buildings, illuminated, city-673087.jpg

Kartu Kuning Untuk Tenaga Kerja Luar Negeri

Anda mungkin pernah mendengar tentang kartu kuning, bukan? kartu ini memiliki kaitan erat dengan proses pencarian kerja termasuk ketika ingin menjadi tenaga kerja luar negeri.

Dalam artikel ini, mari kita bahas dengan lebih detail mengenai syarat mengurus kartu kuning untuk tenaga kerja luar negeri, cara membuat, keuntungan hingga biaya kepengurusannya. Simak informasi ini dengan seksama untuk memahami ini.

Syarat Mengurus Kartu Kuning untuk Tenaga Kerja Luar Negeri

Kartu Kuning, juga dikenal sebagai Kartu AK1 atau Kartu Antar Kerja, adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh pemerintah Republik Indonesia yaitu oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi di wilayah tempat tinggal kita.

Kartu kuning untuk tenaga kerja luar negeri merupakan tanda pengenal bagi pencari kerja yang ingin bekerja di luar negeri. Kartu kuning untuk tenaga kerja luar negeri membantu calon tenaga kerja untuk memperoleh akses ke berbagai kesempatan kerja yang ada di luar negeri. Di kartu kuning terdapat isi sebagai berikut yang membantu mengidentifikasi calon tenaga kerja untuk bekerja di luar negeri yaitu:

  • Nama Lengkap
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Agama
  • Data Pendidikan
  • Tahun Kelulusan
  • Nama Sekolah/Universitas

Informasi-informasi ini sangat penting dalam membantu pencari kerja mencocokkan diri dengan peluang pekerjaan yang sesuai dan memberikan data yang diperlukan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, seperti calon pemberi kerja terutama pihak pemberi kerja di luar negeri.

Untuk mengurus pembuatan Kartu Kuning sebagai tenaga kerja luar negeri, terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi seperti berikut:

1. Fotokopi Kartu Keluarga

Calon tenaga kerja harus menyediakan fotokopi Kartu Keluarga sebagai salah satu dokumen identifikasi diri.

2. Fotokopi KTP yang masih berlaku

Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku juga harus disertakan sebagai bukti identitas yang sah.

3. Fotokopi Ijazah

Salinan ijazah harus Anda sertakan untuk bukti identitas terkait kependidikan yang telah Anda tempuh selama ini.

4. Pasphoto terbaru ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar

Pasphoto terbaru dengan ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar diperlukan untuk keperluan administrasi.

5. Surat izin berangkat bekerja keluar dari Orang tua/Suami di cap dan tanda tangan Desa

Dokumen izin dari orang tua atau suami yang telah dicap dan ditandatangani oleh pihak desa juga merupakan syarat yang harus dipenuhi untuk proses pengurusan Kartu Kuning.

Dengan memenuhi syarat-syarat diatas, calon tenaga kerja luar negeri dapat memastikan bahwa pengurusan Kartu Kuning mereka berjalan lancar sesuai peraturan yang berlaku.

Mempunyai kartu kuning untuk tenaga kerja luar negeri mempunyai banyak fungsi yang diperoleh oleh calon tenaga kerja luar negeri seperti:

  • Membantu memverifikasi identitas calon tenaga kerja luar negeri dengan jelas.
  • Sebagian negara mewajibkan calon tenaga kerja untuk memiliki Kartu Kuning sebagai salah satu persyaratan untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri.
  • Kartu Kuning juga bisa berfungsi sebagai perlindungan hukum bagi tenaga kerja luar negeri.
  • Kartu Kuning bisa memberikan akses ke program perlindungan sosial seperti asuransi kecelakaan atau tunjangan pensiun.

Dengan demikian, Kartu Kuning bukan hanya sekadar dokumen administratif, tetapi juga merupakan alat yang penting untuk melindungi dan meningkatkan kesejahteraan calon tenaga kerja luar negeri dalam perjalanan mereka untuk bekerja di luar negeri.

Baca juga: Cara Mencari Lowongan Kerja Luar Negeri di Internet

Cara Membuat Kartu Kuning untuk Tenaga Kerja Luar Negeri

Kartu Kuning menjadi dokumen penting yang akan Anda butuhkan dalam mencari pekerjaan di luar negeri. Untuk membuat kartu kuning untuk tenaga kerja luar negeri terdapat dua cara yaitu sebagai berikut:

1. Cara Membuat Kartu Kuning untuk Tenaga Kerja Luar Negeri Secara Langsung/ Offline

Kartu kuning dengan fungsinya yang krusial sebagai tanda pengenal resmi, banyak orang berburu untuk membuat pengajuan Kartu Kuning ini.

Namun, perlu diingat bahwa proses pembuatannya bisa sedikit rumit jika tidak diketahui dengan baik. Oleh karena itu, apabila Anda ingin membuat kartu kuning secara langsung di kantor Disnaker berikut langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi kantor Disnaker sesuai dengan domisili KTP Anda.
  2. Tim dari Disnaker akan memberikan formulir yang harus Anda isi dengan data-data yang sesuai dengan informasi di KTP atau kartu keluarga Anda.
  3. Setelah mengisi formulir dengan benar, serahkan berkas persyaratan yang sudah Anda bawa.
  4. Setelah mengisi formulir dan melengkapi berkas persyaratan, Anda hanya perlu menunggu proses pencetakan dan legalisir Kartu Kuning Anda selesai.

2. Cara Membuat Kartu Kuning untuk Tenaga Kerja Luar Negeri Secara Online

Untuk memudahkan akses dan pelayanan kepada calon tenaga kerja, kini pemerintah telah menghadirkan cara baru yang lebih praktis untuk membuat Kartu Kuning, yaitu secara online.

