10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

jenis psikotes yang sering digunakan perusahaan

5 Jenis Psikotes yang Sering Digunakan Perusahaan

Ada banyak jenis psikotes yang sering digunakan perusahaan. Adanya jenis ini bertujuan untuk menyeleksi calon karyawan yang cocok bagi perusahaan. Jadi, sangat penting bagi pelamar mengetahui apa saja jenis tes kepribadian yang sering digunakan instansi.

Perlu diketahui, dalam seleksi penerimaan pekerjaan terdapat banyak tahapan. Seleksi tersebut yakni seleksi berkas, wawancara, hingga psikotes. Lebih lanjut, untuk jika ingin lebih mudah lolos seleksi, Anda perlu mempersiapkan tahapan tahapan tersebut.

Melalui artikel ini kami akan membahas apa saja macam tes kepribadian yang umumnya digunakan. Dengan mengenali jenis tersebut, Anda akan lebih mudah mempersiapkan tahapan seleksi. Berikut merupakan penjelasan selengkapnya mengenai macam psikotes.

Berikut Jenis Psikotes yang Sering Digunakan Perusahaan 

Saat ini banyak instansi menerapkan tes kepribadian sebagai salah satu seleksi penerimaan kerja. Psikotes kerja juga sering disebut dengan ujian dalam kerja. Tentunya sebelum melaksanakan tes kepribadian, Anda harus mempersiapkan sematang mungkin.

Oleh karena itu, sangat penting bagi seluruh calon karyawan mengenali macam tes kepribadian umumnya digunakan suatu badan usaha. Setidaknya terdapat lima jenis wajib diketahui. Lebih lanjut, Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini sekarang juga.

Baca juga: Apakah Hasil Tes Psikotes Saat Kerja Itu Akurat? Cek di Sini

1. Tes Warteg

 Jenis psikotes yang sering digunakan perusahaan pertama yaitu tes warteg. Tes satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Adanya tes warteg bertujuan untuk menyeleksi calon karyawan berdasarkan kemampuan analisis tajam.

Selain itu, tujuan tidak kalah penting adalah instansi dapat menilai bagaimana calon karyawannya dalam mengambil keputusan. Bahkan instansi juga bisa menilai karakter calon karyawannya berdasarkan gambar tersebut.

Umumnya tes warteg berisikan gambar dengan metode proyektif. Calon karyawan hanya perlu membuat suatu bentuk melalui garis-garis gambar.

2. Psikotes Spasial

Pada dasarnya psikotes spasial berisikan soal bentuk bangun ruang. Dalam pengerjaan tes ini, Anda hanya perlu ketelitian lebih. 

Tujuan adanya psikotes spasial yakni mengetahui seberapa tingginya imajinasi Anda miliki. Jadi, tidak heran jika banyak perusahaan menggunakan psikotes spasial sebagai seleksi masuk perusahaan.

3. Kemampuan Verbal

Adapun jenis psikotes yang sering digunakan perusahaan berupa kemampuan verbal. Soal kemampuan verbal ini biasanya berisikan persamaan kata dan lawan kata, analogi kata, hingga korelasi makna. 

Secara definisi luas, kemampuan verbal adalah salah satu kemampuan seseorang yang menjadi perimbangan lebih pihak HRD dalam melamar pekerjaan. Adanya kemampuan verbal bertujuan untuk melihat seberapa baiknya kemampuan pelamar dalam menyusun kata lisan atau tulis.

Soal kemampuan verbal saat ini tidak hanya terdapat di seleksi penerimaan karyawan baru saja. Akan tetapi, dalam seleksi masuk universitas sudah mulai menerapkan kemampuan verbal.

4. MBTI

The Myers-Briggs Type Indicator atau biasa dikenal MBTI merupakan salah satu jenis psikotes yang sering digunakan perusahaan. Soal yang ada umumnya berisikan berbagai macam pertanyaan studi kasus. 

Adanya soal MBTI bertujuan untuk mengukur preferensi dari psikologis. Selain itu, pihak perusahaan juga bisa mengetahui bagaimana seseorang dalam memandang dunia dan membuat keputusan.

5. Pauli Test atau Kraepelin

Tidak kalah penting dari jenis psikotes lainnya. Kraepelin atau pauli test menjadi salah satu jenis psikotes yang sering digunakan perusahaan. Umumnya soal ini berisikan angka yang telah disusun membujur dengan jumlah angka. 

Dalam pengerjaan soal ini, Anda hanya menjawab beberapa angka setelah mengetahui pola bilangannya. Adanya tes ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tingginya tingkat konsentrasi, ketelitian, hingga kemampuan menyesuaikan diri calon karyawan.

Selain itu, tujuan lainnya yakni menilai ketahanan calon karyawan. Jadi, tes yang satu ini cukup penting ada di seleksi penerimaan pekerjaan suatu perusahaan.

Dari penjelasan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa setiap seleksi masuk perusahaan terdapat berbagai macam tahapan. Salah satu tahapan yang cukup populer adalah tes kemampuan kepribadian.

Ada banyak jenis psikotes yang umumnya terdapat dalam perusahaan, jenis tersebut yakni tes warteg, spasial, MBTI, kemampuan verbal, hingga kraepelin. Kelima jenis tersebut harus Anda persiapkan ketika sedang melamar pekerjaan.Jadi, sudah dipastikan kelima jenis psikotes memiliki tujuan penting. Salah satu tujuannya adalah mengetahui tingkat konsentrasi calon karyawan serta mengetahui seberapa mahirnya calon karyawan dalam menyusun suatu kalimat lisan dan tulis. Sehingga penting sekali mengenal jenis psikotes yang sering digunakan perusahaan agar tidak salah.

Bagikan Artikel: