keluar dari zona nyaman

Bekerja sebagai barista bisa menjadi tantangan yang menyenangkan dan memungkinkan Anda untuk terus belajar dan berkembang dalam industri kopi. Ini dapat membantu Anda keluar dari zona nyaman dan mengembangkan keterampilan baru.

3. Supaya dapat bertemmu dengan orang baru

Sebagai barista, Anda akan berinteraksi dengan berbagai macam orang setiap hari, dari berbagai latar belakang dan cerita hidup. Ini adalah peluang yang baik untuk bertemu dengan orang baru, membangun jaringan, dan memperluas lingkaran sosial Anda.



4. Agar dapat menjadi bagian dari hari orang lain

Membuat secangkir kopi yang sempurna dan memberikan senyuman kepada pelanggan dapat memberikan kepuasan tersendiri. Anda menjadi bagian dari ritme harian pelanggan yang mencari kenyamanan dalam secangkir kopi Anda.

5. Ingin mencoba mesin kopi

Jika Anda memiliki minat dalam teknologi dan peralatan kopi, bekerja sebagai barista akan memberikan Anda kesempatan untuk belajar dan menguasai mesin-mesin kopi yang canggih dan beragam.

6. Ingin kopi gratis

Beberapa kafe atau kedai kopi memberikan fasilitas kopi gratis kepada karyawan mereka. Ini bisa menjadi manfaat tambahan yang menarik bagi pecinta kopi yang ingin menikmati berbagai jenis kopi secara gratis.

Baca juga: Alat Alat Yang Mesti Dikuasai Seorang Barista

Cara Menjawab “Kenapa Anda Ingin Menjadi Barista?”

1. Tunjukkan Minat pada Kopi

Jelaskan bahwa Anda memiliki minat yang besar pada dunia kopi. Ceritakan bagaimana Anda menikmati proses meracik kopi dan mencoba berbagai jenis kopi. Misalnya, “Saya memiliki minat yang mendalam dalam dunia kopi dan senang meracik kopi yang sempurna.”



2. Keahlian dalam Pelayanan Pelanggan

Tekankan kemampuan Anda dalam melayani pelanggan dengan baik. Bekerja sebagai barista adalah tentang memberikan pengalaman yang positif kepada pelanggan, jadi tunjukkan bahwa Anda memiliki keterampilan interpersonal yang baik. Misalnya, “Saya percaya bahwa pelayanan pelanggan yang baik adalah kunci dalam pekerjaan ini, dan saya memiliki pengalaman dalam berinteraksi dengan berbagai tipe pelanggan.”

3. Kemauan untuk Belajar

Nyatakan bahwa Anda memiliki motivasi untuk terus belajar dan berkembang. Barista harus selalu mengikuti tren terbaru dalam dunia kopi, jadi tunjukkan bahwa Anda bersedia untuk terus belajar. Misalnya, “Saya senang belajar hal-hal baru, dan saya tahu bahwa industri kopi terus berkembang. Saya ingin terus mengembangkan keterampilan saya sebagai barista.”

4. Penyebab Spesifik

Jika ada alasan khusus mengapa Anda tertarik pada tempat tersebut atau merek tertentu, sampaikan itu. Misalnya, jika Anda ingin bekerja di Point Cafe dan menjadi barista di sana, Anda bisa mengatakan, “Saya tertarik untuk menjadi barista di Point Cafe  karena saya sangat mengagumi dedikasi perusahaan terhadap kualitas dan pelayanan pelanggan.”

5. Kaitkan dengan Karir Anda

 Jika mungkin, hubungkan peran barista dengan rencana karir Anda. Misalnya, jika Anda bermimpi memiliki kafe sendiri suatu hari nanti, Anda bisa mengatakan, “Saya percaya bahwa pengalaman sebagai barista akan membantu saya dalam mencapai tujuan jangka panjang saya untuk memiliki kafe sendiri.”

Baca juga: Cara mencari lowongan kerja barista


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!