Berikut ini langkah-langkah membuat kartu kuning untuk tenaga kerja luar negeri secara online yaitu:

  1. Akses website resmi dari Dinas Ketenagakerjaan yaitu http://karirhub.kemnaker.go.id.
  2. Daftarkan diri dengan memasukkan nomor KTP, nomor ponsel, alamat surel aktif, dan password yang sesuai.
  3. Pilih opsi “Daftar sebagai pencari kerja.”
  4. Selanjutnya, unggah berkas-berkas persyaratan yang diperlukan sesuai dengan petunjuk yang tertera di aplikasi atau website.
  5. Setelah semua informasi dan berkas terunggah dengan benar, tekan ikon “submit” atau tombol serupa yang disediakan di aplikasi atau website.
  6. Selanjutnya, tunggulah proses persetujuan dari pihak berwenang.
  7. Terakhir, Anda harus mencetak kartu kuning yang telah disetujui tersebut, kemudian menuju kantor Disnaker untuk meminta legalisir kartu kuning.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat mengurus Kartu Kuning dengan lebih efisien dan memastikan bahwa Anda memiliki dokumen yang diperlukan untuk melamar dan bekerja di luar negeri dengan lebih baik.

Baca juga: Negara Paling Aman untuk Menjadi TKI atau TKW 

Keuntungan Membuat Kartu Kuning (AK-1) untuk Kerja Luar Negeri

Memiliki Kartu Kuning tidak hanya merupakan persyaratan administratif semata, tetapi juga memberikan berbagai keuntungan praktis bagi calon tenaga kerja luar negeri. Berikut ini keuntungan yang dapat diperoleh untuk kerja di luar negeri:

1. Difasilitasi oleh Dinas Ketenagakerjaan

Dengan memiliki Kartu Kuning, nama Anda akan secara resmi terdaftar di Dinas Ketenagakerjaan sebagai pencari kerja untuk tenaga kerja di luar negeri.

Hal ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan dukungan khusus, seperti informasi tentang lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi Anda di luar negeri. Pendampingan ini dapat membantu Anda dalam mencari pekerjaan dengan lebih efektif.

2. Penyelarasan dengan Kualifikasi Pendidikan

Kartu Kuning mencantumkan informasi mengenai lulusan terakhir dan kualifikasi pendidikan Anda. Ini membantu pemberi kerja di luar negeri menetapkan gaji dan posisi pekerjaan sesuai dengan latar belakang pendidikan Anda. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan gaji yang sesuai dengan tingkat pendidikan Anda.

3. Penempatan Pekerjaan yang Sesuai

Kartu Kuning memungkinkan Anda ditempatkan pada pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan Anda. Sehingga membantu memaksimalkan potensi Anda dalam memanfaatkan kualifikasi Anda dengan baik.

4. Akses Layanan Kesehatan

Beberapa negara memberikan akses ke layanan kesehatan atau asuransi kesehatan kepada pemegang Kartu Kuning. Ini memberikan perlindungan tambahan dalam hal kesehatan dan kecelakaan selama bekerja di luar negeri.

Oleh karena keuntungan-keuntungan diatas kartu kuning membantu Anda mendapatkan porsi pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan Anda dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Berapa Biaya Pembuatan Kartu Kuning untuk Tenaga Kerja Luar Negeri?

Biaya pembuatan Kartu Kuning untuk tenaga kerja luar negeri adalah gratis. Proses pembuatannya biasanya memerlukan waktu minimal 1 hari jam kerja, tetapi waktu penyelesaian dapat bervariasi tergantung pada jumlah pencari kerja yang mengajukan permohonan.

Dengan tidak adanya biaya yang harus dibayarkan, Kartu Kuning menjadi lebih mudah diakses oleh calon tenaga kerja dan membantu memfasilitasi proses pencarian pekerjaan di luar negeri. Terdapat beberapa tips yang dapat Anda terapkan saat membuat kartu kuning sebagai proses pencarian pekerjaan di luar negeri yaitu:

  • Pastikan Anda telah memahami persyaratan dokumen yang diperlukan untuk membuat Kartu Kuning.
  • Periksa petunjuk dan formulir yang diperlukan untuk mengajukan permohonan Kartu Kuning.
  • Saat mengisi formulir, pastikan data diri yang Anda masukkan akurat dan sesuai dengan dokumen identifikasi Anda.
  • Setelah mengajukan permohonan, pantau status permohonan Anda secara berkala.
  • Jika Anda sudah terdaftar sebagai pencari kerja dengan Kartu Kuning, manfaatkan informasi lowongan pekerjaan yang diberikan oleh Dinas Ketenagakerjaan atau agen penempatan kerja.
  • Jika ada pendampingan yang ditawarkan oleh Dinas Ketenagakerjaan, manfaatkan layanan ini.

Kartu kuning adalah dokumen penting yang akan Anda butuhkan dalam pencarian pekerjaan di luar negeri. Selalu patuhi aturan dan regulasi yang berlaku dalam proses pencarian pekerjaan di luar negeri. Dengan mengikuti tips diatas, Anda dapat membuat Kartu Kuning dengan lancar dan efisien, serta memaksimalkan peluang Anda dalam mencari pekerjaan di luar negeri.

Referensi:

  • Pemerintah Kota Banjar. Diakses pada 2023. Kartu Kuning.
  • Keenan Stereo. Diakses pada 2023. Persyaratan dan Cara Membuat Kartu Kuning (AK-1) untuk Kerja Luar Negeri.
  • Hendrik. Diakses pada 2023. Pengertian Kartu Kuning: Fungsi, Manfaat, dan Syarat-Syarat Membuatnya.

Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!